10 Tips Agar Sukses Ujian Nasional 2014

10 Tips Agar Sukses Ujian Nasional 2014


Update:  Download Kisi-Kisi UN tahun pelajaran 2016/2017 Lengkap Semua jenjang: SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, SMALB, Paket B dan Paket C

Ujian Nasional 2014 sepertinya sudah diambang pintu. Sudahkah mempersiapkan diri? Berikut ini saya mencoba berbagi 10 tips dalam menghadapi ujian nasional (UN) 2014. Semoga sukses!

# Tips 1. Pelajari Kisi-Kisi UN 2014 Dan Fokuskan Belajarmu

Soal-soal Ujian Nasional 2014 disusun dan dikembangkan berdasarkan kisi-kisi UN 2014 atau istilah lainnya SKL (Standar Kompetensi Lulusan) UN 2014. Pelajari kisi-kisi ini dengan baik. Jika kamu belum punya, kamu dapat mendownloadnya
dari internet. Banyak situs atau blog menyediakan link download ke file penting ini. Bila kamu telah membaca dan mempelajari kisi-kisi UN 2014, kamu akan memiliki gambaran tentang bagaimana kira-kira soal-soal UN yang akan dihadapi nanti. Lalu fokuskan belajarmu pada kisi-kisi dan contoh-contoh soal terkait.
10 tips agar sukses ujian nasional (UN) 2014

# Tips 2. Buat Kelompok Belajar

Kamu pasti punya teman yang cocok untuk diajak belajar bersama bukan? Nah, ajaklah mereka (jangan terlalu banyak, cukup 2 atau 3 orang saja) untuk membentuk kelompok belajar. Kalau kebanyakan ntar bukannya belajar malah asyik merumpi atau main game. Hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam memilih teman buat belajar kelompok adalah, sama-sama memiliki komitmen untuk suskses dalam mengahadapi UN 2014 nanti. Jangan salah pilih teman, alih-alih fokus kepada persiapan UN, malah akan membuatmu semakin melupakan UN.

# Tips 3. Bukan Sekedar Hafalan

Soal-soal UN sebagian memang soal hafalan saja, tetapi hanya sebagian kecil. Jadi kamu harus belajar lebih, belajar memahami dan meangaplikasikannya pada berbagai situasi baru, bukan sekesar menghapal. Kamu perlu melatihkan bagaimana menerapkan prinsip-prinsip fisika atau rumus-rumus mateematika dalam berbagai bentuk soal. Caranya sebenarnya gampang. Kumpulkan berbagai contoh soal ujian nasional tahun-tahun sebelumnya (bisa didownload dari internet). Coba jawab soal-soal tersebut secara mandiri lalu bahas secara berkelompok bersama teman-temanmu.

# Tips 4. Try Out Sebagai Ajang Self Evaluation

Sekolah, dinas pendidikan kabupaten, atau dinas pendidikan propinsi selalu mengadakan uji coba (try out) Ujian Nasional. Pada UN 2014 inipun tentu demikian. Try out selalu diselenggarakan lebih dari sekali. Itu ajang yang bagus sekali untuk diikuti secara serius. Kerjakanlah soal-soal try out yang diberikan secara mandiri, dan tidak melakukan contek-contekan dengan teman di dekatmu. Melakukan tindakan tidak sportif dan tidak jujur dalam mengikuti try out tidak ada manfaatnya, karena nilai try out tidak digunakan untuk apapun kecuali sebagai sarana untuk menguji persiapanmu dalam menghadapi soal-soal UN 2014 nanti. Jadi, apabila kamu tidak mengerjakan soal-soal itu secara mandiri dan jujur, hasil try out tidak akan menggambarkan bagaimana kemampuanmu yang sesungguhnya. Hasil try out yang dilakukan dengan jujur (pekerjaan sendiri) dapat menggambarkan bagaimana kesiapanmu dalam UN nanti. Jadikan hasil itu sebagai masukan (self evaluation) evaluasi diri bagian-bagian mana dari kisi-kisi (SKL) UN 2014 yang belum kamu kuasai dengan baik. Lalu perkuatkan/perbaiki kemampuanmu itu.

# Tips 5. Tambah Sedikit Porsi Belajarmu

Berapa durasimu belajar saat ini? Satu jam per hari, dua jam per hari? Jika masih segitu, kamu masih bisa tambah durasinya. Penambahan porsi belajar dapat dilakukan dengan menambah waktu lain untuk belajar. Jika selama ini kamu hanya belajar dua jam sehari pada sore hari, maka kamu dapat menambah porsinya pada malam hari lagi sebanyak dua jam. Jadi kamu akan belajar 4 jam per hari. Begitupun bila durasi belajarmu hanya satu jam pada sore dan malam hari (total dua jam). Kamu bisa memperpanjangnya menjadi masing-masing satu setengah jam atau dua jam. Perlu sedikit usaha lebih keras agar sukses. Percayalah, sang juara adalah orang-orang sedikit bekerja dan berusaha lebih keras dari orang lain. Jadi tidak akan rugi untuk menambah porsi belajarmu.

# Tips 6. Kurangi Aktivitas Yang Tidak Penting

Sebagai remaja, kita seringkali melakukan beragam aktivitas. Sekarang kamu buat daftar aktivitasmu sehari-hari dalam seminggu. Daftarlah mulai dari kamu pulang sekolah hingga tidur pada malam hari. Aktivitas apa yang dominan kamu lakukan? Apakah itu aktivitas yang penting? Jika tidak terlalu penting, kurangilah setengah atau seperempatnya saja. Lalu telusuri lagi aktivitas lainnya yang mungkin juga tidak penting dan hanya menghabiskan energimu. Alihkan energi dan waktumu untuk belajar, cukup menambahkan satu atau dua jam setiap hari. Percayalah, ini tidak akan mengurangi keasyikan hidupmu sebagai remaja. 

# Tips 7. Jangan Terlalu Diforsir, Jagalah Kesehatanmu

Penambahan porsi belajar cukup satu jam atau dua jam per hari. Total maksimal kamu belajar sehari paling banyak 4 jam yang dibagi dalam dua atau tiga kali belajar (sore, malam, dan kalau perlu setelah shalat shubuh). Jangan terlalu berlebihan. Tubuh dan otakmu perlu istirahat, jadi jangan terlalu diforsir. Kalau terlalu dipaksakan, tubuhmu bisa sakit. Padahal, mau ikut UN 2014 kan?

# Tips 8. Banyak Berdoa

Manusia berusaha, Tuhanlah yang menentukan. Betul bukan? Setelah kita berusaha dengan upaya yang lebih keras, maka selanjutnya adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Segala aral dan masalah bisa muncul kapan saja dan di mana saja, bahkan pada saat UN 2014 digelar. Jadi banyak berdoa untuk kesuksesanmu menghadapi Ujian Nasional itu sangat penting. Mintalah juga doa dari orang-orang yang menyayangi kamu seperti ayah dan ibu, atau kakak-kakakmu.

# Tips 9. Be Confidence - Aku Kan Sudah Belajar!

Saat Ujian Nasional dilaksanakan, jangan sampai kamu nervous. Gugup bisa jadi musuhmu pada saat hari H. Selalu yakinkan dirimu bahwa kamu telah melakukan persiapan panjang menghadapi UN 2014 ini. Sudah sepantasnya kamu percaya diri.

#Tips 10. Setelah Berusaha, Serahkan Semua Kepada Allah

Ketika kamu telah selesai mengikuti UN, maka hari-hari menantikan hasilnya akan menjadi hari-hari yang menegangkan. Lulus atau tidak lulus? Dapat nilai bagus atau jelek? Jangan terlalu dipikirkan. Kamu telah melakukan yang terbaik. Setelah berusaha sepenuh hati, serahkan semua kepada Allah SWT.

Punya tips-tips lainnya untuk kawan-kawan (anak-anak) kita yang akan mengikuti Ujian Nasional 2014? Share di blog ini pada kolom komentar. Ditunggu lho.... Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...