Tips Membersihkan Whiteboard yang Kena Spidol Permanent Marker

tips membersihkan tinta permanen pada whiteboard
whiteboard tak sengaja tertulisi dengan spidol permanen?

Tips Membersihkan Whiteboard yang Kena Spidol Permanent Marker


Haduh... paling kesal kalau pas menulis di whiteboard, tanpa sengaja ternyata kita menggunakan spidol dengan tinta permanen (permanent marker). Apalagi kita kebetulan tidak punya cairan pembersihnya. Nah untuk menghindari hal ini, ada baiknya anda selalu memisahkan spidol-spidol yang akan anda gunakan untuk whiteboard ke dalam sebuah kantong atau wadah khusus sehingga tidak mudah tercampur dengan spidol permanen. Kata orang-orang, mencegah itu jauh lebih mudah.

Nah, tetapi bagaimana jika sudah terlanjur terjadi? Ternyata, kita bisa menggunakan bahan-bahan kimia sederhana yang terdapat di ruang kantor (sekolah). Ada banyak bahan yang bisa dipakai karena kandungan zat kimia di dalamnya dapat mengencerkan tinta permanen spidol tersebut. Apa saja bahan-bahan itu?



Balsem gosok

Saya sendiri, seringkali membawa balsem gosok di dalam tas, ukurannya saya pilih yang kecil sehingga tidak terlalu membebani bahu dan punggung saya. Selain saya gunakan untuk mengolesi betis saya yang suka pegal-pegal karena terlalu lama berdiri atau berjalan di dalam kelas saat saya mengajar, balsem gosok juga dapat saya gunakan sewaktu-waktu jika saya atau ada guru lain yang ternyata pada whiteboard menulis tanpa sengaja menggunakan spidol permanen. Untuk penggunaannya, saya tinggal mengoleskan secara merata pada whiteboard yang terkena tinta permanen, lalu mengusapnya dengan memberi sedikit tekanan pada penghapus. Beres deh.

Minyak angin

Minyak angin juga bisa digunakan untuk membersihkan tulisan yang menggunakan tinta permanen di whiteboard. Caranya, gunakan segumpal kapas atau kain yang telah dibasahi dengan minyak angin. Selanjutnya, usapkan ke tulisan yang ingin dihapus.

Obat Nyamuk Semprot atau Pewangi Ruangan

Di kelas siswa saya, juga disediakan obat nyamuk semprot. Kadang-kadang malah ada pewangi ruangan semprot yang juga bisa kita gunakan untuk keperluan menghapus tinta permanen spidol pada whiteboard. Anda dapat menyemprotkan cairan obat nyamuk atau pewangi ruangan pada jarak lebih kurang 30 cm dari tulisan yang ingin dibersihkan. Pegang botol obat nyamuk atau pewangi ruangan secara tegak. Semprot tipis-tipis pada noda yang mengganggu tersebut, lalu usap dengan penghapus hingga bersih. Tetapi perlu diingat jika anda menggunakan obat nyamuk karena ia merupakan insektisida yang mengandung racun, berhati-hatilah agar cairan dan gas yang disemprotkan ke whiteboard tidak terhirup oleh anda. Tahan napas sementara anda menyemprot agar racun serangga tersebut tindak membahayakan kesehatan anda. Kemudian cucilah tangan anda dengan sabun hingga bersih.

Tinner

Tinner atau cairan pengencer cat mungkin tersedia di gudang di sekolah anda karena biasa digunakan oleh penjaga sekolah untuk mengencerkan cat yang akan digunakannya untuk mengecat gedung sekolah. Anda dapat menggunakan ini sebagai bahan kimia pembersih noda spidol permanen pada whiteboard. Sifatnya yang mudah melarutkan tinta spidol membuat tinner sangat efektif digunakan. Caranya, basahi segumpal kapas atau ujung penghapus dengan tinner, lalu usap bagian whiteboard yang ingin dibersihkan. Kemudian, jika noda tulisan sudah benar-benar bersih, segera keringkan sisa tinner dengan tisu atau kapas kering atau kertas bekas agar sisa tinner tidak merusak permukaan whiteboard anda.

Odol dan gel aftershave

Ternyata pasta gigi (odol) dan gel aftershave juga dapat digunakan untuk membersihkan tulisan di whiteboard yang menggunakan tinta spidol permanen. Hanya saja, jika anda sedang berada di sekolah seperti saya, tentu bahan-bahan ini sulit diperoleh dengan segera.

Itulah beberapa tips yang mungkin dapat anda gunakan ketika ingin membersihkan whiteboard yang tertulisi dengan menggunakan spidol tinta permanen. Semoga bermanfaat. Anda punya cara atau tips lain untuk membersihkan whiteboard yang terkena noda tinta permanen? Silakan bebagi di kolom komentar. Wassalam.

Baca juga: Spidol Warna-Warni
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...