Kertas Bekas, Digunakan untuk Apa?

Kertas Bekas, Digunakan untuk Apa?

Punya kertas bekas? Banyak? Bekas Apa? Bekas bungkus barang elektronik yang baru saja anda beli? Bekas bungkus makanan? Koran dan majalah bekas? Kertas-kertas kerja yang sudah tidak terpakai lagi?

Kalau punya dan cukup banyak, kamu gunakan untuk apa? Dibuang begitu saja? Atau kamu coba manfaatkan kembali? Tahukah kamu bahwa untuk membuat kertas, kita harus menebang banyak pohon? Kalau kamu ngaku peduli dengan lingkungan, mestinya kamu gak asal-asalan menggunakan dan membuang-buang kertas. Betul nggak?
Trus, kalau begitu mau diapakan dong kertas bekas yang bertumpuk-tumpuk itu? Itu loh, yang di kolong meja sana itu! Yang ditumpuk ibu di dalam kardus besar itu! Nah kalau begitu, kayaknya kamu mesti berpikir dulu deh mau diapakan kertas-kertas bekas itu. Barangkali kertas-kertas bekas itu bisa:


Dijadikan Bahan Barang Kerajinan

Kalau kamu kreatif kamu bisa bikin barang kerajinan tangan dari kertas bekas. Di internet kamu bisa menemukan seabrek-abrek ide dan tutorial untuk membuat barang kerajinan dan karya seni dari kertas bekas. Gak percaya? Googling aja deh. Oh ya, kalau kamu kreatif dan serius plus punya jiwa wirausaha, kamu bahkan bisa menghasilkan uang dengan kertas bekas yang sudah dimodifikasi menjadi barang kerajinan tangan. Ya tentu barang kerajinan tangan yang dibuat mempunyai nilai tambah yang cukup untuk dikomersilkan.
manfaat kertas bekas

Bahan Penghias Scrapbooking

Kamu tahu scrapbooking kan? Belum tau? Wah... coba deh baca ini dulu, tentang scrapbooking. Sumber lain tentang scarpbooking juga banyak, cari aja. Nah, dengan menggunakan aneka warna dan jenis kertas bekas yang kamu peroleh dari meja kerja atau meja belajarmu, atau ruang keluarga, atau bahkan dari dapur, kita bisa memberi ornamen-ornamen cantik pada scrapbook kamu.

Kertas Corat-Coret dan Bahan Bermain Anak

Punya anak balita yang mulai suka corat-coret tembok? Wah musti disalurin tuh aktivitas. Jangan dimarahi, ntar mereka gak mau lagi nyentuh pensil atau spidol. Berikan saja kertas-kertas bekas (misalnya HVS) bekas kesalahan print dari meja kerjamu. Daripada kertas-kertas itu diremas-remas menjadi bola-bola kertas yang dilempar ke bak sampah, mending dikumpulin, disusun rapi, trus diberikan kepada anak balita anda untuk bahan corat-coret mereka. Oh ya, bisa juga kertas bekas dijadikan bahan bermain mereka. Buat pesawat terbang, kapal-kapalan atau origami sederhana lainnya bersama mereka.

Dibuat Kartu

Kalau kertas bekas kamu berwarna-warni dan bersih (belum bertuliskan apa-apa), potonglah dengan rapi dalam ukuran tertentu. Misalnya 5 cm x 6 cm. Atau bisa juga ukuran lainnya. Yang penting muat disaku bajumu, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Buat beberapa puluh lembar, masukkan dalam kotak kecil dan letakkan di yempat strategis, misalnya di atas meja kerja, di dekat telepon, atau di dekat rak dapur. Jadikan kartu-kartu untuk menuliskan sesuatu. Kamu bisa menuliskan daftar belanjaan di kartu itu sebelum pergi ke pasar atau toko swalayan. Bisa juga pengingat dan daftar urutan kegiatan yang harus kamu lakukan untuk satu hari, sehingga kamu tidak akan melupakan tugas-tugas dan targetmu dalam sehari.

Memberi Aksen Supaya Kertas Pengumuman Anda Eye-Cathing

Di tempat kerjamu, kamu kadang-kadang harus menempel sebuah pengumuman. Seringkali pula ada beberapa pengumuman tertempel di sana. Nah, supaya pengumumanmu benar-benar terbaca oleh semua orang yang terkait, kamu dapat menambahkan ornamen-ornamen dari kertas bekas. Beri sedikit guntingan-guntingan, sobekan-sobekan, atau lipatan-lipatan kertas bekas berwarna mencolok di sudut-sudut kertas pengumumanmu supaya lebih eye-cathing.

Dijual Kembali untuk Daur Ulang

Kalau kamu udah gunakan semua kertas bekasmu untuk beragam kegiatan dan kebutuhan di atas, dan kamu masih punya buaannyaak lagi kertas bekas, maka kamu dapat menerapkan ide yang satu ini. Jual saja kertas bekas itu ke tukang loak. Harga kertas bekas per kilonya lumayan juga loh. Jika kamu gengsi atau baik hati, kamu bisa kasihkan saja kertas-kertas bekas itu kepada pemulung atau tukang sampah untuk dijual mereka kembali. Masukkan dalam kantong plastik khusus agar tidak basah kena hujan dan dipisahkan dari sampah lainnya. Kertas-kertas bekas itu nantinya akan didaur ulang kembali. Jadi dengan demikian tujuan kita untuk menjaga lingkungan tetap green juga kesampaian. Setuju?

Nah, itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk dapat menjaga lingkungan tetap bersih dan hijau dengan memanfaatkan kembali kertas-kertas bekas yang ada di sekitar kita. Sekali lagi, kalau ada kertas bekas, jangan dibuang ya.. coba eksplorasi, barangkali akan muncul ide-ide untuk memanfatkannya. Oh ya, anda punya ide dan kebiasaan positif tentang pemanfaatan kertas bekas? Share di kolom komentar ya...  Wassalam.



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...