5 Kesalahan Fatal Blogger Pemula Saat Membuat Artikel

kesalahan fatal newbie blogger
Hati-Hati, Kecil Tapi Bisa Fatal Akibatnya

5 Kesalahan Fatal Blogger Pemula Saat Membuat Artikel


Anda blogger pemula? Berarti sama seperti saya. Sebagai pemula, anda (juga saya tentunya) musti harus banyak belajar dari para senior. Sebaiknya anda rajin menyambangi blog-blog yang ditulis para master. Kemudian, rajin baca-baca artikel tentang bagaimana mengembangkan blog agar bisa maju, baik dalam hal kualitas maupun kuantitas traffic. Bukankah demikian sodara-sodara?

Dari membuka-buka berbagai sumber bebas yang dengan mudah kita temukan di internet, di jagad blogosfer, saya mengambil kesimpulan bahwa paling tidak ada 5 kesalahan fatal yang mungkin di antaranya masih anda lakukan (tanpa anda sadari), bahwa itu adalah kesalahan fatal dalam kegiatan blogging anda sebagai pemula. Apa saja itu, berikut ulasannya.

Copas Artikel Blogger Lain

Ini sebenarnya kesalahan yang teramat fatal. Beberapa blogger pemula awalnya punya keinginan kuat untuk menulis. Bukankah itu dasar anda pertama kali membuat blog? Anda yakin bahwa anda punya kemampuan menulis yang cukup. Bagi anda, blog adalah wadah untuk menumpahkan isi kepala anda, menuangkan ide-ide anda, atau pengetahuan anda tentang suatu hal. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, anda mulai kehabisan ide untuk ditulis ke dalam blog, sementara anda mulai berharap blog baru anda itu ramai dikunjungi. Mulailah goadaan itu datang. Copy-paste! Beberapa tahun sebelumnya saya pernah menjadi pelanggan sebuah blog copas yang sangat ramai. Blog hasil copy-paste artikel orang itu luar biasa banyak pengunjungnya. Saya bisa melihatnya berdasarkan indikator banyaknya pengunjung yang sedang online membaca artikel-artikel di blog itu dari widget counter “online visitor”  di blog tersebut. Saat ini blog tersebut sudah dihapus oleh google karena melanggar ToS (Term of Service) google. Tentunya hal ini dapat dilakukan google karena blog populer tersebut menggunakan fasilitas google (dalam hal ini platform blog blogger).
Dear bloggers, sekarang bukan jamannya lagi membangun blog dengan artikel copy paste. Anda sudah melenceng dari tujuan blogging anda semula. Ibarat orang yang sedang berjalan, anda telah tersesat. Bertobatlah, xi..xi.... 

Mengandalkan artikel hasil copy paste untuk bersaing di halaman pencarian google sangat sulit sekali. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri. Selain itu anda bisa terkena hukuman google, yaitu blog anda di black list sama sekali oleh mesin pencari terbesar ini. Belum lagi isu hak cipta yang anda langgar. Pernahkan anda membayangkan seandainya seseorang yang merasa anda rugikan karena anda mencuri kekayaan intelektual mereka itu melaporkan anda secara hukum? Wah, pasti berabe jadinya bukan.

So, menulislah untuk blog baru anda. Siapapun tidak akan melarang anda membaca artikel-artikel orang lain yang ada di jagad maya. Lalu anda dapat menulis ulang dalam versi anda sendiri. Twist it! Putar, modif, rekayasa ulang bahan-bahan itu sehingga artikel bagus terlahir dari ketikan keyboard anda sendiri. Setuju?

Menulis Artikel di MS Word dan Langsung Copy-paste di Halaman Create New Post

Copy paste yang ini lain lagi ceritanya. Saya, selalu menulis artikel dengan mengetik di MS Word. Apakah anda juga demikian? Menulis di MS Word memang lebih mudah apalagi anda mempunyai akses internet yang terbatas. Bagi anda yang tidak mempunyai hambatan dengan akses internet tentu dapat langsung mengetik artikel di halaman dashboard blognya langsung dan tidak akan ada masalah.
Masalah apakah yang saya maksud di sini? Sebagai blogger pemula (newbie), anda (demikian juga saya) sering lupa bahwa ketika akan menerbitkan artikel yang diketik di MS Word lalu meng-copy-paste di dashboard “write/edit new post”, bahwa kita harus membersihkan kode HTML yang dapat merusak struktur HTML artikel. Coba saja anda bandingkan bagaimana kode HTML artikel anda jika langsung di-copy-paste dari MS Word. Di awal dan diakhir artikel, terdapat kode-kode yang merusak SEO artikel itu bila diterbitkan di blog anda.

Sebaiknya, sebelumnya anda meng-copy-paste-kan dulu hasil ketikan di MS Word itu ke aplikasi notepad-nya Windows. Ini dimaksudkan agar semua format HTML yang secara otomatis muncul di dalam artikel anda tidak ikut ter-copy-paste ke dalam halaman blog. Baru kemudian, anda copy-paste artikel (yang sudah bersih dari kode-kode HTML bawaan MS Word) dari aplikasi notepad ini untuk dipasang di blog anda.

Secara mudah anda juga dapat langsung menghilangkan format kode HTML bawaan MS Word melalui fasilitas tombol REMOVE FORMATING yang diberi lambang huruf T bertanda silang kecil pada pojok kanan dashboard blogger di saat anda menulis artikel atau mengedit artikel (post).
menghilangkan HTML pada teks
Remove Text Formatting pada Blogger untuk Membersihkan Kode HTML

Tidak Menggunakan Struktur Artikel yang Baik

Beberapa blogger pemula sepertinya kurang memperhatikan struktur artikelnya. Mereka sekedar menulis artikel dalam bentuk narasi atau uraian. Artikel pun terkadang sangat ringkas, padahal belakangan, dengan algoritma pencarian terbarunya, google lebih suka dengan indeep articles (artikel yang mengupas suatu masalah secara mendalam dan panjang lebar). Nah, apakah anda juga demikian?

Baik Dear Blogger pemula, sebaiknya artikel anda dibagi ke dalam beberapa sub-bagian. Harus ada judul dan sub-sub judul. Selain itu, yang lebih penting lagi, dalam membuat sub-sub judul gunakanlah fasilitas heading yang ada di dasboard blogger anda. Secara default blogger telah membagi heading ini ke dalam heading (akan memiliki atribut tag H2), sub-heading (atribut tag H3), minor-heading (atribut tag H4), dan normal (tanpa atribut tag). Gunakan fasilitas ini untuk membuat artikel anda berstruktur, sehingga lebih SEO friendly. Secara newbie, beberapa kawan blogger bukannya menggunakan fasilitas heading ini, tetapi mereka menggunakan fasilitas edit jenis font dan ukuran font untuk membuat sub-judul. Ini kesalahan yang cukup fatal.
fasilitas edit heading artikel
Fasilitas Edit Heading Blogger, Gunakan Agar Struktur HTML Artikel Bagus Secara SEO

Gambar Tidak Dimaksimalkan Untuk SEO

Bicara tentang gambar, saya tidak akan mengulasnya terlalu panjang lebar, karena saya telah mengulas bagaimana memaksimalkan gambar untuk meningkatkan trafik blog anda dengan menerapkan trik SEO sederhana beberapa waktu yang lalu. Silakan baca: Memaksimalkan Traffic Blog Melalui Optimasi Gambar.

Saya hanya ingin menambahkan bahwa dalam penggunaan gambar, para newbie seperti saya sering tidak hati-hati. Mudah-mudahan anda tidak termasuk salah satunya. Ketahuilah bahwa kebanyakan gambar di internet memiliki hak cipta (halah, lagi-lagi masalah hak cipta, xi..xi.... tapi bener, ini serius lho). Jadi berhati-hatilah mencomot gambar dari internet. Gambar orisinil milik anda sendiri tentu jauh lebih baik. Jikapun anda terpaksa mencomot gambar milik orang lain, pastikan gambar tersebut memang gambar yang bebas untuk digunakan anda karena berada di bawah kategori CC (Creative Commons) atau berada dalam domain publik yang mungkin dapat bebas anda utak-atik dan pasang diblog bahkan untuk tujuan komersial. Ini penting karena beberapa gambar yang mempunyai hak cipta harus dibeli atau menggunakan sistem royalti untuk pemilik gambar ketika seseorang menggunakannya di situs atau blognya. Gambar yang memiliki hak cipta kategori CC atau milik domain publik seyogyanya menyertakan link sebagai bentuk penghargaan anda kepada si pemilik gambar. Jangan takut memberikan link kepada situs atau si pemilik gambar karena sekarang google lebih suka demikian, apalagi situs yang anda taut memang situs dengan otoritas bagus.

Lupa Mengedit Permalink

Soal permalink juga sudah saya ulas beberapa waktu yang lalu pada artikel: Cara Edit Permalink untuk Meningkatkan Traffic Blog. Silakan dibaca apabila anda baru tahu akan masalah ini.

Oke Dear Bloggers, demikian tulisan tentang 5 kesalahan fatal yang sering dilakukan tanpa sadar oleh blogger pemula. Salam dari saya sebagai sesama blogger pemula yang kini mulai ketagihan ngeblog. Dan, seperti biasa, kepada para senior yang sudah lama menggeluti hobby atau pekerjaan di dunia blogging, dipersilakan memberi masukan dan saran (bahkan kritik) untuk bisa dibagikan kepada para pembaca. Happy blogging, Wassalam.

12 comments :

  1. sebagai blogger pemula memang kita harus rajin belajar membuat artikel ya mbk, biar tidak mengalami kesalahan yang fatal dalam menulis. terima kasih infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, ternyata semakin banyak membaca, semakin banyak yang kita tahu, dan semakin banyak kesalahan yang kita sadari untuk kemudian diperbaiki.

      Delete
  2. waduh... ternyata saya masih melakukan kesalahan fatal seperti yang di sebutkan diatas, hmm.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah...ternyata blog sebagus punya Comtel Cell juga masih ada kesalahan sebagaimana yang disebutkan di atas Mas?

      Delete
    2. bagus apanya bos, kalo bagus ga sering melakukan kesalahan, lah saya kan sering banget bos, hehehe...

      Delete
    3. ha..ha... (upps saya jadi tertawa lebar nih).
      Mas, yang penting kita kata bang haji oma irama, "mau menyadari kesalahannya, dan memperbaikinya..... ) :)

      Delete
  3. Maih banyak belajar dari para master blogger juga nih mba, erimakasih atassahringnya. :D

    Salam

    ReplyDelete
  4. sobat seorang penulis guru (baca tutorial) yang baik.. bahasa mengalir dan sopan, dan yang lebih penting mudah dipahami..

    thx atas share kesalahan fatal blogger dalam menulis.. salam suskses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih pujiannya, hee..he.. salam sukses juga untuk blog wisata murah

      Delete
  5. Kesalahan yang no.2 dan no.3 sering saya lakukan dalam memposting artikel baru buk. hehe
    Kayaknya perlu melakukan perombakan kebiasaan nih.
    Salam.

    ReplyDelete
  6. ttg subheading itu yg tdk pernah saya lakukan, jd se-penting itu ya?

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...