Tips Agar Meja Kerja Selalu Rapi dan Nyaman

tips meja kerja nyaman
Tips Agar Meja Kerja Rapi dan Nyaman
(image: Adrian van Leen for openphoto.net)

Tips Agar Meja Kerja Selalu Rapi dan Nyaman

Setiap orang tentunya punya area kerjanya sendiri-sendiri. Area kerja terpenting anda adalah meja kerja. Ini wajar karena hampir semua aktivitas pekerjaan anda dilakukan di meja kerja tersebut. Jika ingin meningkatkan produktivitas kerja anda, maka salah satu upaya yang dapat anda lakukan adalah membuat meja kerja anda menjadi tempat yang rapi, bersih, dan nyaman. Selain itu ide-ide brilian anda akan muncul dan segala masalah akan lebih mudah diselesaikan dengan tepat.

Meja kerja yang tertata rapi dan selalu bersih cermin kepribadian anda yang teratur dan termanajemen. Jika anda seorang karyawan, pasti bos anda akan senang melihatnya. Bukankah demikian?



Tips Agar Meja Selalu Rapi dan Bersih

Beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga agar meja anda selalu dalam keadaan rapi dan bersih antara lain:

Sediakan 10 sampai 15 menit setiap hari untuk merapikan meja di akhir pekerjaan

Sebelum anda pulang, rapikan kembali meja anda. Bersihkan dari sampah-sampah kecil atau debu. Anda hanya perlu 10 sampai 15 menit melakukan ini sebelum anda pulang. Dijamin besok ketika anda masuk kerja kembali, suasana meja yang tertata baik akan menyambut anda.

Gunakan kontainer kecil untuk tempat alat tulis anda

Jangan biarkan alat-alat tulis atau benda-benda kecil lainnya berserakan atau diletakkan di tempat-tempat yang tidak semestinya. Benda-benda seperti tip eks, penghapus, hingga paper clip adalah benda yang ukurannya relatif kecil sehingga mudah sekali terselip di antara benda-benda lainnya di meja kerja anda. Jadi, sediakan kontainer kecil yang unik untuk meletakkannya. Sebaiknya kontainer ini memiliki beberapa bagian agar anda mudah mengelompokkan benda-benda tersebut. Dan, suatu ketika anda memerlukannya anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Kalau perlu, buat sendiri kontainer tersebut dari bahan-bahan tak terpakai di sekitar anda. Selain ada rasa kebanggaan, tentunya juga anda membantu lingkungan tetap green.

Gunakan rak kecil

Kertas-kertas kerja seringkali dapat diklasifikasikan ke dalam berbagai jenis, tentunya bergantung pada pekerjaan anda. Agar mudah mencari, menemukan, atau mengerjakannya, maka kertas-kertas atau dokumen-dokumen ini diatur di dalam rak-rak kecil. Jangan biarkan semuanya bertumpuk-tumpuk sehingga sulit dibedakan satu sama lain.

Singkirkan ke rak lain untuk pekerjaan anda yang belum urgen

Meja kerja yang penuh dengan beragam barang dan dokumen akan sangat menyulitkan ruang gerak anda. Alih-alih produktif, melihatnya saja mungkin anda sudah pusing duluan. Jadi, apabila ada barang-barang atau kertas-kertas kerja tertentu yang mungkin anda belum terlalu membutuhkannya saat itu, atau barangkali kertas-kertas itu urgensi pengerjaannya masih ada di urutan belakang, maka singkirkanlah ke tempat lain. Taruhlah barang-barang atau kertas kerja itu pada rak lain, tapi bukan pada meja kerja anda.

Buang sampah pada tempatnya

Buanglah sampah pada tempatnya. Kadang-kadang saat bekerja anda mungkin harus menajamkan pensil, menggunting kertas, ngemil keripik, kacang atau permen. Kegiatan-kegiatan seperti ini seringkali menghasilkan sampah-sampah berukuran kecil. Walaupun kecil ukurannya sampah-sampah macam ini dapat mengganggu kerapian dan kebersihan meja anda.

Kembalikan barang ke tempat seharusnya

Dalam keadaan terburu-buru anda mungkin suka lupa. Saat membutuhkan staples dengan cepat anda dapat mengambilnya dalam kontainer khusus di meja kerja anda. Akan tetapi, setelah itu anda lupa meletakkannya kembali ke dalam kontainer tersebut. Ini kebiasaan jelek. Meletakkan kembali barang yang anda ambil ke tempatnya semula tidak akan banyak membuang waktu anda yang sedang tergesa-gesa. Paling-paling selisih satu menit. Jadi biasakan disiplin untuk selalu mengembalikan barang ke tempat seharusnya.

Klasifikasikan berdasarkan jenis dan urgensi pekerjaan

Meja kerja penting fungsinya ketika anda meletakkan semua yang ada di atasnya berdasarkan tingkat kebutuhan dan urgensi. Barang-barang yang sering dipakai tentunya harus lebih mudah diakses daripada barang-barang yang kurang sering dipakai. Kemudian, yang lebih penting lagi, bagaimana cara anda menyusun dokumen-dokumen atau kertas kerja berdasarkan urgensi pekerjaan. Taruh dokumen yang harus selesai hari itu juga pada bagian atas dan taruh yang kurang urgen pada bagian bawah.

Tips agar meja kerja nyaman

Meja kerja yang bersih dan rapi akan membuat anda nyaman dalam bekerja. Selain itu anda dapat membuat meja kerja lebih nyaman lagi dengan memperhatikan hal-hal kecil seperti berikut ini:

Letakkan foto orang tersayang

Ketika anda bekerja, penyemangat anda adalah orang-orang yang anda sayangi dan menyayangi anda. Mereka dapat menambahkan energi lebih untuk anda. Bahkan hanya dengan memandangi wajahnya saja. Karena itu, cukup penting meletakkan foto orang yang anda sayangi, misalnya anak dan istri anda di atas meja kerja. Tentunya letaknya diatur agar tidak terlalu mengganggu pekerjaan anda. Jika meja kerja anda ukurannya relatif kecil, maka anda dapat meletakkannya di dinding atau di bawah kaca pelapis meja.

Beri hiasan seperti vas bunga

Memandang bunga di dalam vasnya seringkali dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh. Suasana meja kerja akan lebih hidup dan menarik secara estetik apabila diberi sebuah vas kecil berisi bunga.

Atur ketinggian kursi

Ketinggian kursi harus diatur sedemikian rupa supaya sesuai dengan postur tubuh anda dan tinggi meja kerja. Ketinggian yang tidak tepat dapat membuat anda cepat lelah dan pegal.

Gunakan warna favorit

Meja kerja, alas, atau barang-barang di atasnya dapat menggunakan warna-warna favorit anda. Ini akan menimbulkan suasana nyaman bagi anda.

Sediakan tempat sampah kecil

Jangan lupakan tempat sampah kecil. Letakkan di dekat kaki kursi anda atau di bawah meja sehingga cukup terlindung. Kosongkan selalu bak sampah anda. Jangan sampah menunggu penuh. Dan yang terpenting, jangan membuang benda-benda atau sisa makanan basah di dalamnya karena dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Tempat sampah yang dekat dengan kaki anda akan membantu anda mempertahankan meja kerja selalu bersih dan nyaman.

Gunakan speaker kecil atau headset

Sesekali dalam pekerjaan anda mungkin dibolehkan sedikit bersantai. Anda dapat memutar musik lembut dengan volume yang cukup untuk anda sendiri dengan menggunakan speaker kecil. Lebih aman lagi gunakan headset. Akan tetapi, jika kantor tempat anda bekerja melarangnya, jangan sekali-sekali menggunakannya.

Beri space yang cukup untuk laptop dan tempat menulis

Berapa luas meja kerja anda? Jangan biarkan seluruh permukaan tertutup oleh barang-barang dan dokumen. Harus ada space kosong yang cukup untuk ruang gerak anda. Idealnya, space kosong meja kerja anda adalah dua per tiga dari duas meja kerja ukuran sedang. Terlalu sedikit space pada meja kerja dapat membuat anda cepat lelah, suntuk, dan stress karena akan memberi kesan bahwa pekerjaan anda amat banyak dan bertumpuk-tumpuk.

Baca juga 10 Tips Sukses beradaptasi Di Tempat Kerja yang baru.

Bagaimana menurut anda, mudah saja bukan untuk menjadikan meja kerja anda tempat yang nyaman untuk melakukan aktivitas? Atau mungkin anda punya tips lain untuk ditambahkan di sini? Silakan berbagi lewat kolom komentar. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...