Cara Membuat Kertas Seni untuk Media Puisi

Kertas Bekas untuk Media Puisi
Kertas Bekas untuk Media Puisi

Cara Membuat Kertas Seni untuk Media Puisi


Anda suka menulis puisi? Atau anda adalah guru pembimbing untuk bidang kreativitas siswa semacam ekstrakurikuler mading (majalah dinding) di sekolah? Mungkin papercraft yang satu ini cocok digunakan saat akan membuat kertas seni untuk media puisi. Cara pembuatan papercraft ini mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk anda dan anak didik anda.

Kertas Seni (Art Paper) dari Kertas Bekas untuk Media Puisi

Menulis puisi untuk ditampilkan kepada khalayak seperti publikasi pada majalah dinding (mading) siswa memerlukan media yang menarik. Media yang dimaksud di antaranya adalah kertas seni (art paper) yang dibuat sendiri oleh siswa secara mudah dan murah. Mudah, karena papercraft ini hanya diperlukan sedikit usaha untuk melakukannya ditambah sedikit kreativitas. Murah, karena bahan art paper atau kertas seni untuk media menulis puisi ini adalah kertas bekas yang sudah tidak terpakai lagi, yang mungkin bagi sebagian orang akan dibuang begitu saja. Jadi, selain bermanfaat untuk kegiatan siswa dalam berkreasi, kegiatan membuat kertas seni ini juga bermanfaat bagi lingkungan. Bayangkan saja berapa banyak pohon yang terselamatkan (bahan pembuatan kertas adalah pohon) karena kita memanfaatkan kertas bekas.



Cara Membuat Kertas Seni untuk Media Puisi pada Mading dari Kertas Bekas

Lihatlah kertas seni untuk media puisi pada gambar di atas, menarik bukan? Bagaimana cara membuatnya? Susahkah?

Membuat Kertas Seni untuk Media Puisi pada Mading
Alat dan Bahan
Membuat kertas seni seperti di atas sangat mudah. Mari kita ikuti bagaimana caranya.
  1. Siapkan kertas bekas yang diperlukan. Tidak perlu berukuran besar. Boleh menggunakan yang robek-robek sekalipun. Bahkan potongan-potongan kecil bisa membuat kertas seni anda menjadi tampak artistik.
  2. Siapkan pula pensil, spidol, lem kertas, gunting atau cutter, dan mungkin juga penggaris (tergantung desain yang ingin dibuat).
  3. Bayangkan bentuk akhir kertas seni yang akan anda buat. Ini akan membantu anda menggambar bagian-bagian ornamen penghias kertas seni anda.
  4. Gambarlah setiap bagian (elemen) penghias kertas seni pada kertas bekas. Pilih warna yang kira-kira cocok dan kontras satu sama lain. anda dapat menebalkannya dengan spidol untuk mempertegas garis pola yang anda buat. Misalnya membuat siluet wajah seorang perempuan, dan beberapa buah bentuk hati pada kertas berwarna merah menyala.
  5. Gunting pola yang sudah dibuat secara hati-hati sehingga bekas potongan menjadi rapi.
  6. Tempelkan pada selembar kertas lainnya yang mempunyai warna kontras sambil mengatur posisinya sesuai rancangan atau desain anda.
  7. Rapikan tepi kertas agar bekas guntingan atau sobekan menjadi rata, juga agar kertas seni membentuk persegi empat.
  8. Nah, jadilah kertas seni anda.

menggunakan kertas bekas untuk membuat kertas seni media puisi
menggambar pola pada kertas bekas untuk membuat kertas seni media puisi
Membuat Kertas Seni untuk Media Puisi menggunakan kertas bekas
Beberapa contoh desain kertas seni untuk media puisi dari kertas bekas

Tips:

Eksplorasilah dalam membuat pola dan desain papercraft ini. Barang-barang di sekitar anda dapat menjadi inspirasi. Misalnya, anda dapat meniru bentuk stabillo (highlighter) vas bunga, awan dan matahari, siluet rumput, siluet botol, atau apa saja. Kadang-kadang inspirasi bisa juga didapat dari isi (kandungan) puisi yang akan ditulis di atas kertas seni itu. Misalnya pada contoh di atas, ketika puisi yang ingin dituliskan ke media kertas seni berjudul journey (perjalanan), maka kita dapat menggambar pola sebuah kaki bercelana jeans biru dengan sepatu berwarna merah. Intinya, yang penting adalah daya imajinasi anda dalam membuat desain. Bahkan kadang-kadang sobekan-sobekan kertas yang tak beraturan ketika  disatukan dapat membentuk desain yang indah.

Bagaimana? Bisakah anda membuat kertas seni (art paper) untuk puisi yang anda tulis sehingga waktu dipajang akan lebih menarik minat pembaca pada mading di sekolah atau kelas anda? Selamat berkreasi dan berimajinasi membuat kertas seni untuk media puisi dari kertas bekas. Enjoy it. Wassalam.

Baca juga:
Membuat Ular Kertas untuk Anak-Anak dari kertas Bekas
Ide Kreatif Penggunaan Kantong Plastik Bekas (Sederhana, Bermanfaat dan Mudah)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...