Menulis Dan Mempublikasikan Artikel Pertama Blogspot Anda

tutorial menulis artikel di blog
Pertama menulis artikel di blog?

Menulis Dan Mempublikasikan Artikel Pertama Blogspot Anda


Dear bloggers (sekarang anda telah pantas disebut sebagai seorang blogger) karena anda telah membuat blog pertama anda. Langkah berikutnya adalah langkah yang sangat krusial bagi kelangsungan eksistensi anda dan blog anda di dunia internet, yaitu menulis konten atau artikel blog.

Nah, tutorial kita kali ini akan mengupas masalah ini sehingga artikel pertama (konten) blog anda akan dapat ditayangkan secara layak di internet dalam jagad blogging. Penting mengikuti langkah-langkah ini agar anda dan artikel anda “terlihat” di internet. Kan percuma kalau anda menulis di blog, kalau tulisan anda  kurang greget sehingga dicueki perayap (crawler) milik search engine dan yang paling parah oleh pembaca (pengguna internet). Mudah-mudahan hal ini tidak terjadi ya.. :)



Mengenali Dan Mengakrabi Menu Editor (Create New Post) Pada Blogger

Silakan anda masuk Ke Menu Editor (NEW ENTRY), langkah-langkahnya:
  1. Login pada email gmail anda (Baca juga: Cara membuat Alamat Email Di Gmail Terbaru 2014).
  2. Bukalah halaman blogger http://www.blogger.com/home
  3. Akan terbuka Dashboard blogger anda (baca artikel sebelumnya: Pengenalan Dashboard Blogger atau Blogspot).
  4. Setelah masuk ke dashboad, silakan klik menu NEW ENTRY, atau menu EDITOR, (tombol bergambar PENSIL). Akan terbuka halaman editor tempat anda akan menulis artikel dan kemudian akan mempublikasikannya. Lihat gambar berikut.
    editor blogger atau blogspot
    menu dan bagian-bagian halaman editor blogger tempat menulis artikel blog
  5. Perhatikan, ada beberapa menu yang harus anda ketahui fungsinya pada bagian editor ini, yaitu:
  • POST TITLE (Judul Post), merupakan tempat anda menuliskan judul artikel anda
  • COMPOSE, merupakan jenis tampilan sementara (preview) tubuh artikel anda nantinya di halaman blog anda.
  • HTML, adalah tampilan artikel anda beserta kode HTML yang menyertainya. Saya biasa membuka menu ini untuk keperluan menambah gambar agar posisinya persis di tempat yang diinginkan.
  • Tombol UNDO dan REDO, adalah tombol untuk kembali ke langkah sebelumnya dalam proses penulisan artikel di post editor anda ini.
  • Tombol FONT, digunakan untuk menggati jenis huruf yang digunakan dalam tubuh artikel blog anda. Secara default (bawaan), jenis font yang disediakan adalah Arial, Courier, Georgia, Helvetica, Times, dan Trebuchet serta Verdana.
  • Tombol FONT SIZE, adalah tombol untuk menentukan ukuran huruf yang anda gunakan. Ada beberapa pilihan mulai dari yang paling kecil hingga yang paling besar: Smallest, Small, Normal, Large, dan Largest.
  • Menu Heading, yang apabila anda klik tombol segitiga hitam di sebelah kanannya, akan muncul menu dropdown untuk memilih Heading, Subheading, Minorheading, dan Normal. Dalam keadaan standar, yang muncul adalah mode Normal.
  • Tombol BOLD, ITALIC, UNDERLINED, dan STRIKE THROUGH adalah tombol-tombol yang dapat anda gunakan untuk memvariasi teks artikel. Bold untuk cetak tebal, Italic untuk cetak miring, Underlined untuk garis bawah, dan Strike through untuk menggaris persis di tengah huruf.
  • Tombol TEXT COLOR (warna teks), untuk membantu anda memberi warna tertentu pada teks di dalam artikel anda.
  • Tombol TEXT BACKGROUND COLOR, digunakan untuk memberi tanda latar belakang teks di artikel anda, jadinya ketika ditayangkan (dipublish) akan seperti diberi marker atau stabillo.
  • Tombol LINK digunakan untuk memberikan link atau menghapus link pada teks (artikel) blog anda. Biasanya para blogger menggunakannya untuk menghubungkan satu artikel dengan artikel lainnya baik di dalam blognya sendiri ataupun hubungan ke blog orang lain melalui fasilitas ini.
  • Tombol INSERT IMAGE digunakan untuk memasukkan gambar ke dalam artikel blog.
  • Tombol INSERT A VIDEO, digunakan untuk memasukkan video ke dalam artikel blog.
  • Tombol INSERT JUMP BREAK adalah tombol yang digunakan oleh sebagian blogger untuk meringkas tampilan artikelnya di blog dan mengganti artikel yang dipotong dengan fasilitas ini dengan kata-kata seperti “read more...” atau “baca seterusnya...”.
  • Tombol ALIGNMENT adalah tombol yang digunakan untuk mengatur bentuk susunan paragraf artikel blog, apakah ingin rata kiri (align left), rata kanan (align right), rata tengah (center), dan rata kiri-kanan (justify).
  • Tombol NUMBERED LIST digunakan untuk membuat penomoran pada artikel blog anda. Biasanya beberapa artikel seperti artikel tutorial atau daftar sesuatu, akan menggunakan fasilitas ini untuk membuat penomoran.
  • Tombol BULLET LIST, digunakan untuk membuat bullet (jendolan-jendolan) pada artikel blog.
  • Tombol QOUTE digunakan untuk mengapit suatu kalimat atau kutipan sehingga tampak lebih artistik saat ditayangkan di halaman blog anda.
  • Tombol REMOVE FORMATTING digunakan saat anda ingin menghapus semua format (termasuk kode HTML) yang terdapat dalam artikel blog. Tombol ini sangat bermanfaat ketika anda mengetik artikel di microsoft word (MS Word), lalu langsung mempastekannya di kotak edit artikel (kotak besar tempat menulis artikel). Hasil copas dari microsoft word membawa kode-kode HTML yang tidak diperlukan dan dapat merusak format artikel anda. Cara menggunakannya adalah, blog semua tulisan, lalu klik tombol REMOVE FORMATTING ini.
  • Tombol CHECK SPELLING digunakan untuk mengecek kata-kata di dalam artikel anda apakah sudah menggunakan bahasa yang benar (baku) dan untuk menemukan kesalahan ketik yang mungkin ada tanpa anda sadari.


Langkah-Langkah Menulis dan Mempublikasikan Artikel Blog

  1. Tulis artikel anda.
  2. Anda dapat menuliskan langsung isi artikel anda pada kotak utama editor secara online. Tetapi, anda juga dapat terlebih dahulu menulis artikel secara offline (tidak terkoneksi dengan internet) di software pengolah kata seperti Microsoft Word milik Windows. Saya sendiri terbiasa menulis artikel dengan mengetikkan di MS Word terlebih dahulu.
  3. Jika anda seperti saya, mengetik di MS Word (Microsoft Word) terlebih dahulu, maka sebelum anda meng-copy-paste-kannya di kotak utama editor, sebaiknya anda meng-copy-paste-kannya terlebih dahulu di program (aplikasi) NOTEPAD. Dari notepad inilah naskah tulisan (artikel) anda di-copy, kemudian di-paste-kan di kotak editor.
    menulis artikel blog
    aplikasi notepad di windows
  4. Bagilah tubuh artikel anda dalam sub-sub bagian. Gunakan pilihan menu HEADING, SUB HEADING, MINOR HEADING, dan NORMAL untuk tubuh artikel anda.
  5. Walaupun pada menu editor terdapat pilihan untuk mengganti font (jenis huruf), saya sarankan anda tidak melakukannya kecuali untuk sebagian kecil teks saja untuk membedakannya dari teks lainnya. Ini misalnya dilakukan ketika anda memasukkan sebuah kutipan atau kata-kata penting. Jenis huruf yang sederhana dan nyaman dibacalah yang disukai oleh pengunjung blog.
  6. Jika anda menggunakan penomoran dalam artikel, maka sebaiknya, proses penomoran dilakukan di menu editor blogspot (blogger) anda, dan bukan di MS Word atau Notepad agar lebih rapi.
  7. Tambahkan gambar minimal satu buah. (Jika tidak punya gambar, abaikan saja langkah ini, nanti pada artikel berikutnya anda dapat mencobanya). Berhati-hatilah menggunakan gambar. Jangan sampai anda menggunakan gambar berhak-cipta tanpa izin. Sebaiknya gunakanlah gambar milik anda sendiri. Kemudian optimasi gambar dengan cara berikut: Optimasi Gambar Blog untuk Meningkatkan Trafik (Kunjungan) Blog.
  8. Tambahkan sebuah video jika memang diperlukan.
  9. Setelah satu atau dua paragraf awal, tambahkan JUMP BREAK, agar artikel anda tidak terlihat terlalu panjang di halaman depan (homepage) blog anda.
    jump break artikel blog
    Contoh hasil JUMP BREAK artikel
  10. Beri Judul Artikel Anda. Jangan membuat judul terlalu panjang. Usahakan hanya sekitar 60 – 70 karakter saja. Masukkan kata kunci (keyword) sebagai bagian dari judul. Kata kunci pada judul penting, karena akan membantu perayap (crawler) search engine untuk menemukan artikel anda jika ada pengguna internet yang mengetikkan kata kunci tersebut pada pencariannya. Ingat, jangan membuat judul yang aneh karena hanya ingin banyak kata kunci artikel yang masuk ke dalam judul. Buatlah judul yang menarik bagi pengguna internet yang merupakan calon pengunjung blog anda.
  11. Isikan kategori (LABEL) artikel anda. Misalnya artikel saya ini saya beri label (kategori) : Blogging. Penting untuk merancang terlebih dahulu label-label apa yang akan digunakan dalam blog anda. Gunakan hanya satu label (kategori) untuk setiap artikel.
  12. Edit permalink (alamat artikel blog anda). Anda dapat mengabaikan ini jika masih kesulitan. Baca selengkapnya tentang ini di: Cara Edit Permalink untuk Meningkatkan Traffic Blog di Blogger (Blogspot).
  13. Buat DESKRIPSI PENCARIAN. Anda dapat mengabaikan ini jika masih kesulitan. Menu ini belum terdapat di dashboard bawaan (default), anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Untuk ini silakan baca: Search Description dan Peningkatan Traffic Blog untuk Blogger.
  14. Review sekali lagi artikel anda. Jika dirasa sudah oke, silakan tekan tombol PUBLISH di sisi kanan atas halaman post editor ini. Tunggu beberapa saat sampai anda dialihkan ke halaman DAFTAR POST (POST) sebagai tanda artikel anda telah diterbitkan. Lihat gambar.
  15. Cek artikel di blog anda dengan mengklik tombol VIEW di bawah post anda tersebut. Taraaaa.... SELAMAT, artikel pertama anda sudah tayang (published) di internet.
  16. Oh ya, bila terlihat ada kesalahan, anda dapat memperbaikinya dengan mengklik gambar PENSIL (edit post) di bawah artikel, atau kembali ke dashboard > posts > klik menu EDIt di bawah judul artikel anda yang telah diterbutkan.

Itulah langkah-langkah menulis dan mempublikasikan artikel pertama anda di blogspot (blogger). Saran saya, rajin-rajinlah menulis agar blog anda semakin besar dan banyak pengunjungnya. Menulislah artikel orisinil (bukan copy paste artikel orang lain) karena banyak sekali kerugian yang akan anda terima bila melakukannya.


Semoga tutorial ini bermanfaat untuk anda, wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...