Tips Sukses Karier dengan Memanajemen Waktu

manajemen waktu agar sukses
Manajemen waktu adalah salah satu kunci kesuksesan berkarier

Orang-Orang Sukses Dalam karier Memiliki Manajemen Waktu

Siapa yang tidak ingin sukses dalam menjalani karier? Rasanya hampir mustahil kita menemukan orang yang tidak ingin sukses. Bukankah demikian? Ada banyak kunci kesuksesan dalam membina karier. Salah satunya adalah manajemen waktu. Barangkali sudah biasa kita dengan jika waktu itu sangat berharga. Time is priceless.

Orang-orang yang memiliki kesuksesan adalah orang yang pandai memanajemen waktu yang dimilikinya. Mengapa? Karena waktu yang disediakan oleh Sang Pencipta bagi semua orang sama, satu jam itu hanya 60 menit, dan satu hari itu hanya 24 jam. Nah, seberapa banyak pekerjaan yang dapat anda selesaikan dengan jumlah waktu kerja yang telah dipatok, sebegitulah produktivitas dan efisiensi kerja anda. Ini berkorelasi positif dengan kesuksesan anda membangun karier.



Berikut ini disajikan beberapa tips untuk memanajemen waktu anda dalam pekerjaan dan karier sehingga dapat membawa anda meraih kesuksesan yang diharapkan.


Skala Prioritas

Semua tugas dan pekerjaan anda dapat disusun dalam skala prioritas. Anda harus mengklasifikasikan tugas anda sehingga waktu yang anda miliki benar-benar dapat digunakan sebaik-baiknya. Karena semua tugas dan pekerjaan itu penting, maka susunlah skala prioritas anda ke dalam 4 klasifikasi dimulai dari tugas yang sangat penting dan mendesak, kemudian tugas yang penting dan mendesak, lalu tugas yang sangat penting dan tidak mendesak, hingga terakhir tugas penting yang tidak mendesak.


Buat Penjadwalan Pekerjaan Anda

Selalulah membiasakan diri untuk membuat jadwal tugas untuk menyelesaikan pekerjaan anda. Buatlah jadwal sesuai urutan skala prioritas yang telah anda buat. Mungkin di dalam jadwal itu anda juga dapat memasukkan tugas-tugas rutin yang memang menjadi tanggung jawab anda. Berikan alokasi waktu yang memadai untuk setiap item tugas dan pekerjaan anda. Pertimbangkan berat ringannya tugas, kuantitas (jumlah), hingga kompleksitas tugas anda. Penjadwalan tugas-tugas akan membuat anda nyaman untuk bekerja dan tidak serampangan. Baca juga tips agar meja kerja rapi dan nyaman.


Gunakan Waktu yang Telah Dialokasikan dengan Baik

Apabila anda telah membuat penjadwalan berdasarkan skala prioritas dan tugas-tugas rutin, maka seharusnya anda dapat menggunakan setiap alokasi waktu yang telah anda tentukan sendiri. Jangan membuang-buang waktu anda untuk hal-hal yang tidak penting dan tidak berguna, atau sama sekali tidak ada kaitannya dengan tugas anda. Setiap tugas tentu telah anda tentukan sendiri (atau ditentukan oleh bos). Berusahalah untuk selalu menepati deadline yang telah anda tentukan atau bos anda tetapkan. Tertundanya suatu pekerjaan akan membuat pekerjaan-pekerjaan lain di urutan belakangnya semakin menumpuk. Ini tentu akan berakibat buruk bagi kinerja anda. Bahkan bukan tidak mungkin dapat memicu stress. Baca bagaimana tips menghindari dan mengatasi stress di tempat kerja.

Jangan Menunda Pekerjaan

Salah satu sifat buruk yang tidak boleh dipelihara adalah menunda-nunda pekerjaan atau tugas, apalagi karena hal yang tidak begitu penting atau tidak mendesak (urgen). Sebagaimana kelalaian karena melampaui batas deadline (target penyelesaian suatu tugas), menunda-nunda pekerjaan yang seharusnya diselesaikan juga dapat mengakibatkan tertumpuknya pekerjaan. Jika pimpinan atau bos anda mengetahuinya, anda tentu akan mendapat teguran dan bukan tidak mungkin pemecatan, jika kebiasaan buruk ini begitu akut anda derita. Pimpinan mana coba, yang senang melihat anak buah yang malas dan tidak bertanggungjawab?


Selesaikan Tugas Satu per satu dan Fokus

Jika anda sedang mengerjakan suatu tugas, berfokuslah pada tugas itu. Anda mungkin sering melihat bagaimana seorang supersibuk kelihatan benar-benar amburadul karena ia menghandel beberapa tugas sekaligus. Sebenarnya ini tidak baik. Tugas yang anda selesaikan dan memang dalam penjadwalan dan skala prioritas anda haruslah menjadi fokus utama agar dapat diselesaikan dengan baik. Kadangkala memang saat mengerjakan suatu tugas anda dapat saja diinterupsi oleh bos atau pimpinan untuk melakukan suatu tugas lain. Jika memang demikian, maka anda dapat mengatakan bahwa anda sedang mengerjakan suatu tugas yang juga sangat penting dan sangat mendesak (bila memang sangat penting dan sangat mendesak). Akan tetapi, jika tugas baru yang diberikan bos atau pimpinan anda lebih penting dan lebih mendesak lagi, maka anda dapat mengatur penjadwalan ulang penyelesaiannya.


Jauhkan Distraksi dari Anda

Di tempat kerja, beberapa hal sepele kadang-kadang dapat mengganggu anda dalam menyelesaikan tugas. Misalnya saja, seorang rekan cewek, mungkin akan menghampiri meja anda dan mengajak anda sekedar bergosip atau mengobrol tentang hal-hal yang tidak penting dan tidak ada kaitannya dengan pekerjaan. Jangan diladeni. Tolak saja ajakan bergosipnya dengan serius mengatakan bahwa anda sedang mengerjakan sebuah tugas. Lakukan dengan serius dan sopan agar dia tidak tersinggung. Selain menjauhkan anda dari hal-hal yang dapat mengganggu anda dalam menyelesaikan pekerjaan anda, ini juga berarti anda telah membantu menciptakan iklim kerja produktif di kantor anda. Baca juga Tips Sukses Berkarier untuk Wanita Berkeluarga.


Sisakan Waktu Rehat yang Cukup

Terakhir, tetapi juga sangat penting adalah selalu menyisakan waktu rehat yang cukup untuk diri anda. Seyogyanya di antara tugas-tugas anda, sisakan waktu yang cukup untuk beristirahat. Walaupun kelihatannya seakan mengurangi produktivitas kerja anda, istirahat yang cukup akan membuat anda segar dan kembali bersemangat untuk melanjutkan penyelesaian tugas berikutnya.

Bagaimana menurut anda, tips sukses karier dengan manajemen waktu ini? Adakah yang terlewatkan dan seharusnya juga ditulis di sini? Jika anda punya pendapat atau gagasan yang berbeda, silakan menambahkannya di kolom komentar. Dan jika menurut anda tulisan ini cukup berharga, silakan bantu mempopulerkannya dengan membagikannya melalui tombol sosial media yang ada di bawah tulisan ini. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...