Bagaimana Cara Membuat FanPage Facebook Dan Memasangnya Di Blogspot?

Cara Membuat FanPage Facebook Dan Memasangnya Di Blogspot

Bagaimana Cara Membuat FanPage Facebook Dan Memasangnya Di Blogspot?

Syarat untuk membuat fanpage facebook untuk blog kamu tentunya adalah kamu sudah punya akun facebook. Syarat berikutnya? Gak ada, dan ini fasilitas gratis dari facebook untuk para penggunanya.

Cara Membuat Fanpage Facebook (Widget Facebook Like)

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat sebuah fanpage.
  1. Dalam posisi login di facebook kamu, kunjungi halaman berikut: http://facebook.com/pages/create.php
  2. Akan terbuka halaman untuk membuat fanpage facebook, dimana kamu pertama-tama musti memilih kategori fanpage kamu. Pilih kategori yang sesuai dengan tema blog kamu, apakah: Local Business or Place, Company, Organization or Institution, Brand or Product, Artist, Band or Public Figure, Entertainment, atau Cause or Community.
    Cara Membuat FanPage Facebook Dan Memasangnya Di Blogspot 1
  3. Pada tutorial ini misalnya, saya memilih Cause and Community.
  4. Kemudian kamu isikan nama fanpage kamu, buatlahlah nama yang menarik untuk mayoritas pengunjung blog kamu.
  5. Beri tanda centang pada kotak kecil di bawah form pengisian nama fanpage sebagai tanda bahwa kita menyetujui persyaratan layanan fanpage dari facebook.
  6. Klik tombol GET STARTED
    Cara Membuat FanPage Facebook Dan Memasangnya Di Blogspot 2
  7. Selanjutnya kamu akan dialihkan ke halaman SET UP. Pada halaman ini kamu akan diminta mengisi form ABOUT berupa deskripsi fanpage, tautan dengan url blog kamu dan blog-blog kamu yang lain. Setelah selesai pada langkah 1 SET UP ini, klik tombol SAVE INFO.
  8. Berikutnya, kamu akan dibawa ke langkah 2 SET UP. Kamu akan diminta mengupload gambar untuk foto profil fanpage kamu. Untuk ini, gambar dapat diupload dari komputer, atau diimpor dari website atau blog kamu. misalnya, kamu mengambil gambar dengan mengupload dari komputer, klik tulisan “Upload From Computer”. Akan muncul jendela pop up direktori komputermu lalu temukan folder di mana kamu menyimpan gambar, pilih gambar yang kamu inginkan dan tekan Open. Setelah gambar terupload, maka gambar itu akan muncul. 
  9. Selanjutnya tekan tombol NEXT.
  10. Kemudian, kamu akan dibawa ke langkah 3 SET UP ini, yaitu Add to Favorites. Langkah ini mudah banget. Kamu tinggal klik tombol biru ADD TO FAVORITES, lalu klik tombol NEXT.
  11. Sampailah kamu di langkah ke 4 SET UP (langkah terakhir), yaitu Reach More People (Jangkau Lebih Banyak Orang). Sebenarnya langkah ke 4 ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin beriklan di facebook dengan cara membayar. Jika kamu merasa ke depannya kamu tidak perlu mengiklankan fanpage kamu di facebook, maka cukup tekan tombol SKIP pada bagian bawah kanan.
  12. Sekarang fanpage kamu udah jadi. Akan tetapi, kita perlu sedikit lagi langkah untuk mempercantik fanpage itu, yaitu dengan menambahkan COVER karena masih tampak berupa latar belakang berwarna putih saja. Untuk ini, klik tombol ADD A COVER.
    Berikutnya, akan ada 2 pilihan untuk mengambil gambar cover (background) fanpage ini, yaitu: Choose from my photos atau Upload Photo. Saya sendiri dalam tutorial ini menggunakan pilihan Upload Photo.
    Cara Membuat FanPage Facebook Dan Memasangnya Di Blogspot 3
  13. Akan muncul jendela pop up dari direktori komputer kamu, sehingga kamu bisa memilih gambar yang sekiranya cocok untuk dijadikan gambar cover (background) fanpage. Jika penempatannya kurang bagus, kamu bisa melakukan drag terhadap gambar yang sudah terupload ke cover tersebut.
  14. Sekarang fanpage kamu udah jadi dan lengkap. Tinggal dipromosikan lewat facebook atau di blog kamu. Kamu dapat mengundang teman-teman facebook kamu agar mereka nge-like fanpage itu. Dan dengan cara itulah mereka akan berlangganan feed artikel dari blog kamu bila kamu memposting link artikel lewat fanpage tersebut.
Oh ya, fanpage ini tidak akan bermanfaat maksimal apabila tidak dipasang sebagai widget di blog kamu. sekarang ikuti tutorial berikutnya tentang bagaimana memasang widget fanpage facebook di blog kamu. sehingga apabila ada pengunjung blog kamu yang tertarik mengikuti perkembangan artikel terbaru blog kamu bisa langsung nge-like fanpage itu dengan satu kali klik saja.

Cara Memasang Widget FanPage Facebook (Facebook Like) di Blogspot

Setelah kita selesai membuat fanpage facebook untuk blog kita seperti tutorial di atas, maka kita akan melanjutnya ke memasang fanpage tersebut di blog. Cararanya adalah:
  1. Masih dalam posisi login di facebook kamu, kunjungi halaman berikut https://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/like-box/
  2. Kamu akan dibawa ke halaman berikut:
    Cara Membuat FanPage Facebook Dan Memasangnya Di Blogspot blog 5
  3. Isilah form Facebook Page URL dengan alamat url fanpage anda, misalnya seperti fanpage yang baru saya buat adalah https://www.facebook.com/pages/Blognya-Nove/206068039603207
  4. Jika kamu kesulitan menemukan alamat url fanpage kamu, klik saja menu HOME di sebelah atas kanan pada facebookmu, dan temukan icon fanpage kamu di menu samping kiri, di bawah News Feed. Klik kanan, lalu pilih Copy Link Location. Nah, paste-kan alamat fanpage ini di form FACEBOOK PAGE URL tadi.
  5. Tentukan Tinggi (Height) dan Lebar (Width) dalam ukuran pixel untuk fanpage yang akan ditampilkan. Pada contoh ini saya menggunakan ukuran lebar 300 dan tinggi 250. Ubahlah ukuran tinggi dan lebar widget agar sesuai dan tampak bagus di blog kamu.
  6. Perhatikan kini telah muncul preview fanpage kamu di bawah form tersebut.
  7. Klik tombol GET CODE untuk mendapatkan script agar dapat dipasang di blog kamu.
  8. Akan muncul jendela pop up yang berisi 2 bagian kode (script) plugin.
    Cara Membuat FanPage Facebook Dan Memasangnya Di Blogspot 6
  9. Masuk ke dashboard blogspot kamu. Lalu klik TEMPLATE >>> EDIT HTML
  10. Cari kode <body>
  11. Copy code pertama fanpage kamu dari jendela pop up facebook tadi, dan pastekan tepat di bawah kode <body>  pada template blog kamu tadi.
  12. Kemudian simpan template dengan mengklik tombol SAVE TEMPLATE.
  13. Tahap selanjutnya adalah mengimplementasikan script kedua untuk widget fanpage. Masuk ke menu LAYOUT di dashboard blog kamu. Temukan widget untuk memasang HTML.
    cara membuat dan memasang widget fanpage facebook di blogspot blog 7
  14. Copy kode ke 2 dari plugin code di jendela pop up facebook. Pastekan kode tersebut di widget untuk memasang HTML tersebut. 
  15. Simpan dan letakkan widget di tempat yang kamu inginkan pada blogmu.
Nah, itu tadi tutorial membuat fanpage faceebook (like facebook page) dan kemudian memasangnya pada blog blogspot kamu. semoga bermanfaat ya. Wassalam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...