Tips dan Cara Mencari Gambar untuk Artikel Blog

Tips dan Cara Mencari Gambar Gratis Tanpa Melanggar Hak Cipta


Gambar Artikel Blog dan Hak Cipta

Isu hak cipta dalam dunia blogging saat ini menjadi isu yang cukup serius. Biasanya konten blog yang dicopas dan dicomot secara sembarangan adalah artikel dan gambar. Nah, pada tulisan kali ini, dear bloggers, ijinkan saya untuk mengulas mengenai gambar untuk artikel blog.

Seringkali ditemukan para blogger pemula yang tidak (belum) mengetahui tentang isu hak cipta seenaknya saja mencomot, mengcopas dan menggunakan gambar dari blog lain untuk dipasang di dalam artikel blognya. Ini tentu suatu tindakan yang salah. Walaupun si empunya gambar tidak mengetahui bahwa gambarnya diambil seenaknya saja, jangan dikira ini tidak akan menjadi masalah. Google sebagai raksasa mesin pencari dapat dengan mudah mendeteksi seluruh komponen yang menjadi konten blog anda, tak terkecuali gambar. Jadi berhati-hatilah menggunakan gambar yang diambil dari internet. Dear bloggers musti mengecek kembali apa status lisensi hak cipta akan gambar tersebut. Apakah memang boleh digunakan oleh siapa saja ataukah berhak cipta yang melarang penggunaannya di blog-nya dear blogger.


Mengapa Tidak Boleh Sembarangan Mengambil Gambar Di Internet?

Ada alasan-alasan yang menyebabkan sebuah gambar tidak boleh diambil dan dipasang begitu saja di blognya dear blogger. Beberapa diantaranya misalnya gambar tersebut dipajang di sebuah situs untuk diperjualbelikan. Banyak fotografer menjual foto-foto mereka dengan harga bervariasi kepada para pemilik web atau blog. Jadi kalau anda seenaknya saja memasang gambar tersebut, sama saja anda mencuri gambar atau foto yang mungkin saja bagi fotografer yang bersangkutan, uang penjualannya digunakan untuk penghasilan mereka.

Selain itu, sekedar memasang gambar atau foto begitu saja tanpa menyebutkan darimana anda memperoleh gambar tersebut juga dapat mengakibatkan pelanggaran hak cipta. Beberapa fotografer dan situs website yang memajang foto dan gambar-gambar tersebut menerapkan aturan agar anda memberikan linkback (tautan balik) ke situs dan profil fotografer yang bersangkutan.

Di internet, ada banyak sekali situs-situs penyedia gambar gratis dan bebas royalti dan aman digunakan untuk blog milik dear bloggers semua. Tinggal bagaimana kita mencari dan mengubek-ubek situs—situs tersebut untuk menemukan gambar yang sesuai dengan artikel yang mungkin ingin dear blogger tambahkan gambar.

Saya sendiri seringkali menggunakan fasilitas termudah untuk mencari gambar di internet, yaitu google image search. Dengan menggunakan google image (pencarian di google untuk gambar), dear blogger bisa menemukan gambar jenis ini (gratis, bebas royalti, dan aman dipasang diblog karena memiliki label hak cipta creative commons atau cc atribute).

Baca juga: Menulis dan Mempublikasikan Artikel Pertama Anda Di Blog

Bagaimana Cara Mencari Gambar untuk Blog di Google Image Search?

cara mencari gambar untuk blog
cara mencari gambar untuk blog di google image search
Mudah sekali. Dear blogger tinggal memasukkan kaca kunci yang diinginkan di kotak pencarian google. Setelah itu pilih menu image (gambar) yang terdapat di halaman hasil penelusuran (SERPs) nya google. Kemudian saring gambar-gambar tersebut dengan menggunakan menu ALAT PENELUSURAN > HAK PENGGUNAAN > kemudian anda dapat memilih menu dropdown (naik turun) dengan kategori DILABELI UNTUK DIGUNAKAN ULANG DENGAN MODIFIKASI atau dengan kategori DILABELI UNTUK DIGUNAKAN ULANG.


Gambar Artikel Blog Alternatif Dan Berpikir Kreatif

Pada beberapa situasi khusus kadangkala sulit sekali menemukan gambar yang persis berkaitan dengan artikel yang ingin dipublikasikan. Maka untuk mengatasi hal ini, dear blogger dapat melakukan brain storming untuk mencari gambar lain yang mungkin bisa menyimbolkan artikel yang sedang kita tulis.

Misalnya saja, ketika dear blogger ingin mengupload tulisan tentang mandi pagi di sebuah sungai di pegunungan, maka dear blogger dapat mencantumkan gambar secangkir kopi yang mungkin lebih mudah ditemukan di internet. Dear blogger dapat mengakalinya dengan menambahkan sebuah paragraf atau beberapa kalimat yang isinya sebelum mandi pagi minum kopi panas dengan asap mengepul sepertinya akan memberikan kenikmatan tersendiri. 

Atau misalnya ketika anda ingin mempublikasikan artikel yang isinya berupa himbauan agar berhati-hati terhadap aktivitas pencurian konten blog, maka dear blogger dapat mencantumkan gambar simbol “tanda seru” seperti yang terdapat pada rambu lalu lintas yang mungkin lebih mudah ditemukan di internet.

Pada intinya, jika tidak menemukan gambar yang sesuai dan aman secara hak cipta, maka tugas dear blogger adalah berpikir kreatif untuk mencari pengganti gambar yang tidak kalah menarik dengan gambar yang semula diharapkan dapat ditemukan.
Baca Juga: Mengenal dashboard Blogger

Di Mana Mendapatkan Gambar Terbaik Untuk Artikel Blog

Jika dear bloggers ingin tahu sebaik-baik gambar yang bagus dipasang di artikelnya dear blogger itu apa? Maka jawabannya adalah gambar milik dear blogger sendiri. Beberapa gambar dapat dengan mudah dear blogger buat. Misalnya, dengan cara:
  • Memotret sendiri obyek yang sesuai dengan artikelnya dear blogger. Saya sendiri telah menggunakan beberapa gambar yang saya ambil langsung dengan kamera handphone saya untuk blog ini. Setelah kita potret obyek diinginkan, kita tinggal membutuhkan kabel data untuk memindahkan gambar tersebut ke dalam komputer untuk pengeditan dan menguploadnya ke dalam artikel blog.
  • Melukis sendiri di atas kertas, kemudian men-scan-nya (jika dear blogger punya keterampilan untuk ini). Saya, walaupun tidak punya keahlian yang luar biasa, kebetulan juga dianugerahi bakat untuk melukis. Jadi saya gunakan keahlian ini untuk melukis beberapa gambar ilustrasi blog di atas kertas lalu melakukan proses scan untuk mendapatkan gambar ilustrasi tersebut dalam bentuk file jpeg atau gif.
  • Menggambar sendiri obyek yang sesuai dengan artikel di beragam aplikasi yang terinstall di komputernya dear blogger (juga jika punya keterampilan untuk ini). Beberapa aplikasi yang mudah digunakan misalnya paint, fresh paint, photoshop, corel draw, dsb. Bahkan program pengolah kata (microsoft word) pun dapat digunakan jika dear blogger mau mencoba. Saya pribadi beberapa kali menggunakan fasilitas word art yang terdapat dalam MS Word untuk membuat tulisan berwarna dengan beragam bentuk yang kemudian dapat dijepret dengan menggunakan tombol keyboard PRTSC SYSRQ lalu memindahkan screen shoot yang diperoleh ke file jpeg melalui aplikasi photoshop.
  • Membuat tulisan secara kreatif di atas kertas untuk kemudian di scan atau difoto dengan kamera digital atau handphone.
Baca Juga: Cara Membuat Blog Baru Gratis Di Blogspot

Nah. Ada banyak cara bukan untuk memperoleh dan membuat gambar untuk blognya dear bloggers? Jadi jangan sampai melakukan kesalahan karena mencomot dan menggunakan gambar yang melanggar hak cipta untuk blognya dear bloggers.

Oh ya, untuk para senior dipersilakan berbagi trik atau tipsnya di kolom komentar tentang bagaimana memperoleh gambar gratis, bebas royalti, dan aman secara hak cipta untuk para newbie blogger semua. Semoga artikel ini bermanfaat. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...