Mempersiapkan Penggunaan Media Pembelajaran

Pentingnya Persiapan Penggunaan Media Pembelajaran

Hari ini lumayan capek. Saya mencoba mengajar menggunakan sebuah peta berukuran cukup besar. Anak-anak cukup antusias, akan tetapi saya merasa pembelajaran tidak terlalu efektif karena hal remeh yang tidak saya lakukan: mempersiapkan penggunaan peta tersebut dengan matang sebelum masuk kelas. Saya harus bolak-balik dari kelas ke kantor guru. Pertama-tama saya ke kelas untuk memanggil dua orang siswa yang membantu saya membawa peta, kemudian karena saya lupa membawa paku dan palu untuk tempat menggantung peta tersebut di depan kelas, saya terpaksa kembali lagi ke kantor. Kemudian saat menjelaskan, saya lupa bahwa telunjuk saya tidak sampai untuk menunjukkan di mana letak Gunung Kinibalu di Pulau Kalimantan, maka saya kembal;i lagi ke kantor untuk mengambil penggaris kayu ukuran panjang 1 meter. Hadeh...... hampir 15 menit berlalu untuk kegiatan remeh ini.

Barangkali inilah salah satu kesulitan tersendiri bagi guru-guru di negeri ini ketika kita harus keluar-masuk kelas yang berbeda (untuk guru mata pelajaran) karena model pengaturan kelas di Indonesia umumnya bukan bentuk “moving class”. Pada model kelas seperti ini, guru-lah yang harus keluar masuk kelas yang akan diajarnya, atau dengan kata lain ia tidak memiliki ruang khusus untuk kelasnya. Ah...andai saja ada ruangan kelas khusus untuk setiap guru dan setiap mata pelajaran, tentu persiapan dan energi guru bisa lebih dihemat sehingga pengajaran akan lebih efektif.

Berhenti mengeluh dan kembali ke topik pembicaraan. :)
tips mempersiapkan media pembelajaran agar efektif digunakan

Saya kira penggunaan peta dalam pembelajaran saya di atas akan menjadi lebih baik seandainya saya benar-benar melakukan persiapan dengan matang (walaupun tetap harus menggotong peta berukuran besar itu ke setiap kelas yang akan saya masuki). Beberapa tips berikut mungkin dapat diterapkan pada saat saya (atau kita semua) pada saat akan menggunakan suatu media pembelajaran. (Peta kan juga termasuk media pembelajaran). Dan, tips ini sebenarnya dapat berlaku untuk semua jenis media pembelajaran.

Hal-hal yang harus diperhatikan oleh guru pada saat akan menggunakan suatu media pembelajaran di dalam kelasnya adalah sebagai berikut.

Pelajari media pembelajaran yang akan digunakan

Seringkali karena kurang persiapan dan media yang dipakai oleh guru hanya digunakan setahun sekali, ada bagian-bagian atau fungsi-fungsi tertentu dari media pembelajaran yang dilupakan oleh guru. Oleh karena itu alangkah baiknya sebelum menggunakan sebuah media pembelajaran di kelasnya, guru membaca kembali petunjuk penggunaan media yang seringkali telah disertakan produsen media tersebut saat kita membeli media tersebut. Beberapa media pembelajaran yang agak kompleks tentu mengharuskan guru untuk menguasai pemanfaatannya dengan baik. Jadi sebelum menggunakannya kita sebagai guru harus tahu dengan jelas bagaimana media pembelajaran itu digunakan. Kadang, karena kurangnya pengetahuan guru terhadap media pembelajaran yang digunakannya, pembelajaran justru menjadi tidak efektif dan dapat menjadi kacau karena sebab yang seharusnya tidak terjadi ini. Bacalah juga buku atau sumber belajar lain yang dapat mendukung pemanfaat media tersebut.

Persiapkan peralatan pendukung

Nah, inilah sepertinya sumber masalah saya di atas. Pada saat saya menggunakan peta saya tidak memeriksa apakah di kelas yang akan saya ajar ada mempunyai paku tempat saya akan mencantelkan peta yang akan saya gunakan. Hal sepele seperti ini ternyata sangat riskan apabila tidak diantisipasi terlebih dahulu, saya harus bolak-balik ke kantor guru untuk mengambil paku dan palu, kemudian menancapkannya di tempat yang sesuai sehingga peta dapat dilihat oleh seluruh siswa. Ini ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama, lalu saya juga ternyata harus menyiapkan penggaris kayu ukuran 1 meter untuk pointer (penunjuk) pada peta. Hal demikian juga harus kita perhatikan apabila kita menggunakan media pembelajaran lain, yang mungkin dalam penggunaannya memerlukan meja khusus atau barangkali kabel listrik atau sound system, atau mungkin bahan-bahan dan peralatan lainnya.

Menempatkan media pembelajaran, peralatan dan bahan pendukung di tempat yang tepat

Penempatan media pembelajaran harus diperhatikan dan direncanakan dengan baik karena juga akan berpengaruh terhadap keefektifan penggunaannya. Sangat disayangkan apabila media pembelajaran yang diletakkan tidak di tempat yang tepat sehingga sulit diakses oleh seluruh siswa atau kelompok siswa (apabila digunakan secara berkelompok). Pengaturan tempat duduk siswa secara khususpun barangkali akan dibutuhkan.

Bagaimana dengan anda? Pernah mengalami pengalaman serupa? Silakan berbagi pada kolom komentar di bawah posting ini. Wassalam.

No comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...