Tips Mengajarkan Perilaku Hidup Sehat untuk Anak

Tips Mengajarkan Perilaku Hidup Sehat untuk Anak

Anda punya anak di rumah dan ingin mereka memiliki kebiasaan hidup sehat? Silakan ikuti tips berikut ini sehingga membantu mereka mengembangkan kebiasaan hidup sehat sedari dini.

Tips Perilaku Hidup Sehat untuk Anak yang Pertama: Biasakan Cuci Tangan

Sediakan selalu sabun cuci tangan di dekat wastafel atau keran untuk cuci tangan. Aktivitas cuci tangan dapat dilakukan setelah mereka melakukan suatu kegiatan tertentu, misalnya setelah beraktivitas di luar rumah seperti halaman atau kebun. Ajari anak untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Berikan contoh bahwa mencuci tangan itu memerlukan waktu paling tidak 20 detik atau 30 detik saja. Contohkan pula bagaimana menggosok punggung tangan, telapak tangan, hingga sela-sela jari dan kuku.

Tips Perilaku Hidup Sehat untuk Anak yang Kedua: Memotong Kuku Secara Teratur

Karena anak-anak aktif dan suka memegang benda-benda saat bermain (bahkan saat berada di halaman), maka kuku anak adalah bagian tubuh mereka yang sangat mudah kemasukan kotoran dan kuman. Karena itu, ajaklah anak memotong kuku secara teratur. Agak kuku mudah dipotong, sebaiknya pemotongan dilakukan sesudah selesai mandi, baik sore ataupun pagi hari. Kuku anak dapat dipotong 2 kali seminggu, atau menyesuaikan tergantung kecepatan pertumbuhan kuku yang dapat berbeda-beda pada setiap anak. Beri tahu mereka bahwa kuku yang panjang mudah sekali ditempati kotoran dan kuman yang merupakan sumber bermacam penyakit.

Tips Perilaku Hidup Sehat untuk Anak yang Ketiga: Gosok Gigi Bersama-Sama

Pada malam hari sebelum tidur, aktivitas menggosok gigi secara bersama (ayah, ibu, dan kakak) dapat menjadi aktivitas rutin yang mengasyikkan. Tentu gosok gigi tidak hanya dilakukan pada malam hari menjelang tidur, tetapi juga dilakukan pada saat mandi pagi. Cuma, kegiatan gosok gigi bareng yang mengasyikkan akan membekas dan menjadi kebiasaan yang tidak akan ditinggalkan anak apabila sudah menjadi kebiasaan. Gosok gigi pada malam hari sangat penting karena anak-anak suka sekali makanan yang manis yang dapat menjadi asam karena aktivitas flora alami mulut, yang akhirnya menyebabkan gigi keropos dan berlubang. Agar gosok gigi anak efektif, gunakan pasta gigi khusus untuk anak. Biarkan mereka memilih sendiri warna dan citarasa (biasanya rasa buah tertentu) yang mereka sukai. Gunakan juga sikat gigi khusus untuk anak dengan bulu yang lembut.



Tips Perilaku Hidup Sehat untuk Anak yang Keempat: Bangun Pagi

Jika anak tidur dengan baik dan nyenyak, mereka akan dapat bangun pagi. Anda dapat membiasakan mereka dengan membangunkannya secara lembut. Sebagai catatan, anak memerlukan waktu tidur yang lebih lama yaitu sekitar 10 jam. Jadi kalau mereka sudah tidur pada jam 8 malam, tentu mereka sudah dapat dibangunkan pada jam 6 pagi. Pergi tidur dan bangun tidur secara teratur akan membuat akan terbiasa dengan penjadwalan. Ini sangat baik untuk kesehatan mereka.

Tips Perilaku Hidup Sehat untuk Anak yang Kelima: Beraktivitas Pagi

Setelah bangun tidur pada pagi hari, jangan biarkan anak anda bermalas-malasan. Segera ajak mereka melakukan aktivitas fisik ringan. Mungkin anda dapat mengajak mereka senam pagi atau sekedar menyapu daun-daun yang berjatuhan di halaman rumah. Mereka juga dapat diminta melakukan berbagai pekerjaan ringan lainnya seperti merapikan tempat tidur dan mengangkut cucian bekas pakaian kotor mereka ke dekat mesin cuci atau sumur.

Tips Perilaku Hidup Sehat untuk Anak yang Keenam: Mandi Pagi

Sesibuk apapun anda, sempatkanlah untuk membiasakan anak anda mandi pada pagi hari. Kalau anda seorang pekerja, jangan tinggalkan anak dalam keadaan belum mandi saat akan berangkat kerja. Pada mulanya, anak mungkin mengeluh karena tidak suka. Mandi pagi sebenarnya sangat bagus untuk melancarkan peredaran darah anak. Sedikit kedinginan tidak mengapa. Tetapi kalau anda khwatir, anda dapat menggunakan sedikit air panas. Saat mandi, ajari mereka menggosok bagian-bagian tubuh dengan lipatan kulit sebagai bagian yang lebih ekstra diperhatikan. Misalnya saja, bagian belakang telinga, ketiak, leher, belakang lutut dan sela-sela jari kaki.

Tips Perilaku Hidup Sehat untuk Anak yang Ketujuh: Makan Makanan Sehat

Saat sekarang beragam jajanan yang tidak atau kurang sehat banyak terdapat di sekitar anak kita. Mulai dari makanan cepat saji hingga beragam makanan ringan. Selain mengandung bermacam-macam zat pengawet, pewarna, pemanis buatan, (bahkan zat berbahaya yang tidak seharusnya untuk ditambahkan pada makanan) makanan ini juga dapat membuat nafsu makan anak menjadi hilang. Sistem saluran pencernaan anak juga dapat terganggu. Karena itu ajari anak untuk memilih makanan sehat. Usahakan untuk selalu mengontrol jajanan yang mereka makan (jika anak sudah bisa membeli jajanan sendiri).

Tips Perilaku Hidup Sehat untuk Anak yang Kedelapan: Berikan Teladan

Dalam kehidupan anak, teladan atau contoh dari orang tua atau orang dewasa lainnya yang ada di sekitar mereka sangat penting. Mereka mudah sekali mengikuti perilaku orang dewasa. Oleh karena itu, ketika anda berada di samping anak berilah selalu contoh-contoh penerapan gaya hidup sehat. Terbiasa melihat anda dengan kebiasaan hidup sehat, maka mereka juga akan ikut melakukannya dengan sendirinya.

Nah, demikian beberapa tips bagaimana cara mengajarkan perilaku hidup sehat kepada anak-anak. Semoga bermanfaat, dan apabila anda mempunyai tips lain yang berkaitan, silakan menambahkannya pada kolom komentar. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...