Yuk, Maksimalkan Gambar untuk Meningkatkan Traffic Blog

cara memberi alt tag dan tittle tag pada gambar artikel blog

Yuk, Maksimalkan Gambar untuk Meningkatkan Traffic Blog

Dear Bloggers, mungkin kamu seorang blogger pemula yang sedang mencoba meningkatkan trafik blog? Ada banyak cara ternyata yang dapat kita lakukan untuk ini. Salah satunya adalah dengan memaksimalkan konten gambar atau foto dalam konten (artikel) blog. Kita semua tahu bahwa salah satu fitur mesin pencari (search engine) milik google adalah fitur pencarian gambar (image search). Dan, kita sudah tahu pula bahwa saat kita menulis sebuah konten blog, kita seringkali melampirkan gambar atau foto di dalamnya. Apakah kamu sudah memaksimalkan gambar itu sehingga membuat konten yang berisi gambar tadi dapat menduduki ranking bagus di fitur pencarian gambar (image)? 



Jika kita baru menggunakan gambar atau foto hanya untuk memperjelas isi artikel atau tulisan dalam blog kita dan mempercantik artikel, maka perlu disayangkan karena kita belum memanfaatnya untuk fungsi yang ketiga tersebut di atas: meningkatkan traffic blog.

Apa Fungsi Gambar dalam Sebuah Artikel (Konten) Blog?

Gambar atau foto di dalam tulisan atau artikel blog dapat berfungsi untuk:

1. Memperjelas isi artikel

Kebanyakan blogger menggunakan gambar untuk memperjelas isi artikel. Ini betul sekali, bayangkan saja misalnya sebuah tutorial yang agak rumit disajikan tanpa gambar sama sekali. Jadinya, tulisan itu menjadi sangat abstrak. Bantuan gambar dibutuhkan sehingga setiap langkah dalam sebuah tutorial menjadi jelas dan mudah diikuti selangkah demi selangkah. Bukankan demikian sodaraku, dear bloggers?

2. Membuat artikel menjadi lebih menarik

Foto-foto pemandangan alam yang indah, perempuan cantik yang kelihatan intelek, atau gambar-gambar grafis yang unik akan membuat sebuah artikel tampak menarik. Sebuah artikel yang mengandung foto-foto atau gambar-gambar semacam ini membuat mata pembaca menjadi lebih nyaman dan betah memelototi halaman blog kamu.

3. Gambar atau foto dapat memancing keterlibatan

Sebuah gambar atau foto yang menarik seringkali akan memancing keterlibatan pembaca terhadap konten tersebut. Mereka dapat saja memberikan komentar dengan senang hati. Bahkan banyak artikel blog menjadi viral (dibagikan berulang-ulang secara berantai) karena gambarnya.

4. Membentuk karakter dan menaikkan imej (wah jadi ambigu nih kalau saya menulis image, he..he..he..) blog. 

Sebuah blog atau website dengan gambar-gambar yang menarik, mempunyai ciri khas tersendiri bagi blog tersebut akan membentuk karakter blog. Image blog atau website juga naik karena kualitas gambar-gambar yang ada di dalamnya disukai oleh pengunjungnya.

5. Sarana untuk meningkatkan traffic blog. 

Terakhir, yang sering tidak disadari blogger adalah bahwa gambar dapat meningkatkan traffic (kunjungan) ke blognya. Diberikannya fitur pencarian gambar (image) di google search harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh blogger. Gambar yang muncul di halaman pertama hasil pencarian dan menarik, tentu akan di klik oleh calon pengunjung yang sedang browsing, dan akan membawanya ke blog kita.

Blog saya http://novehasanah.blogspot.com ini memang masih baru, seperti halnya saya yang juga baru belajar ngeblog. Akan tetapi sedari awal saya telah menyadari bahwa gambar atau foto yang saya masukkan sebagai konten blog saya ini bukan sekedar gambar. Ia harus memberi nilai tambah yang maksimal kepada blog.

Tips Meningkatkan Traffic Blog Melalui Gambar

Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin dapat digunakan untuk optimasi gambar blog kamu sehingga juga berfungsi sebagai penunjang SEO (Search Engine Optimation).

1. Sedapat mungkin gunakan gambar atau foto yang asli milik anda.

Membuat sendiri gambar memang terkadang cukup sulit, memerlukan bakat, kreativitas, dan memakan waktu. Akan tetapi hasil yang diperoleh akan sebanding dengan usaha yang telah kamu lakukan. Saya, untuk gambar-gambar di blog ini menggunakan gambar yang saya buat sendiri, baik melalui aplikasi fresh paint, paint, photoshop (dengan kemampuan yang sangat terbatas), atau digambar langsung di atas kertas lalu discan. Sedangkan untuk foto saya ambil sendiri dengan kamera handphone. Orisinalitas menurut saya penting, karena google sangat menghargai itu.

Kalau kamu tidak mempunyai bakat menggambar, foto-foto yang ditangkap dengan kamera dapat menjadi alternatif. Bisa juga kamu menggunakan aplikasi pengolah kata microsoft word untuk membuat dan memvariasi gambar biar lebih menarik. (Baca artikel bagus milik +Aldino Sya  yang berjudul Kumpulan Buat Kreasi Gambar Di Microsoft Word). Jika pun kamu harus mencomot gambar dari internet, berhati-hatilah, jangan sampai menggunakan gambar berhak cipta.

2. Namakan file gambar atau foto sesuai dengan artikel dan isi gambar

Saat kita menyimpan sebuah file gambar, seringkali kita tidak tahu gambar itu akan digunakan untuk artikel apa nantinya, jadi seringkali dikasih nama sembarangan saja. Apalagi jika kita memperhatikan nama file gambar hasil jepretan kamera. Nama filenya hanya berupa angka-angka. Nah, nama file ini harus diubah sesaat sebelum kita menguploadnya ke dalam tulisan di blog. Sesuaikan nama file dengan isi tulisan. Nama file sebaiknya memuat kata kunci yang mungkin digunakan pembaca untuk diketikkan ke dalam kotak search di google.

3. Berikan alt tag dan tittle tag pada gambar atau foto saat memasangnya di artikel

Setelah selesai mengupload gambar melalui dashboard blogger saat membuat konten (artikel), berilah alt tag dan tittle tag. Caranya, sorot gambar (akan berwarna gelap) pada posisi "COMPOSE", lalu klik kanan hingga muncul form pengaturan gambar berikut:
memaksimalkan gambar atau foto untuk meningkatkan traffic blog

Klik pada properties, lalu akan muncul jendela pop up berikut:
mengoptimalkan gambar untuk meningkatkan SEO blog
Isi kolom tittle text dan alt text sebagai tittle tag dan alt tag gambar tersebut. Keduanya merupakan atribut penting bagi gambar tersebut. Sekali lagi, selipkan kata-kata kunci terkait artikel dan sesuaikan dengan isi gambar yang sedang diberi tag tersebut.

Sebagai contoh mari kita lihat bagaimana optimasi gambar ini telah bekerja pada konten blog saya yang terbaru. Ketika saya mengetikkan “cara melindungi konten blog dengan DMCA” yang merupakan topik tulisan saya sebelumnya (Cara Memproteksi Konten Blog Anda Dengan DMCA) di pencarian gambar (image), 3 buah gambar yang merupakan bagian tulisan tersebut muncul di bagian atas halaman pertama hasil pencarian. Ini screenshootnya:
meningkatkan traffic blog dengan mengoptimalkan gambar

Tentu saya sebagai blogger pemula dengan jumlah tulisan yang sangat sedikit dan umur blog baru sebulan lebih, saya berharap munculnya ketiga gambar tersebut di bagian atas halaman pertama hasil pencarian akan membantu mengarahkan traffic ke blog saya.
Bagaimana Dear Bloggers? Mengoptimasi gambar untuk kepentingan meningkatkan traffic blog (melalui SEO) ini? Mudah bukan? Jadi jangan sampai tidak dilakukan ya...

Oke, demikian tips cara meningkatkan traffic blog melalui optimasi gambar atau foto konten blog dari saya. Kepada Dear Bloggers yang punya tips lain tentang bagaimana memaksimalkan gambar untuk meningkatkan traffic blog dapat membaginya di kolom komentar di bawah. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...