Tips Karier: Membangun Karakter Sukses

membuka diri adalah kunci sukses
Apakah anda cukup terbuka untuk hal-hal baru? (Credit: Rich Tea)

Beberapa Tips Membangun Karakter untuk Meraih Sukses Karier

Siapa yang ingin sukses? Pasti banyak deh yang mengacungkan tangan. Termasuk anda, betul? Yup, semua orang ingin sukses dalam hidup ini, termasuk dalam urusan karier dan pekerjaan. Tahukan anda bahwa kesuksesan seseorang dapat diraih dengan memiliki karakter yang sesuai. Satu hal harus anda tahu sebelum melanjutkan membaca tulisan ini adalah, bahwa karakter itu tidak dibawa sejak lahir. Ia bukan sesuatu yang sudah digariskan oleh Yang Maha Kuasa. Karakter bisa dibentuk melalui kebiasaan anda sehari-hari. Dan, sekali lagi, untuk meraih kesuksesan, anda memerlukan karakter-karakter tertentu. Berikut ini akan diberikan beberapa tips untuk membangun karakter-karakter yang dibutuhkan untuk sukses dalam karier.



Bekerja Berdasarkan Tujuan

Karakter yang pertama yang perlu anda bangun untuk meraih kesuksesan karier adalah selalu bekerja berdasarkan tujuan. Set your goals! Jika anda belum punya tujuan untuk meraih kesuksesan, maka sekaranglah saatnya menentukan apa tujuan anda dalam bekerja. Nyatakan target yang ingin anda raih dalam karier. Jika anda hanya melakukan pekerjaan anda sebatas mengerjakan pekerjaan anda tanpa ada tujuan, maka anda tak akan bergerak maju dari posisi anda saat ini. Ini berlaku untuk semua jenis karier, apakah anda sebagai karyawan suatu perusahaan ataupun anda sebagai wirausahawan. Buat target anda secara terukur dengan melihat peluang dan kesempatan yang mungkin ada dan belum dilihat oleh orang lain. Target atau tujuan ini penting sehingga anda dapat mewujudkan visi sukses anda menjadi realita. Berikutnya, anda harus membuat daftar, bagaimana langkah-langkah atau cara yang dapat anda lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Analisislah kekurangan-kekurangan anda untuk kemudian mencari cara-cara untuk memperbaikinya. Analisis juga di mana kelebihan-kelebihan anda, lalu optimalkan kelebihan-kelebihan itu dengan sebaik-baiknya dalam mencapai tujuan anda.

Asah Kreativitas Anda Terus-Menerus

Jika anda ingin muncul ke permukaan dan menggapi sukses, asahlah kreativitas anda. Caranya, selalulah awas terhadap berbagai permasalahan atau isu yang terjadi pada pekerjaan dan karier anda. Ketika suatu permasalahan atau isu muncul, lakukan brainstorming. Uraikanlah bagaimana permasalahan dan isu itu akan mempengaruhi karier dan pekerjaan anda. Lalu carilah akar penyebabnya dan ajukan ide-ide kemungkinan-kemungkinan pemecahan masalah atau sikap dan langkah-langkah yang harus anda ambil untuk mengatasi atau menanggapinya. Jika anda terbiasa berpikir seperti ini, maka karakter kreatif akan muncul pada diri anda, bahkan tanpa anda menyadarinya.

Biasakan untuk Bangun Lebih Pagi

Bangun lebih pagi itu sangat penting. Tahukan anda bahwa orang-orang sukses selalu bangun lebih awal untuk memulai aktivitas mereka. Ini penting agar anda mempunyai persiapan yang cukup untuk memulai pekerjaan anda setiap harinya. Persiapan bekerja di sini tentu maksudnya baik untuk persiapan pribadi mulai mandi dan sarapan, hingga berangkat ke tempat kerja. Bangun dinihari bukan berarti anda harus mengurangi jam tidur untuk beristirahat. Bila anda ingin bangun jam 4 dinihari, maka berarti anda dapat mulai tidur pada jam 9 atau jam 10 malam. Tidur 7 sampai 6 jam adalah durasi yang cukup untuk mengistirahatkan tubuh anda.  Dengan istirahat yang cukup dan bangun lebih awal, maka ketika anda tiba di tempat kerja anda akan memulai hari dengan fresh plus semangat yang oke.

Selalu Membuka Diri untuk Hal-Hal Baru

Dunia dan lingkungan di sekitar anda selalu berubah. Beberapa bidang pekerjaan dan karier bahkan mempunyai perubahan yang sangat cepat sekali. Misalnya saja jika anda berkarier di bidang IT, anda bisa lihat bagaimana setiap saat kemajuan-kemajuan dan terobosan-terobosan baru bermunculan. Tidak ada cara lain untuk mengantisipasi situasi seperti ini, anda harus membuka diri anda seluas-luasnya terhadap hal-hal baru. Pembangunan karakter yang dapat anda lakukan adalah selalu mencoba mencari informasi dan mau belajar hal-hal baru terkait karier dan pekerjaan anda. Singkirkan semua penghalang dan jadilah pembelajar sepanjang hayat. Jadilah anda seorang yang selalu terupdate ilmu pengetahuan.


Rajin, Kerja keras, dan Gigih

Apa yang membuat seorang atlet bisa unggul dalam sebuah perlombaan? Jika anda menyaksikan sebuah perlombaan renang, maka anda bisa melihat catatan waktu sang juara dengan pesaingnya kadang-kadang hanya terpaut sepersekian milisecon. Sedikit sekali bukan? Jika anda ingin jadi juara, maka jawabannya adalah anda harus berusaha sedikit lebih keras dari orang lain. Selalulah rajin, kerja keras dan gigih untuk membuat usaha dan pekerjaan anda bernilai lebih dibanding usaha dan pekerjaan orang lain. Jika anda membangun kebiasaan untuk membentuk karakter rajin, gigih, dan kerja keras ini, maka semua yang anda lakukan akan mewujud menjadi sebuah prestasi.  


Berpikir Positif dan Optimis

Tanamkan selalu di benak anda bahwa segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan akan selalu dapat anda selesaikan dengan baik. Jika anda mempunyai pikiran-pikiran negatif dan pesimistif, maka ini akan terbawa dan berpengaruh pada kinerja anda. Hasil pekerjaan anda tidak akan maksimal. Kemudian, bila anda telah melakukan sesuatu dengan sebaik-baiknya, maka optimislah bahwa hal itu akan selalu membawa kebaikan bagi anda dan karier anda. Percaya dan yakinlah bahwa semesta akan mendukung anda.


Konsistensi dan Ketekunan

Anda mungkin punya banyak bakat dan minat. Multitallented! Anda beruntung sekali jika memiliki modal dasar seperti ini. Akan tetapi berhati-hatilah, karena punya banyak bakat dan minat dapat membuat anda menjadi tidak konsisten dan kehilangan ketekunan terhadap karier dan pekerjaan anda. Ini bisa jadi bumerang karena menjadikan anda tidak fokus pada karier anda. Karena itu tanamkanlah konsistensi dan ketekunan dalam diri anda. Pilihan karier dan pekerjaan yang telah anda jalani pantas menjadi prioritas utama anda kalau anda benar-benar ingin mencapai kesuksesan. Jadikanlah bakat-bakat dan minat-minat lainnya sebagai penunjang anda dalam menekuni karier. Jadikan mereka sebagai pembangun diri sehingga anda memiliki beberapa kelebihan lain yang membuat anda unggul dari orang lain.


Kejujuran Di Atas Segalanya

Berbuat curang dan tidak jujur akan merugikan anda. Kadang-kadang, berbuat curang dan tidak jujur sesaat tampak menguntungkan. Akan tetapi, karier dan kesuksesan yang dibangun dengan kecurangan dan ketidakjujuran cepat atau lambat akan terbongkar. Ketidakjujuran dan kecurangan itu ibarat bangkai yang lama-kelamaan anda berbau busuk dan menyebar kemana-mana, sepandai apapun anda menutupinya. Berikutnya, jurang kehancuran telah menanti di depan anda. Pada beberapa kasus, kejujuran seakan berbuah kesulitan dan kepahitan. Akan tetapi jika anda konsisten, lambat laun kesulitan dan kepahitan itu akan berubah menjadi kemudahan dan kemanisan.  Peliharalah selalu diri anda agar menjunjung tinggi kejujuran. Jadikanlah kejujuran sebagai karakter yang melekat pada diri anda.


Ramah, dan Punya Banyak Teman

Tidak ada kesuksesan yang bisa diraih tanpa melibatkan orang lain di sekeliling anda. Oleh karena itu selalu bersikap ramah terhadap siapa saja, bahkan kepada rival anda sekalipun jika anda punya. Keramahan akan membuka jembatan-jembatan baru hubungan pertemanan anda dengan orang-orang di sekitar anda. Ada pepatah mengatakan: banyak teman banyak rejeki. Ini benar sekali, bahkan dalam makna yang lebih luas termasuk peningkatan karier dan kesuksesan anda. Mempunyai banyak teman berarti anda telah membangun sebuah jaringan yang berkualitas. Jaringan yang terbentuk melalui pertemanan yang berkualitas akan membantu anda meningkatkan posisi, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam karier dan pekerjaan.


Sabar dan Ikhlas

Mencapai sukses dalam karier kadangkala bukanlah hal yang mudah. Ada banyak faktor turut mempengaruhi. Seringkali perlu waktu untuk meraihnya. Karena itu, sabar dan ikhlas harus selalu anda tanamkan dalam setiap tindakan anda dalam bekerja. Kesabaran dan keikhlasan akan membuahkan hasil yang seringkali tak disangka-sangka datangnya. Jadi, jika karier anda belum menanjak juga, berusahalan terus dan jangan menyerah.


Jangan Menggantungkan Diri Pada Nasib

“Sudah nasibnya begini, mau bagaimana lagi...” Suka mengeluh seperti itu? Mudah-mudahan jangan ya, karena anda harus punya optimisme bahwa anda dapat mengubah nasib anda. Menggantungkan diri pada nasib tidak sama dengan sabar. Orang yang menggantungkan diri tidak akan mempunyai inisiatif dan kreativitas. Mereka selalu stagnan dan tak pernah bisa maju. 


Menyikapi Kegagalan Sebagai Pelajaran Berharga

Jika kita melihat anak balita yang sedang belajar berdiri dan berjalan, seharusnya itu bisa menginspirasi kita. Amatilah berapa banyak anak balita itu jatuh tapi kemudian segera bangkit lagi. Kadang-kadang anak balita itu terjatuh sedemikian kerasnya hingga menangis, tetapi ia tak pernah berhenti. Bangun dan mencoba lagi. Bila anda mengalami suatu kegagalan dalam mencapai kesuksesan karier dan pekerjaan, janganlah patah arang. Kegagalan adalah hal yang lumrah dan biasa dialami setiap orang. Kualitas pribadi anda akan meningkat dan anda akan bisa mengambil pelajaran berharga dari sebuah kegagalan. Renungkan mengapa kegagalan menimpa anda sehingga selanjutnya anda dapat bangkit dengan lebih berpeluang mencapai cita-cita.


Beberapa Kebiasaan dan Karakter Penting lainnya untuk Meraih Sukses Berkarier

Selain beberapa karakter penting di atas yang perlu anda bina melalui pembiasaan sehari-hari, maka anda juga harus banyak-banyak bersyukur terhadap apa yang saat ini telah berhasil anda raih. Jadilah orang yang dermawan dan banyak bersedekah hingga nikmat anda akan bertambah.

Itulah beberapa karakter yang harus anda bangun untuk mencapai kesuksesan di dalam karier dan pekerjaan. Jika anda punya hal-hal lain yang bisa dibagi, silakan berkomentar pada kolom di bawah tulisan ini. Semoga bermanfaat, wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...