10 Tips Sukses Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

tips sukses di tempat kerja
Tips Sukses Di Tempat Kerja (credit: mebels)

Tips Sukses Beradaptasi Di Tempat Kerja Baru

Selamat! mungkin saat ini anda telah diterima di sebuah perusahaan dan anda sudah mulai masuk kantor di tempat kerja yang baru. Jika anda sedikit ragu-ragu dalam bertindak di tempat kerja baru, itu hal yang lumrah dan manusia. Sedikit nervous? Itu juga natural. Nah, mungkin 10 tips sukses beradaptasi di tempat kerja atau kantor baru berikut dapat membantu anda untuk lebih tenang dan nyaman, serta membuat anda mampu beradaptasi.

#1. Pelajari Etika dan Budaya Kerja Di Tempat Baru

Hal pertama dan penting yang harus anda lakukan adalah mempelajari etika dan budaya di tempat kerja yang baru tersebut. Setiap kantor atau tempat kerja punya etika dan budayanya masing-masing. Ada hal-hal khusus yang harus anda ketahui sehingga anda dapat beradaptasi dengan semua personil lainnya di tempat itu.

#2. Tunjukkan Semangat Bekerja

Hal kedua yang amat penting yang harus anda lakukan adalah menunjukkan bahwa anda memiliki semangat kerja yang tinggi. Jangan sampai anda terlihat lesu, lelah dan tidak bersemangat. Seberat apapun pekerjaan dan tanggung jawab yang anda pegang di tempat kerja yang baru tidak boleh menyurutkan semangat kerja anda. Tunjukkan konsistensi dan eksistensi anda di kantor yang baru tersebut dengan semangat bekerja yang tinggi.


#3. Selalu Mau Belajar Hal-Hal Baru dan Mahir dengan Teknologi

Bisa jadi, anda diterima bekerja di bidang yang belum anda kuasai dengan baik. Selalu ada hal-hal baru untuk dipelajari di tempat kerja atau kantor. Bila di tempat itu ada rekan kerja yang lebih senior dan berpengalaman, maka jangan malu untuk menanyakan hal-hal yang mungkin anda belum
mengerti. Lebih baik bertanya daripada apa yang anda kerjakan keliru atau salah. Jangan bersikap sok tahu. Apabila ada rekan senior yang memberikan bimbingan atas rekomendasi atasan, maka perhatikanlah dengan sebaik-baiknya. Anda juga mesti mahir dengan beragam perangkat teknologi di kantor atau tempat kerja anda yang baru. Belajarlah sedikit demi sedikit sesuai kemampuan anda atau sesuai dengan target perusahaan atas kinerja anda. Usahakan anda selalu menguasai keterampilan baru sesuai harapan yang telah ditetapkan kantor atau perusahaan anda.

#4. Kenali Semua Orang

Semua orang di lingkungan kerja yang baru harus anda kenali. Termasuk pimpinan hingga staf atau pegawai terendah seperti office boy dan tukang parkir. Jangan sampai anda tidak mengenali pimpinan anda. Adalah suatu hal yang konyol ketika anda melintas dengan cueknya di hadapan pimpinan kantor atau perusahaan tempat anda bekerja. Penting untuk mengenali orang-orang ini agar anda dapat bersikap sepantasnya sebagai seorang pegawai baru.

#5. Ringan Tangan dan Mau Bekerja Lebih dari Tugas dan Tanggung Jawab

Jika anda ingin disayang rekan kerja atau bos di kantor anda, maka selalulah ringan tangan. Kadang-kadang seseorang di sekitar anda membutuhkan bantuan. Itu adalah kesempatan baik bagi anda untuk menunjukkan bahwa anda seorang yang ringan tangan dan mau membantu siapa saja. Tentu saja hal tersebut dilakukan setelah semua tanggung jawab dan tugas-tugas anda beres.

#6. Inisiatif dan Kreatif

Setiap hari di tempat kerja atau di kantor tempat anda bekerja akan selalu ada masalah atau hal-hal yang dapat bersifat besar atau kecil (sepele). Anda sebaiknya mawas dengan hal ini. Selalu ajukan inisiatif dan ide-ide kreatif terkait masalah-masalah ini. Dengan memunculkan inisiatif dan ide-ide kreatif anda, maka dengan cepat semua personil di kantor atau tempat kerja yang baru akan mengenali anda. Jika inisiatif dan ide-ide anda benar-benar brilian, maka dengan cepat anda akan mendapat respek dari pimpinan dan semua orang lainnya.

#7. Bangun Hubungan Profesional dengan Atasan dan Rekan (Team Work)

Selalulah bersikap profesional dengan semua orang di kantor atau tempat kerja yang baru, walaupun hal ini tidak berarti anda mematikan sama sekali sifat kemanusiaan anda. Anda harus mampu menyeimbangkannya. Hubungan profesional penting sekali diterapkan di tempat kerja agar fungsi manajemen di kantor anda berjalan dengan baik. Hubungan profesional yang anda bangun dengan semua orang akan membangun sebuah team work (tim kerja) yang solid untuk mencapai kesuksesan perusahaan.

#8. Berpakaian Pantas

Cara berpakaian anda akan membantu anda beradaptasi dengan baik dengan semua orang di tempat kerja yang baru. Berpakaianlah yang pantas sehingga anda tidak menjadi pusat perhatian (dalam artian negatif) di kantor yang baru. Anda seharusnya menonjol di tempat kerja yang baru, tetapi bukan dalam cara anda berpakaian yang “beda” dari personil lainnya. Anda harus menonjol karena prestasi kerja, bukan yang lain.


#9. Dilarang Menggosip


Jika anda perempuan, maka godaan menggosip di kantor baru adalah hal yang lumrah. Hati-hati saja jika ada rekan kerja perempuan lainnya yang mendekati anda dan mengajak bergosip. Jangan diturutkan karena selain akan menurunkan produktivitas kerja anda, juga bisa membuat anda secara perlahan menyeret anda pada konfrontasi dengan rekan kerja lain apabila yang digosipkan adalah mereka.


#10. Berbicara Sopan Kepada Semua Personil

Selain jangan menggosip di tempat kerja, anda harus berbicara sopan kepada semua personil. Siapapun lawan bicara anda di kantor, baik bawahan anda—lebih-lebih atasan, anda harus sopan dalam berbicara. Komunikasi yang baik akan membawa anda pada hubungan profesional dengan semua orang di tempat kerja yang baru.

Demikian, 10 tips yang dapat anda terapkan di tempat kerja atau kantor baru. Semoga anda beroleh kesuksesan dan dapat meniti karir ke jenjang yang lebih tinggi. Selain kesepuluh tips tersebut mungkin tips bagaimana cara Membuat Meja Kerja Agar Rapi dan Nyaman juga dapat membantu.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...