Apa Manfaat Perencanaan bagi Proses Pembelajaran

Apa Manfaat Perencanaan bagi Proses Pembelajaran

Perencanaan pembelajaran oleh seorang guru pada mata pelajaran atau kelas yang menjadi tanggung jawabnya sangat penting. Saya yakin, semua guru profesional pasti setuju tentang yang satu ini. Nah, lalu sebenarnya ketika perencanaan pembelajaran dalam hal ini RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) telah dikembangkan, disusun, dan ditulis oleh guru yang bersangkutan, apa saja manfaat yang dapat diraih oleh guru tersebut ketika proses pembelajaran terkait dilaksanakan?

Ada beberapa manfaat yang dapat diraih oleh seorang guru selama proses pembelajaran berlangsung, apabila ia merencanakan pembelajarannya itu dengan baik. Manfaat yang dimaksud di sini
antara lain:

Petunjuk arah mencapai tujuan

Perencanaan pembelajaran yang salah satu bagian pentingnya adalah perumusan indikator dan tujuan pembelajaran tentu saja akan menyediakan petunjuk arah untuk mencapai tujuan tersebut. Guru yang selalu berpatokan kepada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuatnya tidak akan mudah terdistraksi dan melenceng dari tujuan yang ingin dicapai. Setiap guru pasti sering mengalami betapa mudahnya arah pembelajaran keluar dari jalur yang semestinya karena terbawa beragam situasi, kondisi, dan kejadian yang berlangsung secara tak terduga di dalam kelas. Dengan selalu berpegang pada RPP guru yang sedang melaksanakan proses pembelajaran akan bisa terhindar dari kemungkinan ini.

Pola dasar mengatur tugas pembelajaran

RPP selalu dapat diandalkan sebagi pola dasar dalam mengatur tugas-tugas pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran yang dikembangkan sendiri oleh guru ini, guru akan dapat dengan cepat mengatur penugasan siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini penting karena pada intinya setiap sekuen pembelajaran adalah tugas belajar. Siswa akan dengan mudah diarahkan dari sekuen pembelajaran yang satu ke sekuen pembelajaran lainnya, dari satu tugas belajar ke tugas belajar lainnya. Untuk melakukan hal ini dengan cepat dan efisien, guru tinggal melihat kembali perencanaannya.
manfaat perencanaan pembelajaran bagi proses pembelajaran

Alat ukur efektivitas pembelajaran yang dilakukan

Jangan dikira evaluasi efektivitas pembelajaran hanya dapat diukur melalui tes hasil belajar siswa saja. Ada banyak cara untuk mengecek hal ini, salah satunya adalah melalui keterlaksanaan perencanaan pembelajaran. Guru yang melakukan proses pembelajaran dapat mengecek kembali efektivitas pembelajarannya dengan menyandingkannya kepada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Guru dapat mengecek seberapa banyak tujuan pembelajaran yang telah berusaha ia dan siswa-siswanya capai, sekuen-sekuen pembelajaran mana yang belum dilaksanakan, materi atau konten pembelajaran mana yang sudah dipresentasikan, dsb. Hal ini sebenarnya merujuk kepada pengukuran efektivitas pembelajaran. Untuk secara detail mengukur efektivitas pembelajaran ini, guru dapat mengadaptasi perencanaan pembelajaran menjadi daftar periksa (ceklis) pelaksanaan pembelajaran apakah sudah sesuai dengan perencanaannya.

Menghemat waktu, tenaga, dan biaya

Bisa dibayangkan bahwa pekerjaan apapun bila dilakukan tanpa perencanaan yang baik dan matang akan membuat pekerjaan tersebut menjadi amburadul, alias kacau balau. Nah, perencanaan pembelajaran juga demikian. Ia berperan sebagai sarana yang dapat digunakan oleh guru dalam melaksanakan pekerjaannya sehingga menjadi lebih teratur dan termanajemen dengan baik. Melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru telah dapat membayangkan apa-apa yang dibutuhkannya, apa-apa yang harus dipersiapkannya, apa-apa yang harus dilakukannya, dsb, sehingga pembelajarannya menjadi lebih efektif. Dengan demikian guru juga akan dapat menhemat waktu, tenaga, dan biaya atau sumber daya lainnya dalam melaksanakan tugasnya.

Demikian menurut pendapat saya, beberapa manfaat yang dapat dipetik oleh guru ketika melaksanakan proses pembelajaran dengan selalu berpegang kepada perencanaan yang telah disusunnya dengan baik. Bagaimana menurut pendapat atau pengalaman anda sendiri? Yuk, bagikan melalui kolom komentar di bawah artikel ini. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...