Tips Mengatasi Kegugupan atau Nervous

Tips Mengatasi Kegugupan atau Nervous


Chika tampak gelisah. Sebentar lagi acara akan dimulai. Acara penting dalam kalender sekolah karena hanya diadakan setahun sekali: Acara Perpisahan Siswa Kelas IX. Ia diminta menjadi MC (Master of Ceremony) oleh beberapa orang guru. Awalnya ia amat senang karena penampilannya di atas panggung acara akan ditonton banyak orang. Ini Kesempatan yang bagus untuk tampil. Ia telah banyak berlatih. Tetapi kini saat acara akan dimulai, ia mulai nervous. Tangannya mulai berkeringat dan jantungnya mulai berdegup kencang. Duduk rasanya tidak nyaman dan beridiripun rasanya kurang enak. Gaun putihnya mulai terasa basah. Ia mulai menarik-narik ujung lengan gaunnya dan membuat gerakan-gerakan kaku yang tak wajar.

Pernah nervous juga? Pasti deh... saya yakin anda pernah mengalami kegugupan atau nervous. Mungkin karena anda bakal ketemuan sama si dia yang merupakan gebetan anda, atau bakal ketemu calon mertua, atau mau wawancara kerja, atau bakal naik panggung macam cerita pembuka di atas. Itu hal yang sangat wajar. Manusiawi banget.

Jika saat ini anda sedang nervous karena sesuatu hal, mungkin tips berikut dapat anda manfaatkan untuk mengurangi bahkan meredakan kegugupan atau perasaan nervous anda.

tips mengatasi gugup nervous

Tarik Napas Dalam Beberapa Kali

Seorang yang sedang nervous seringkali tanpa sadar menarik napas secara tak beraturan. Karena itu, ia dapat kekurangan oksigen dan menyebabkan otot-otot tubuhnya menjadi lebih tegang dari saat-saat normal. Ini tentu dapat menyebabkan perasaan menjadi semakin tak nyaman. Denyut jantung menjadi lebih cepat dan tak teratur. Untuk membantu meredakan ini dan menenangkan pikiran, tariklah napas dalam dan panjang beberapa kali. Biasanya dengan menarik napas panjang dan dalam degupan jantung dan rasa gugup akan sedikit mereda. Oh ya, jangan panik jika ini belum berhasil. Masih ada tips selanjutnya.



Selalu Ada Saat-Saat Pertama

Sudah pernah mengalami nervous yang begitu dahsyat seperti sekarang ini? Pasti deh. Ingat-ingat lagi, kapan itu dan bagaimana akhirnya? Semua berjalan dengan baik bukan? Ingatlah, mungkin ini adalah saat pertama kali anda ketemu dengan si pencuri hati anda, mungkin ini adalah pertama kali anda bertamu ke rumah mertua, dan kemungkinan saat-saat pertama lainnya (seperti Chika yang pertama kali naik panggung untuk menjadi MC acara perpisahan siswa kelas IX). Dalam hidup ini, kita semua pasti akan mengalami saat-saat pertama. Jadi bersikaplah wajar. Enyahkan perasaan tidak nyaman anda. Nervous akan berangsur hilang bila anda dapat rileks dan tenang.

Bayangkan Kesuksesan

Membayangkan bahwa anda akan meraih kesuksesan secara psikologis juga dapat membantu anda menjadi lebih tenang. Membayangkan kesuksesan adalah bentuk lain dari kepercayaan diri. Ketika rasa percaya diri telah memenuhi dada anda, maka degup jantung yang semula seperti genderang perang akan menjadi lebih tenang. Buatlah bayangan bahwa penampilan anda, bahwa semua yang telah anda rencanakan dan rancang akan berjalan dengan sukses.

Anda Sudah Siap

Anda telah melakukan ‘prepare’ bukan? Nah, jika memang anda telah mempersiapkan diri sebelumnya, mengapa harus nervous dan gugup? Semua persiapan yang anda lakukan, misalnya melalui latihan, membuat skenario, skenario alternatif jika terjadi sesuatu, akan membuat rasa gugup tak seharusnya hadir dalam perasaan anda.

Jangan Takut Melakukan Kesalahan, Jikapun Nanti Terjadi Anda Akan Cuek Saja

Bagaimana jika nantinya saya melakukan kesalahan dan membuat kekacauan? Ah, rileks saja. Santai. Jikapun nanti anda melakukan kesalahan, itu adalah hal yang wajar. Salah itu sifat manusia. Tak ada yang sempurna. Jadi bila nanti saat anda beraksi, terjadi kesalahan atau kekeliruan, bersikaplah wajar dan santai. Cuek. Karena jika anda gelagapan dan salah tingkah, justru akan membuat kesalahan itu menjadi semakin besar dan semakin tampak jelas.

Buat Antisipasi atau Skenario Alternatif

Kadang-kadang segala persiapan dan rencana yang dibuat tidak dapat berjalan dengan semestinya. Ada-ada saja kadang-kadang hambatan atau kejadian tak terduga yang membuat rencana dan skenario anda tidak jalan. Oleh karena itu, selalulah mempersiapkan langkah-langkah alternatif, atau skenario alternatif. Intinya, anda punya rencana B ketika rencana A tidak jalan. Mempersiapkan antisipasi akan membuat perasaan anda lebih tenang dan mengusir rasa gugup atau nervous.

Bagaimana? Sudah gak gugup lagi? Mudah-mudahan ya. Atau mungkin anda punya tips dan trik lainnya untuk mengatasi nervous atau rasa gugup yang berlebihan? Silakan dibagi di kolom komentar di bawah. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...