Tips Menghindari dan Mengatasi Stress Di Tempat Kerja

tips menghindari dan mengatasi stress
Awas, jangan biarkan stress menekan anda.

Beberapa Tips Menghindari dan Mengatasi Stress Di Tempat Kerja

Anda sedang mengalami stress? Setiap orang mungkin pernah mengalaminya. Percayalah, itu adalah hal yang wajar dan dapat dialami siapa saja. Stress bukan penyakit. Akan tetapi, anda harus menganggap stress yang dialami sebagai sesuatu yang serius dan harus segera ditanggulangi agar tidak merusak kesehatan baik fisik maupun mental. Apalagi jika stress yang anda alami bersumber dari pekerjaan atau tempat kerja. Stress yang sumbernya adalah karena pekerjaan atau tempat kerja bisa dihindari dan diatasi. Ini penting agar produktivitas anda untuk perusahaan atau instansi tempat anda bekerja tidak dirugikan. Sebuah perusahaan yang bergerak untuk mencari profit mungkin tidak akan mudah mentolerir turunnya produktivitas anda sehingga ini bisa berakibat pemecatan bagi anda. Wah, sungguh bukan hal yang menyenangkan bukan jika ini harus anda alami?


Tips Menghindari Stress Di Tempat Kerja

Berikut ini mungkin beberapa tips yang dapat anda aplikasikan untuk menghindari munculnya stress saat anda berada di tempat kerja.

Pahami tugas, kewajiban, dan fungsi anda dalam perusahaan

Anda diangkat menjadi karyawan sesbuah perusahaan atau instansi karena mereka membutuhkan anda. Mereka menggaji anda untuk itu, bukan karena hal yang lain. Oleh karena itu, anda harus memahami sepenuhnya apa sebenarnya tugas, kewajiban, dan fungsi anda bagi perusahaan. Bekerja lebih dari tugas, kewajiban dan tanggung jawab anda adalah hal yang bagus untuk perusahaan atau tempat anda bekerja, akan tetapi sesuaikanlah dengan kemampuan anda. Jangan mengorbankan diri anda secara berlebihan.

Rencanakan pekerjaan anda

Agar anda dapat menggunakan waktu dan tenaga dengan efektif, anda harus merencanakan langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Anda yang tahu bagaimana pekerjaan anda, jadi rencanakanlah. Hindari mengerjakan tugas-tugas anda secara serampangan karena selain dapat memicu stress, juga dapat membuat anda terlihat seperti orang bodoh yang sibuk tak karuan untuk hal-hal yang kadang amat sepele.

Minta kejelasan atasan apa dan bagaimana sebenarnya tugas anda

Kadangkala anda diberikan tugas atau pekerjaan baru yang belum pernah anda lakukan. agar anda dapat menghandelnya dengan baik, bertanyalah pada senior atau atasan anda. Jangan malu bertanya jika anda memang tidak mengerti harus mulai dari mana. Percayalah, mereka lebih suka dibuat sedikit repot dengan membantu dan memberi kejelasan bagi tugas anda daripada anda mengacaukan tugas tersebut.

Buat suasana nyaman di tempat kerja anda

Siapapun tahu bahwa suasana nyaman di tempat kerja akan meningkatkan produktivitas dan membantu anda terhindar dari stress. Anda dapat membuat suasana nyaman itu. Mulailah dengan meja kerja anda (Silakan baca bagaimana membuat meja kerja menjadi nyaman), karena seringkali dari sinilah stress itu berasal. Bersihkan atau minimal jaga kebersihan tempat kerja anda. Tumpukan sampah, berkas-berkas yang tak terpakai hingga sirkulasi udara kantor yang buruk dapat mengganggu kenyamanan tempat kerja anda.

Ciptakan iklim kerja yang mendukung produktivitas

Sebagai makhluk sosial, anda di tempat kerja juga harus membangun iklim kerja yang baik. Iklim kerja yang mendukung produktivitas tinggi akan terbentuk apabila anda dan rekan-rekan kerja berinteraksi dengan cara yang baik dan profesional. Lakukan tugas dan kewajiban anda sesuai wewenang yang diberikan perusahaan. Setelahnya, bantu rekan yang membutuhkan sesuai kemampuan anda.

Jangan memicu konfrontasi dengan rekan sejawat

Di setiap tempat kerja, konfrontasi antara personil-personil yang berinteraksi di dalamnya sangat mudah terjadi. Hati-hatilah akan kemungkinan ini dengan menempatkan diri anda pada posisi yang tepat. Menggosip rekan kerja lain, apa lagi menyerang mereka karena iri hati dan kebencian karena kariernya lebih bagus dari anda justru akan membawa anda pada tekanan. Stress akan mudah menghinggapi anda. Selain itu, bahkan untuk urusan pekerjaanpun bisa saja konfrontasi meletus. Misalnya ketika anda berbeda pendapat dengan personil atau rekan kerja lain tentang bagaimana menyelesaikan suatu masalah yang dihadapai perusahaan tempat anda bekerja. Sebenarnya, perbedaan pendapat akan cara menyelesaikan masalah perusahaan itu amatlah baik. Perusahaan dan tempat kerja anda membutuhkan banyak ide-ide kreatif yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya. Akan tetapi, ketika ide atau gagasan anda belum diterima sebagai sebuah bentuk solusi masalah perusahaan jangan berkecil hati dan menyebabkan anda beselisih dengan rekan kerja lainnya.

Gunakan saat-saat istirahat secara efektif

Setiap tempat kerja selalu memberikan waktu-waktu untuk istirahat. Misalnya, ada saat-saat rehat untuk sekedar minum kopi atau makan siang. Manfaat waktu istirahat ini secara efektif. Anda dapat keluar kantor mencari jajanan atau sekedar nongkrong di tempat-tempat makan bersama rekan kerja. Selain membantu anda membangun hubungan yang baik dengan personil lain di tempat kerja, ini juga akan membuat anda dapat sejenak melupakan rutinitas pekerjaan anda dan tekanan yang mungkin sedang anda hadapi.


Tips Mengatasi Stress Di Tempat Kerja

Sebagaimana telah disebutkan di depan, bahwa mengalami stress di tempat kerja atau karena pekerjaan adalah hal yang wajar. Beberapa tips berikut mungkin dapat membantu anda melepaskan diri dari tekanan dan stress di tempat kerja. 

Cari sumber masalah yang menyebabkan anda stress

Stress muncul karena adanya masalah yang sedang anda hadapi. Begitu pula stress di tempat kerja. Musti ada penyebabnya. Karena itu identifikasi dan kenali akar masalah (penyebab) mengapa anda menjadi stress. Dengan demikian anda dapat menyusun rencana pemecahan masalah untuk membebaskan diri anda dari tekanan yang menyebabkan muncul stress tersebut.

Mendekatkan diri dengan Sang Pencipta

Manusia adalah makhluk yang lemah. Ketika anda dilanda persoalan di tempat kerja dan membuat anda didera stress berat, kembalikan semua kepada Sang Pencipta. Mohon doa agar anda selalu diberi kemudahan. Mendekatkan diri denganNya akan membuat jiwa anda menjadi lebih tenang. Dengan demikian, anda juga akan dapat berpikir lebih jernih untuk mengatasi masalah yang memicu stress anda di tempat kerja.

Jika anda pernah menghadapi situasi sulit yang sama sebelumnya

Tidak jarang kesulitan yang sedang anda hadapi dan mengakibatkan munculnya stress di tempat kerja telah pernah anda alami sebelumnya. Pengalaman dengan masalah yang sama, serupa atau mirip, dapat membuat anda mengambil pelajaran tentang bagaimana dulu anda menyelesaikan masalah itu. Jadikan itu sebagai pelajaran berharga yang mungkin dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah yang sedang anda hadapi saat ini.

Jika anda punya bawahan, delegasikan tugas anda

Kadangkala, karena besarnya tanggung jawab anda dan sifat tugas perusahaan yang amat penting membuat anda mengerjakan sebuah tugas secara sendirian. Ini jelas salah dari segi manajemen. Alih-alih anda menyelamatkan dan berguna bagi perusahaan atau tempat kerja, anda justru telah membuat kesalahan besar dan memicu stress pada diri anda sendiri. Sepenting apapun tugas itu, anda harus percaya bahwa anda dapat meringankan beban anda dengan mendelegasikan sebagiannya kepada bawahan atau anak buah anda. Tentu anda harus mempertimbangkan kepada siapa tugas itu didelegasikan. Beri kepercayaan kepada mereka dan bantu mereka dengan memberikan arahan bagaimana kriteria anda tentang tugas itu. Bantu pula mereka dengan memberikan penjelasan bagaimana mengerjakannya. Biarkan mereka membantu anda.

Lakukan gerak badan ringan di tempat kerja

Peredaran darah yang lancar ke seluruh bagian tubuh, juga otak, sangat penting. Pikiran yang jernih dapat diperoleh bahkan dengan sedikit melakukan gerak badan ringan setelah seharian duduk di depan meja kerja anda. Lakukan sedikit olahraga jika tubuh dan pikiran anda telah merasa lelah dan jenuh memelototi berkas-berkas kerja atau monitor komputer. Ubahlah pandangan anda dengan melihat suasana di luar kantor melalui jendela.

Ambil cuti dan pergi rekreasi

Kapan terakhir anda mengambil cuti? Jika anda telah terlalu lama bekerja dan stress serta kebosanan sedang melanda, mungkin kini saatnya anda untuk mengambil cuti beberapa hari dan pergi berekreasi.  Cuti dari pekerjaan selama beberapa hari bukan berarti produktivitas anda terhenti. Mengambil cuti kerja dapat diibaratkan gadget yang perlu dicharge agar power-nya kembali maksimal.

Curhat dengan orang yang anda sayangi dan peduli dengan anda

Saat anda dilanda stress, penting untuk curhat dengan orang yang anda sayangi dan peduli dengan anda. Anda dapat berkonsultasi dengan suami atau istri anda. Kadang-kadang mereka punya solusi yang mengejutkan yang tidak pernah anda duga sebelumnya dapat menjadi penyelesaian masalah anda. Jikapun orang-orang yang anda sayangi dan peduli dengan anda itu tidak dapat memberikan masukan atau solusi, paling tidak anda telah meringankan beban di pundak dan himpitan di dada anda dengan bersandar kepada mereka.

Jadwalkan waktu untuk keluarga anda

Stress bisa dihilangkan dengan meluangkan waktu untuk keluarga. Seringkali seseorang yang sedang dilanda stress berat adalah orang-orang yang terlalu mementingkan pekerjaan di atas keluarga mereka sendiri. Jangan sampai anda menjadi salah satunya. Ingatlah bahwa keluarga anda jauh lebih utama, bahkan dibandingkan dengan pekerjaan dan karier anda. Saya tidak bermaksud menyarakan anda berhenti dari pekerjaan yang membuat anda stress, itu terlalu radikal. Anda hanya harus lebih banyak meluangkan waktu untuk keluarga. Percayalah, secara psikologis anda akan lebih kuat menghadapi tekanan penyebab stress di tempat kerja karenanya.

Sediakan waktu untuk beraktivitas sesuai hobby anda

Ingat-ingat lagi, mungkin selama ini anda telah kehilangan waktu untuk melakukan aktivitas sesuai hobby anda karena anda terlalu mementingkan pekerjaan. Kini saatnya anda membuka pikiran untuk kembali menyediakan waktu luang untuk beraktivitas dan memanjakan diri anda sesuai dengan hobby anda. Pergilah memancing ke luar kota jika itu memang hobby anda. Atau buat kotor tangan anda dengan membongkar tanaman-tanaman di pot yang telah lama merana karena anda lupakan. Silakan berpanas-panas di bawah terik matahari jika anda suka bertukang. Biarkan tangan dan kuku anda menghitam karena anda mencoba mengganti sendiri oli pelumas kendaraan anda. Singkatnya, sediakan waktu untuk hobby anda. Jangan tunda lagi agar anda bisa sejenak melupakan tekanan di tempat kerja, dan setelahnya bisa kembali dengan pikiran yang lebih jernih.

Oh ya, mungkin anda juga ingin membaca tips agar mudah beradaptasi di tempat kerja yang baru, karena bukan tidak mungkin tekanan yang anda alami disebabkan anda baru pindah tempat kerja. Semoga tips menghindari dan mengatasi stress di tempat kerja ini dapat bermanfaat untuk anda. Bila anda punya tips lain yang mungkin bermanfaat dipersilakan untuk berbagi di kolom komentar. Wassalam. 

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...