Tips Menghadapi Kritik Pedas

Tips Menghadapi Kritik Pedas


Pernah dikritik dengan pedas? Wah... pastinya kan? Bagaimana perasaan anda waktu itu? Sakit hati? Marah? Jengkel dan kesal dengan si pemberi kritik? Atau biasa saja? Setiap orang memang punya respon khas terhadap kritikan pedas. Tergantung pada kemampuan menata emosi dan kemampuan berpikir dewasa dan jernih. Kritik pedas yang ditunjukkan kepada anda mungkin ada benarnya, karena itu, bersiaplah selalu jika kritik pedas tiba-tiba terlontar kepada anda dari orang-orang di sekitar, di tempat kerja, atau bahkan oleh orang terdekat yang anda cintai.

Kritik itu walaupun lebih keras dibanding saran, pada dasarnya mirip saja. Hanya mungkin cara orang menyampaikan kepada anda yang berbeda. Oleh karena itu, ia sangat bermanfaat untuk membangun diri anda.

Beberapa tips berikut mungkin dapat membantu anda memanajemen emosi dan menjadikan kritikan pedas yang terlontar kepada anda menjadi bermanfaat dan bukannya menjatuhkan anda. Mari kita simak:

tips menghadapi kritik pedas

Nikmati Kritik

Berkata memang mudah. Mungkin demikian respon anda ketika membaca kalimat pendek di atas: “nikmati kritik”. Eit... tapi ini benar dan serius. Anda harus belajar menikmati kritik. Pernah lihat publik figur yang dikritik media massa atau fans, atau masyarakat? Mereka justru tampak menikmatinya. Begitulah seharusnya anda. Memang para publik figur yang sering memicu kontroversi itu acap kali mendapatkan kritik pedas dari orang-orang. Tetapi mereka dapat menikmatinya sebagai bagian dari perjalanan karier dan kehidupan. Ayo, jika anda dikritik, bersikaplah seperti mereka itu, nikmati saja.



Kritik Itu Dibutuhkan

Kalau ada orang yang menganggap kritik adalah racun, berarti orang tersebut belum dewasa dan tidak dapat berpikir jernih. Orang itu terlalu emosional dan tidak bisa mendudukkan suatu permasalahan dengan baik dan benar. Jangan menjadi orang semacam ini. Saya, anda, dan orang-orang di sekitar anda membutuhkan kritikan. Kritik adalah bentuk kontrol terhadap anda. Bila anda pandai melihat sisi-sisi positif sebuah kritik, maka anda telah menjadi orang hebat dan akan terus tumbuh menjadi semakin hebat. Biasakan menikmati kritikan orang lain dan jangan begitu alergi sampai sakit demam gara-gara dikritik dengan pedas. Lama-lama, anda akan merasa bahwa kritik amat dibutuhkan dalam kehidupan anda. Hadapi dengan senyuman dan ambil keuntungan dari kritikan yang diberikan.

Tandanya Mereka Peduli

Jika hari ini anda dikritik dengan sangat pedas oleh orang-orang yang selalu ada di samping anda selama ini, itu berarti mereka sangat menyayangi anda. Dan mereka peduli. Kritik adalah bukti bahwa mereka menyayangi anda. Mereka ingin anda membuat langkah yang benar dan tidak keliru. Apakah anda tidak suka diberi perhatian? Tentu tidak bukan. Jadi biasa sajalah. Tata emosi anda dengan baik, dan camkan dalam diri anda bahwa mereka peduli dengan anda.

Perbaikilah Diri

Ketika anda sudah dapat menerima kritik dan menikmatinya, maka tahap selanjutnya bagi anda adalah merefleksi diri anda untuk melihat secara lebih mendalam mengenai kritikan itu. Apa sebabnya orang mengkritik anda dengan pedas. Apakah itu hanya efek ketidaksukaan mereka (iri hati) kepada anda, atau memang anda telah melakukan suatu hal yang mencederai orang lain. Jadikan kritik sebagai bahan untuk menelusuri langkah-langkah dan keputusan-keputusan yang telah anda buat dan mempengaruhi orang lain. Lihat sumbernya, dan jadikan itu sebagai salah satu cara membangun diri anda menjadi lebih baik. Setiap orang membutuhkan kritik, bahkan yang pedas sekalipun. 

Punya tips lain dalam menghadapi kritikan pedas? Silakan berbagi di kolom komentar di bawah. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...