Spidol Warna-Warni

Spidol Warna-Warni

Saya tidak tahu apakah di sekolah anda digunakan spidol atau kapur. Pada prinsipnya sebenarnya sama saja. Kita, sebagai guru sebaiknya memanfaatkan beragam warna spidol atau kapur untuk mempermudah penyajian pembelajaran.

Sayangnya, sepengetahuan saya, banyak sekolah yang tidak menganggap ini sebagai suatu hal yang penting. Sekolah saya saja misalnya, di lemari persediaan hanya terdapat spidol white board warna hitam dengan tinta isi ulangnya yang juga berwarna hitam. Tidak disediakan tinta isi ulang atau spidol warna lainnya. Bahkan di kota kecil tempat saya tinggal, tinta isi ulang spidol dengan warna selain hitampun belum saya temukan toko alat tulis yang menjualnya.
Akibatnya tentu saja saya harus membeli spidol berwarna (selain hitam) yang baru apabila tintanya habis. Padahal tentu lebih hemat jika saya dapat membeli atau sekolah menyediakan tinta isi ulang dengan warna selain hitam.

Saya adalah seorang guru IPA SMP, selama ini saya selalu menggunakan warna-warni spidol untuk memperjelas penjelasan yang saya tuliskan di papan tulis (white board). Keberadaan spidol dengan beragam warna (yaitu hitam, merah, biru, dan hijau) menjadi sangat penting. Saya terbiasa menjelaskan bagaimana langkah-langkah mengerjakan sebuah soal hitungan tentang hambatan pengganti yang disusun secara seri atau paralel dengan menggunakan aneka warna. Warna-warna yang berbeda dibutuhkan untuk membedakan setiap bagian tulisan, mulai dari tulisan-tulisan penting, hingga cara menghitung secara matematis yang merupakan bagian dari langkah-langkah pengerjaan soal tersebut.
penjelasan guru dan spidol warna

Selain itu saya juga dapat membuat gambar-gambar menjadi lebih jelas karena gambar, keterangan gambar, hingga panah penunjuk dari bagian-bagian gambar diberi warna yang berbeda. Penggunaan warna-warni juga dapat mencegah kebosanan dan menjadikan tulisan kita lebih menarik di mata siswa. Bagaimana menurut anda?

Saya suka menggunakan warna-warna tajam seperti hitam, biru, dan merah sehingga kontras dengan papan tulis yang dasarnya berwarna putih. Tentu warna-warna seperti kuning atau krem kurang cocok karena tidak kontras dengan warna papan tulis. Penggunaan warna-warna kontras membuat tulisan atau gambar atau penjelasan anda di papan tulis menjadi mudah terlihat. Setujukah anda? Cobalah menggunakan spidol-spidol dengan warna berbeda saat menulis di papan tulis dan lihatlah beda hasilnya saat anda berinteraksi dengan anak saat pembelajaran berlangsung.

2 comments :

  1. Menulis dengan spidol warna-warni bakal membuat kertanya jadi menarik dan eyecatchy gitu kali ya. Dimuat di http://bit.ly/1fiGdQN ada beragam warna spidol yang dapat disambungkan dan menghasilkan warna pelangi yang indah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul sekali. Di kertas demikian, begitu pula di papan tulis.

      Delete

Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...