Tips Berolahraga Saat Berpuasa

Tips Berolahraga Saat Berpuasa



Ibadah puasa bukan alasan anda meninggalkan aktivitas positif sehari-hari yang telah menjadi jadwal rutin anda sehari-hari seperti berolahraga. Hanya saja, olahraga yang anda lakukan memang harus disesuaikan agar tidak mengganggu ibadah puasa anda. Berikut beberapa tips yang dapat anda perhatikan agar aktivitas berolahraga pada saat anda menajalankan ibadah puasa tetap efektif.

Jenis Olahraga

Apabila anda sedang berpuasa, ada baiknya anda memilih jenis olahraga yang tidak terlalu menguras energi. Ini penting agar anda tidak menjadi lemas atau sakit karena jenis olahraga yang dilakukan terlalu berat. Bersepeda, jogging, atau senam adalah pilihan yang bijak. Walaupun ringan, jenis olahra seperti ini tetap dapat membuat seluruh otot-otot anda bekerja dengan baik. selain itu juga murah meriah dan tidak memerlukan tempat dan alat-alat khusus. Yang terpenting, tidak menguras tenaga terlalu banyak saat anda sedang berpuasa.

bersepeda santai saat puasa
Bersepeda santai dan ibadah puasa

Kurangi Durasi

Jika biasanya anda berolahraga 2 jam sehari, maka pada saat berpuasa anda sebaiknya mengurangi durasinya misalnya menjadi 1 ½ jam atau 1 jam saja. Ini sudah cukup. Yang terpenting anda tetap berolahraga. Mengurangi durasi tentu dimkasudkan agar tubuh anda tetap fit dan tidak menjadi terlalu lelah hingga saat waktu berbuka tiba. Olahraga yang terlalu lama dan terlalu berat dapat mengakibatkan terlalu banyak keringat yang keluar dari tubuh pada saat pendinginan suhu tubuh anda. Jika terlalu banyak keringat yang keluar maka anda akan mengalami dehidrasi dan merasa haus. Itulah yang menyebabkan tubuh menjadi lemas. Mekanismenya sama seperti saat tumbuhan layu karena kekurangan air.

Waktu Berolahraga yang Ideal

Kapan waktu yang paling ideal untuk berolahraga saat menjalankan ibadah puasa? Waktu berolahraga yang terbaik saat sedang berpuasa adalah sore hari. Anda bisa melakukan olahraga dengan durasi dipersingkat seperti telah diuraikan di atas setelah shalat Ashar atau sesaat sebelum menyiapkan menu berbuka untuk keluarga anda. Dengan demikian, ketika anda banyak berkeringat dan kehilangan air dari sel-sel tubuh anda, segera dapat tergantikan pada saat berbuka puasa beberapa jam berikutnya. Selain sore hari, sebenarnya anda juga dapat melakukan olahraga ringan pada saat pagi hari jika anda tidak punya banyak kegiatan pada siang harinya.



Cukupi Kebutuhan Nutrisi

Berolahraga di bulan puasa membutuhkan energi ekstra. Karena itu, anda harus memenuhi kebutuhan nutrisi anda dengan bijak. Menu makanan anda, walaupun sederhana dan tidak mahal, seharusnya dapat mencukupi unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin, air, dan mineral. Karbohidrat dalam bentuk zat tepung (amilum) dan lemak adalah sumber energi yang penting saat berpuasa karena dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama untuk menguraikannya. Keduanya adalah sumber energi yang anda butuhkan saat siang hingga sore hari. Beda dengan zat gula yang pengubahannya menjadi energi berlangsung lebih cepat. Protein, vitamin, mineral, dan air penting untuk membuat tubuh anda tetap fit dan bugar. Bahan-bahan ini adalah zat pengatur metabolisme yang sangat dibutuhkan tubuh. Kekurangan bahan-bahan ini dapat mengakibatkan metabolisme atau reaksi-reaksi kimia penting dalam tubuh terganggu dan mengakibatkan kesehatan terganggu.

Demikian beberapa tips berolahraga pada saat berpuasa. Anda punya tips lain yang mungkin juga dapat dipertimbangkan untuk dipakai pembaca blog ini? Silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah tulisan ini. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin tetap berolahraga selama berpuasa. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...