Ide Kreatif Penggunaan Kantong Plastik Bekas

Ide-ide kreatif sederhana penggunaan kantong plastik bekas
Ide-ide kreatif sederhana penggunaan kantong plastik bekas

Ide-ide kreatif sederhana penggunaan kantong plastik bekas


Kantong plastik sepertinya merupakan hal yang sangat lumrah di keseharian kita. Kita menggunakannya saat belanja di pasar, lalu membuangnya begitu saja. Sadarkah anda bahwa kantong plastik (kresek) itu sangat mencemari tanah dan air di lingkungan kita. Meskipun bentuknya tipis dan ringan, kantong plastik terbuat dari bahan sintetis yang tidak mudah diuraikan oleh bakteri melalui proses pembusukan. Ia akan bertahan hingga belasan atau puluhan tahun sebelum benar-benar hancur tak bersisa. Banyak lahan di sekitar kita rusak karena tanahnya dicemari sampah kantong plastik yang karena murah dan nilai praktisnya membuatnya banyak dipakai dan dibuang. Ini belum ditambah beragam kemasan makanan atau produk lainnya yang juga menggunakan plastik.

Berikut ini ada beberapa ide sederhana dan kreatif untuk membantu lingkungan kita tetap bersih dari kantong plastik bekas. Mari kita lihat, siapa tahu belum ada di pikiran anda sebelumnya.


Kantong anti hujan dan becek

Jika musim hujan tiba, siap-siaplah berbasah-basah. Oh... terutama jika anda bepergian naik motor. Jas hujan mungkin tak dapat melindungi seluruh bagian tubuh anda, terutama bagian sepatu dan tas di punggung anda. Saya selalu membawa kantong kresek di tas jika musim penghujan. Kantong plastik ukuran sedang. Gunakan kantong plastik bekas ini untuk melapisi sepatu anda. Caranya gampang, masukkan saja kaki bersepatu anda ke dalam kantong plastik, lalu ikat dengan erat agar air hujan tidak mudah masuk melalui batas pergelangan kaki anda. Ini akan mengamankan anda dari sepatu dan kaus kaki basah yang bisa membuat kaki anda kedinginan dan mengembang serta menjaga sepatu tetap bersih. Trik ini juga dapat dipakai jika anda harus berjalan melewati jalanan becek. Hanya saja, selalu siapkan kantong plastik berlebih agar anda dapat menyimpan sementara kantong plastik yang tadi digunakan untuk sepatu, untuk kemudian dibuang di bak sampah.

Sarung tangan

Beberapa jenis pekerjaan mungkin memerlukan sarung tangan. Dan terkadang, kita tidak menyiapkannya. Beberapa pekerjaan yang mungkin membutuhkan sarung tangan misalnya memungut sampah, mengisi tinta spidol atau printer. Nah, gunakan kantong plastik ukuran kecil atau sedang untuk pekerjaan ini. Sarungi tangan anda dengan kantong plastik bekas. Kantong plastik dapat menjaga tangan anda tidak berlepotan tanah, tinta, atau sampah basah.
Baca juga: Tips Mengisi Ulang Tinta Spidol tanpa Harus Berlepotan

Membuat parasut mainan anak

Jika anda punya anak laki-laki umur 5 – 10 tahun, mungkin bisa diajak membuat membuat mainan sendiri. Salah satunya adalah mainan parasut. Caranya gampang sekali. Ambil kantong plastik bekas ukuran besar, lalu belah untuk membentangkannya. Potong kantong plastik berbentuk lingkaran (boleh juga bentuk lain, misal segi empat). Siapkan beberapa helai benang dengan panjang 30 – 40 cm. Pasang benang itu dengan bantuan jarum pada tepian kantong plastik yang sudah dipotong berbentuk lingkaran tadi dengan jarak yang sama. Banyaknya benang yang dipasang pada plastik bisa anda sesuaikan sendiri. Ikat jadi satu pada semua benang yang telah dipasang pada ujung lainnya ke potongan karton yang telah digunting dan diwarnainya dengan bentuk orang-orangan. Hufff.... parasut mainan sudah jadi. Cara mainnya, minta anak naik ke tempat yang lebih tinggi, misal balkon atau naik ke atas kursi. Lepaskan parasut agar ia jatuh sebagaimana parasut beneran.

Membuat layang-layang anti hujan

Kalau lagi musim, bermain layang-layang bisa sangat mengasyikkan. Tua atau muda tak masalah. Banyak yang suka permainan ini apalagi pas hari libur sore-sore di lapangan dekat rumah. Nah, kantong plastik bekas dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan layang-layang menggantikan kertas atau kain. Hebatnya lagi, kita bisa membuat pola-pola warna yang berbeda dengan menyambung beberapa macam kantong plastik bekas. Dan, tentu saja layang-layang itu anti hujan, beda dengan layang-layang dari bahan kertas. Untuk merekatkan kantong plastik, dapat digunakan lem fox kuning atau putih. Dapat juga anda menggunakan bara, misalnya bara dari obat nyamuk bakar. Tinggal disundut saja, dua lapis kantong plastik yang ingin direkatkan akan menyatu saat kedua lapisan meleleh karena panas.

Pengganti isolasi sambungan kabel

Bapak-bapak yang mungkin sedang memperbaiki sambungan kabel dapat menggunakan kantong plastik bekas untuk pengganti isolasi. Caranya mudah. Apabila ada sambungan kabel yang harus ditutup dengan isolasi, cukup dililit dengan kantong plastik yang sudah dipotong memanjang . Lilit rapat-rapat dan cukup tebal. Setelahnya panaskan dengan cara membakar dengan korek api. Lapisan-lapisan kantong plastik itu akan menyatu satu sama lain hingga tampak rapi dan berfungsi sebagus isolasi.

Polibek tanaman

Jika anda mempunyai kantong plastik yang cukup besar, tebal dan kuat, maka dapat anda gunakan untuk berkebun. Buat kantong plastik bekas ini menjadi polibek. Lubangi di beberapa bagian (utamanya pada bagian dasar kantong plastik) agar nanti dapat berfungsi sebagai tempat pembuangan kelebihan air siraman tanaman anda. Gunakan pelubang kertas agar rapi. Isi kantong plastik dengan tanah subur dan gembur, dudukkan kantong plastik itu dengan tegak. Sekarang ia siap sebagai media tanam sayuran atau bumbu dapur anda di pekarangan atau halaman belakang. Bisa juga untuk menanam bibit tanaman.

Kerajinan tangan

Ini mungkin biasa-biasa saja karena ide membuat kerajinan tangan dari bahan kantong plastik bekas banyak sekali ragamnya. Googling saja, anda akan temukan banyak ide kreatif. Aneka bunga, tas, dan barang seni lainnya dapat dibuat dari kantong plastik bekas. Silakan eksplorasi dan berkreasi.
Baca juga:
Cara membuat Bunga Lavender dari Kantong Plastik Bekas
Cara Membuat Bunga Dahlia dari Kantong Plastik Bekas

Bola kaki

Anak-anak lagi suntuk di rumah? Ajak main bola kaki saja. Ah... tapi mereka tidak punya. Gampang sekali, ambil beberapa lembar kertas koran. Remas-remas membentuk gumpalan sebesar bola kaki. Gumpalan harus cukup padat agar enak ditendang. Lalu, bungkus dengan beberapa lapis kantong plastik bekas. Jika perlu, rapikan dengan memanaskan simpul-simpul kantong plastik dengan api kecil. Hati-hati jangan sampai saat memanaskan bagian kantong plastik yang sedang melelah terkena tangan anda atau anak anda. Huff... bola siap dimainkan di halaman. Aman karena tidak keras, ringan, sehingga tidak akan memecahkan kaca jendela, tetapi tetap bisa bikin anak-anak having fun.

Shower cap (penutup kepala saat mandi dengan shower) atau saat hujan

Di rumah anda mandi menggunakan shower? Tapi anda tidak ingin rambut anda basah dan shower cap terselip entah kemana... ambil kantong plastik bekas ukuran sedang. Ikat dibagian belakang kepala setelah rambut anda dirapikan dan masuk tersimpan di dalam kantong plastik. Silakan hidupkan shower. Currrr...... rambut anda aman, tidak bakalan basah. Cara ini juga bisa digunakan saat anda kehujanan.

Pembungkus buah-buahan di pekarangan anda

Jika anda punya pohon buah-buahan di halaman, dan sering dicuri kelelawar atau busuk berbelatung karena diserang lalat buah, maka saatnya kantong plastik bekas melindungi. Gunakan tangga atau kursi untuk membantu anda membungkus buah mangga, jambu, belimbing, atau buah-buahan apa saja dengan kantong plastik bekas. Ikat yang erat agar tidak mudah melorot. Buat sobekan kecil pada bagian bawah kantong, agar air hujan tidak tertampung di dalam kantong plastik dan merusak buah-buahan anda.

Sumbangkan

Siapa yang mau menerima sumbangan kantong plastik bekas? Wow.. jangan pakai bingung. Ada banyak orang yang suka dengan kantong plastik bekas. Sumbangkan saja kantong plastik bekas anda ke tukang sayur keliling, tempat penitipan anak, atau perpustakaan. Tukang sayur keliling akan senang karena mereka tidak perlu beli kantong plastik baru untuk membungkus sayuran untuk konsumennya. Tempat-tempat penitipan anak akan senang menerima kantong plastik bekas anda. Mereka punya sampah berbau: popok bayi, yang memerlukan kantong plastik untuk membungkusnya. Semetara perpustakaan bisa menggunakan kantong plastik pemberian anda untuk membungkus buku-buku yang dipinjam anggotanya.

Bahan membuat penghapus papan tulis atau whiteboard

Penghapus papan tulis atau whiteboard tidak perlu beli, apalagi jika anda di sekolah dan ingin anak-anak menjaga lingkungan dan bisa membuat prakarya dari barang bekas. Ajari mereka membuat bantalan kecil dari kain perca berbentuk segi empat yang dijahit dan diisi kantong plastik bekas. Pilihlah kantong plastik yang tipis dan lembut untuk bahan isi bantalan penghapus ini. Biasanya dari kantong plastik berukuran kecil.
Baca juga: Tips Menghapus Papan Tulis yang Terkena Tinta Spidol Permanen dengan Bahan-Bahan Sederhana

Kantong sampah saat di mobil atau di rumah

Kantong plastik bekas dapat digunakan sebagai kantong sampah sementara. Misalnya saat di mobil atau di kamar. Simpan untuk sementara sampah-sampah di dalam kantong plastik bekas yang telah anda siapkan di dalam laci dashboard mobil atau laci meja di kamar. Ini perlu dibiasakan agar anak-anak tidak dengan entengnya membuang sampah di jalanan lewat jendela kaca mobil.

Menyimpan sementara baju basah sehabis berenang

Aktivitas di hari libur bisa macam-macam. Pergi ke pantai atau ke tempat hiburan lain untuk bermain air. Jika anda dan anak-anak di sana ikut berenang, maka kantong plastik bekas ukuran besar akan sangat bermanfaat. Masukkan pakaian basah ke dalamnya agar air tidak menetes-netes membasahi perlengkapan lainnya saat pulang piknik.

Pemisah atau penyekat gelas ketika pergi pikinik

Kalau pergi piknik beberapa ibu suka membawa makanan sendiri dari rumah. Seringkali pula mereka harus membawa peralatan makan seperlunya seperti gelas dan piring. Nah, untuk itu diperlukan kantong plastik sebagai penyekat antar piring atau gelas yang satu dengan gelas yang lain agar tidak mudah pecah karena bergesekan saat dalam perjalanan.

Pembungkus bahan makanan atau sayuran di kulkas

Beragam bahan makanan seperti sayuran, buah, atau umbi-umbian, bahkan ikan sebaiknya dibungkus terlebih dahulu dengan kantong plastik sebelum dimasukkan ke dalam kulas. Selain untuk menghindari penguapan air di dalam bahan makanan itu yang dapat menyebabkannya menjadi kering, kantong plastik juga membantu anda mengelompokkan bahan-bahan makanan itu dengan baik.

Pembungkus gadget jika anda bersepeda motor

Masih soal hujan. Setiap hari, kehidupan modern tak bisa dilepaskan dengan gadget di tangan. Tak jarang anda menyimpan hp atau barang sejenisnya di dalam saku (terutama laki-laki). Barang-barang ini umumnya tidak tahan air karena dapat terjadi konsleting. Oleh karena itu, sediakan selalu kantong plastik untuk membungkus gadget anda kehujanan.

Itulah beberapa ide sederhana, mudah dan kreatif untuk penggunaan ulang kantong plastik bekas. Pada ide-ide ini saya tidak menyarankan penggunaan kantong plastik bekas saat mengolah makanan, karena alasan kesehatan. Nah, mungkin anda punya ide-ide lain yang lebih kreatif tentang kantong plastik bekas? Silakan berbagi di kolom komentar. Wassalam.

Baca juga:
Kerajinan Tangan Tempat Pensil dari Botol Plastik Bekas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...