Search Description: Bagaimana Menggunakannya untuk Meningkatkan Traffic Blog

Search Description: Bagaimana Menggunakannya untuk Meningkatkan Traffic Blog

Apa kabar Dear Bloggers? Masih membahas tentang cara meningkatkan traffic blog di blog, kali ini saya akan coba menulis tentang “search description”. Apa sih search description itu? Dalam Bahasa Indonesia tentu artinya “deskripsi pencarian”. Mari kita perhatikan screen shoot hasil pencarian artikel saya yang terakhir dipublish “Meningkatkan Trafik Blog dengan Edit Permalink”.

contoh hasil pencarian google
Contoh Screen Shoot Hasil Pencarian Google

Lihatlah pada gambar tersebut, bagian yang saya beri tanda merah: “triks dan tips meningkatkan traffic blog dengan edit permalink” adalah contoh search description (deskripsi pencarian) yang saya gunakan untuk artikel tersebut.



Bandingkan dengan artikel oleh blog lain di bawahnya yang sepertinya tidak mencantumkan search description dalam artikelnya, sehingga tampil kalimat: “Meningkatkan traffic blog dan meningkatkan nilai blog di SERP adalah dengan memodifikasi permalink (hanya tersedia pada wordpress), mungkin banyak dari ...

Menurut Dear Bloggers, yang manakah yang lebih mungkin untuk di klik pengunjung?

Walaupun tidak sepenuhnya demikian, saya yakin bahwa pengunjung telah diberi informasi awal mengenai isi artikel saya dibanding artikel blog lain tersebut yang berbentuk kalimat panjang dan putus. Menurut +Paul Shapiro dalam artikelnya “Top 10 Tiny SEO Tweaks for Big Impact”, search description memang tidak terlalu berpengaruh pada ranking hasil pencarian di google, akan tetapi artikel yang mempunyai search description akan meningkatkan kemungkinan pengunjung untuk mengkliknya apabila search description yang diberikan menarik bagi mereka. Jadi triknya ada di sini, menambahkan search description (deskripsi pencarian), dan membuatnya dalam susunan kalimat yang membuat pengunjung untuk tertarik mengkliknya.

Beberapa waktu yang lalu saya mulai menerapkan fitur search description ini di blog saya dan melihat hasilnya memang lebih oke ketimbang tanpa menggunakan search description ini pada artikel-artikel yang saya tulis.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Fitur Search Description di halaman Edit/New Post Blogger?

Beberapa blogger pemula macam saya, mungkin tidak menyadari adanya fitur ini di dashboard mereka karena search description memang secara default tidak dimunculkan oleh blogger. Untuk mengaktifkannya gampang sekali, cukup dengan beberapa klik saja di dashboard blogger. Yuk ikuti langkah-langkah berikut bila fitur ini belum ada di halaman CREATE NEW POST anda.
  • Buka dashboard blogger anda.
  • Klik menu SETTINGS yang ada di samping kiri paling bawah.
  • Klik SEARCH PREFERENCES.
    Menu Settings dan Search Preferences Blogger
    Menu Settings dan Search Preferences Blogger
  • Perhatikan, di bagian atas halaman SEARCH PREFRENCES ini terdapat menu META TAGS, tepat di bawahnya terdapat submenu DESCRIPTIONS? ENABLE SEARCH DESCRIPTION? Secara default untuk submenu “Descriptions? Enable Search Description?” ini berada pada posisi NO.
  • Untuk mengaktifkan search description, kita tinggal klik bulatan kecil di depan YES.
  • Selanjutnya akan muncul kotak “SEARCH DESCRIPTION” untuk blog kita secara umum. Anda boleh mengisinya dengan maksimal 150 karakter untuk menggambarkan apa isi blog anda secara umum. Misalnya: Blog Blablabla ini mengupas tentang tutorial blogging di blogspot untuk pemula. Dengan mengisi kotak Descriptions (Deskripsi) ini berarti kita juga telah memasang meta tag untuk blog kita.
    kotak descriptions (meta tag) blogger
    kotak Descriptions (Deskripsi) Blogger
  • Kemudian, klik SAVE CHANGES. Nah dengan demikian, fitur SEARCH DESCRIPTIONS  di blog anda sudah diaktifkan. Untuk melihat bagaimana perubahannya, silakan anda buka halaman CREATE NEW POST/EDIT POST yang selalu anda gunakan setiap akan membuat posting artikel blog.
    halaman new post tanpa search description
    Halaman New Post tanpa fitur SEARCH DESCRIPTION
    halaman new post dengan search description
    Halaman New Post dengan fitur SEARCH DESCRIPTION yang telah ditambahkan


Tips Menggunakan Search Description untuk Meningkatkan Traffic Blog

Sudah saya sebutkan sebelumnya bahwa artikel dengan search description yang menarik dan jelas sehingga memberi informasi awal tentang isi artikel cenderung akan lebih diklik pengunjung dibanding artikel tanpa search description. Akan tetapi, dalam penggunaannya kita sebaiknya benar-benar memperhitungkan apa kira-kira kalimat yang cocok untuk digunakan sebagai deskripsi pencarian (search description) ini pada artikel yang akan kita publish.

Beberapa tips yang dapat dipertimbangkan dalam menyusun search description artikel atau posting anda adalah:
  • Gunakan maksimal 160 karakter, boleh lebih pendek tetapi jangan terlalu pendek. Jika search description terlalu panjang, di halaman pencarian kalimat itu akan terpotong sehingga tidak ditampilkan secara utuh.
  • Gunakan kata kunci yang anda anggap penting untuk ditampilkan.
  • Buatlah kalimat yang menarik pengunjung sehingga kemungkinan besar mereka akan mengklik blog anda setelah membacanya, bukan melulu berupa kata kunci.
  • Jangan menuliskan search description yang berlebih-lebihan (karena ingin tampak hebat) tetapi tidak sesuai dengan isi artikel anda, karena ini dapat membuat pengunjung kecewa dan mengingat blog anda sebagai BLOG GOMBAL.
Baiklah, sekarang kita mencoba mengaplikasikannya berdasarkan contoh berikut, ketika saya menulis artikel ini. Lihatlah saya menuliskan search description untuk artikel ini dalam bentuk kalimat: “Tutorial mengaktifkan fitur search description di blogger dan tips menggunakannya untuk meningkatkan traffic”.
kotak search description artikel blogger
Kotak Search Description untuk Artikel/Posting Blogger


Mudah bukan Dears Bloggers, cara mengaktifkan fitur Search Description untuk artikel blog anda? Mudah-mudahan tutorial singkat dan tips mengaplikasikan Search Description di dashboard blogger ini dapat bermanfaat buat kita. Kepada para senior blogger atau teman-teman yang mengetahui tips dan trik lain terkait Search Description ini dapat berbagi di sini. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...