Tips Terbaru untuk Meningkatkan Traffic Blog Anda

tips meningkatkan traffic blog
Sudah mengaplikasikan SEO untuk blog anda? (credit: Svilen001)

Gunakan Tips Berikut untuk Meningkatkan Traffic Blog Anda

Bloggers, semua orang yang menulis di blog tentunya ingin mendapat traffic yang bagus. Kalau bisa tentu traffic yang diperoleh bermutu (sesuai dengan audien yang ditarget) sehingga tujuan blogging dapat dicapai, misalnya adanya peningkatan klik pada iklan PPC atau penjualan online yang anda lakukan. Ada beberapa tips yang mungkin dapat anda terapkan untuk tujuan ini, yaitu:

Manfaatkan Statistik Blog

Apa manfaat statistik blog? Dengan mengamati dan mempelajari statistik blog, anda akan lebih obyektif dalam melihat data-data. Gunakan statistik blog yang dapat dipercaya semisal google analytics. Melalui fasilitas ini anda dapat melihat artikel yang mana lebih menarik minat pengunjung dan berhasil menempati posisi bagus di SERPs (hasil pencarian google). Anda juga dapat melihat data-data lain, semisal berapa lama waktu yang dihabiskan pembaca blog anda pada artikel tersebut. Apa mereka hanya sekedar melihat sekilas atau benar-benar tertarik membacanya. Statistik dapat memberikan gambaran bagaimana peta kekuatan dan kelemahan anda. Dengan statistik pula, anda dapat merancang mau dibawa ke arah mana pengembangan blog anda ke depannya.



Gunakan Sosial Media

Sosial media seperti facebook, google plus, dan twitter mampu membantu anda dalam mempromosikan artikel-artikel di blog anda. Tidak jarang traffic blog justru datang dalam jumlah besar dari sosial media. Rajinlah selalu mengupdate status anda di sosial media yang isinya adalah konten atau artikel blog anda. Buatlah kata-kata pembuka yang menarik sehingga pengikut anda di sosial media tertarik untuk mengklik link yang dilampirkan dan akan mengarahkan mereka ke blog anda.

Lakukan Penelitian Kata Kunci

Dear bloggers, riset kata kunci cukup penting dilakukan. Sesekali tentu anda dapat menulis artikel tanpa melakukannya. Akan tetapi, dengan melakukan riset (penelitian) kata kunci mana yang mempunyai tingkat persaingan lebih rendah tetapi cukup banyak dicari akan memberi peluang kepada anda untuk menulis artikel yang mudah mendapatkan posisi bagus di search engine. Saran saya, pilihlah kata kunci dengan tingkat persaingan medium atau rendah (low) tetapi dengan jumlah pencarian yang tinggi atau cukup (medium) di search engine.
Baca artikel tentang: Cara Memilih Kata Kunci untuk Blog Anda

Tulis Artikel yang Bermanfaat

Content is King. Siapapun yang menyalakan laptop atau komputernya, lalu melakukan koneksi dengan internet dan seterusnya mengetik suatu kata kunci di search engine tentunya adalah orang yang sedang membutuhkan informasi yang bermanfaat. Jadi, jika artikel anda bisa menjawab kebutuhan orang tersebut dan memenuhi standar artikel yang SEO friendly, tentunya mereka akan dapat menemukan dan mencapai artikel di blog anda. Tulislah artikel yang bermanfaat sehingga mereka mendapatkan sesuatu yang berharga dari blog anda. Adalah hal yang kurang tepat ketika anda berharap mendapatkan traffic yang besar dari tulisan yang hanya berisi unek-unek anda, atau hal lain yang tidak ada faedahnya bagi orang lain. Mungkin artikel dari +Ricky Pratama  tentang Artikel Berkualitas Standar SEO dapat bermanfaat untuk dibaca.

Beri Kemudahan Bagi Pembaca untuk Membagi Artikel Anda

Secara default, semua platform blog telah dilengkapi dengan berbagai tombol untuk membagi artikel blog ke beragam sosial media. Akan tetapi, kadang-kadang ketika anda menggunakan template yang bukan template bawaan, tombol untuk berbagi artikel ini dihilangkan oleh sang desainer template. Nah, sayang sekali jika tombol-tombol ini tidak terdapat di template blog anda. Jadi pastikan bahwa anda memberikan kemudahan kepada pembaca yang mungkin ingin membagi konten dan artikel anda dengan memastikan tombol-tombol tersebut tersedia di bagian bawah atau di atas artikel anda.

Berinteraksi dengan Blogger Lain

Lakukan interaksi dengan blogger lain misalnya dengan cara berkomentar secara bijak di blog mereka. Blogger yang baik selalu rajin berkunjung ke blog sahabat. Dengan cara ini, secara tidak langsung anda telah melakukan promosi dan membangun link (link building) yang penting untuk menunjang eksistensi blog-nya dear bloggers.
Baca artikel tentang: Tips Membangun Link Terbaru (2014)

Hubungkan Profil Anda dengan Blog Anda

Sudahkah blognya dear bloggers terhubung dengan akun (profil) google plus? Jika belum, sebaiknya dear blogger baca dulu artikel ini: Cara Menautkan Akun Google+ dengan Blog. Profil google+ blogger penting untuk ditautkan dengan blog sehingga anda dapat memperoleh google authorships. Saat ini google telah dan terus membangun algoritma yang menjadikan google authorships sebagai salah satu faktor penting dalam menentukan ranking hasil pencarian google. Jika anda belum melakukannya, berarti anda telah ketinggalan selangkah dari blogger lain. Jangan tunda lagi, karena bahkan kabar terbaru dari +Matt Cutts  dalam video terakhirnya mengatakan google justru berencana akan semakin mengurangi faktor backlink dan lebih mengutamakan google authorships untuk perankingan di search engine google. Baca artikel dari SearchEngineLand berikut untuk lebih jelasnya: Over Time Backlinks Will Become Less Important.

Konsisten Menulis dan Jangan Mudah Menyerah

Ini adalah faktor yang ada dalam diri anda sendiri dear bloggers. Seringkali blogger pemula patah semangat karena blognya selalu sepi pengunjung. Tampaknya seperti tidak ada peningkatan traffic sama sekali. Jika anda mengalami ini, jangan berhenti menulis. Konsisten dan tulislah artikel yang bermanfaat bagi pembaca anda.

Oke dear bloggers, demikia tips kali ini tentang bagaimana meningkatkan traffic blog anda. Semoga bermanfaat. Dan seperti biasa, kepada para blogger silakan memberikan komentar baik tambahan tips atau saran lainnya. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...