Delima dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

delima dan manfaatnya bagi kesehatan
delima adalah tumbuhan yang kaya manfaat bagi kesehatan

Delima dan Manfaatnya


Anda pasti tahu delima bukan? Tumbuhan buah yang satu ini memang terkenal. Di daerah saya, buah delima sering dicari oleh ibu-ibu hamil, karena dipercaya banyak orang dapat membuat bayi yang dikandung akan terlahir sehat dan cantik. Anda tidak percaya? Tidak apa-apa, ini mungkin hanya mitos saja. Tetapi yang jelas tumbuhan yang dapat mencapai ketinggian 4 – 8 meter ini memang mempunyai banyak manfaat.

Jika kita mengamati daging buah yang berupa selaput biji itu, ternyata mempunyai variasi warna. Kita dapat menemukan delima dengan warna salut biji merah, merah muda, putih, hingga ungu. Delima yang mempunyai nama ilmiah Punica granatum atau Punica malus L ini diduga berasal dari Timur Tengah, tepatnya dari Iran. Hingga kini telah menyebar ke berbagai belahan dunia, hingga tumbuh cukup baik di negeri kita Indonesia (walaupun tak sebaik di tempat asalnya). Anda dapat menanam delima dengan menyemai bijinya yang telah dijemur selama beberapa hari, atau melalui pencangkokan, stek batang, atau tunas akar.



Beberapa manfaat delima, biasanya didapatkan dari buahnya, walaupun sebagian obat herbal dibuat dari daun, akar, kulit buah, hingga biji. Manfaat delima bagi kesehatan antara lain:
  1. Pembersih kulit. Jika dibuat pasta dan dilulurkan ke kulit wajah dan tubuh, maka delima dapat berfungsi sebagai pembersih yang menyegarkan kulit.
  2. Mengurangi peradangan kulit. Pada bagian yang mengalami peradangan kulit, pasta buah delima dapat membantu menguranginya.
  3. Mengurangi resiko menderita penyakit alzheimer (pikun) pada orang lanjut usia
  4. Mengobati radang tenggorokan. Jus buah ini sangat baik untuk mengobati radang tenggorokan.
  5. Kandungan vitamin C nya yang tinggi dapat mengobati sariawan.
  6. Mengatasi kolesterol yang tinggi dalam darah karena kaya akan antioksidan.
  7. Mengobati tekanan darah tinggi
  8. Mengatasi gangguan perut seperti kembung
  9. Mengobati cacingan
  10. Menurunkan berat badan bagi orang yang menderita obesitas (kegemukan)
  11. Mengatasi gangguan jantung. Kandungan flavonoidnya yang tinggi dapat membantu mengatasi gangguan pada jantung.
  12. Membantu mencegah kanker baik kanker kulit maupun kanker prostat atau gangguan kelenjar prostat yang ditandai salah satunya dengan sering kencing pada laki-laki.
  13. Menjaga kesehatan gigi
  14. Mengobati rematik
  15. Mengatasi kurang darah (anemia)
  16. Membantu mengatasi diabetes
Baca: Daftar Tumbuhan Obat untuk Penyakit Kanker

Ternyata banyak sekali kan manfaat tumbuhan delima ini. Apakah anda juga mengetahui manfaat lainnya dari delima? Silakan berbagi di kolom komentar. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...