Tips Menciptakan Lingkungan Fisik yang Baik untuk Belajar

Tips Menciptakan Lingkungan Fisik yang Baik untuk Belajar
Aku suka kelas kami!

Tips Menciptakan Lingkungan Fisik yang Baik untuk Belajar


Sebagai guru, Bapak dan Ibu tentu tahu bahwa ketika siswa kita merasa diapresiasi, dihormati, didukung, dan dihargai, maka mereka akan belajar dengan lebih mudah dan lebih baik. Hal ini dapat kita lakukan dengan memanfaatkan lingkungan fisik di sekitar mereka. Berikut ini saya mencoba memaparkan beberapa tips sederhana untuk menciptakan lingkungan belajar (lingkungan fisik) untuk mendukung kegiatan belajar mereka, dengan demikian mereka dapat meraih kesuksesan sesuai dengan potensi mereka masing-masing. Mari kita intip satu per satu.


Kenali Siapa Siswa Anda

Wah ini tentu hal yang wajib dilakukan guru. Eit...tapi tunggu, mengenali di sini lebih bermakna pengenalan secara lebih mendalam. Bukan sekedar mengenali wajah dan nama mereka saja. Akan tetapi, lebih kepada mengenali “siapa sesungguhnya mereka”, apa hobby mereka, apa yang mereka tidak suka, keterampilan apa yang mereka telah miliki, keterampilan apa yang semestinya mereka sudah kuasai tapi mereka belum memilikinya dengan baik, dsb. Dengan mengenali mereka satu per satu anda dapat menentukan apa yang akan anda lakukan terhadap lingkungan belajar (lingkungan fisik) di dalam kelas mereka.

Berikan Ruang untuk Menempelkan Hasil Kreasi Siswa

Di kelas anda harus terdapat space untuk siswa berekspresi. Anda bisa membuat papan kecil berukuran 1 m x 1 m atau lainnya, di mana pada papan ini mereka dapat menempelkan puisi yang mereka tulis, gambar-gambar yang mereka lukis, artikel sains yang menarik perhatian mereka, hingga syair lagu dan chord gitar dari tembang favorit yang sedang hits dan mereka sukai. Beri mereka wadah untuk berekspresi dan menampilkan hal-hal kecil yang mereka ciptakan dan kreasikan.

Berikan Umpan Balik Positif

Jika siswa-siswa anda telah berupaya membuat suasana yang menyenangkan di kelasnya atau membuat prestasi tertentu yang mungkin melampaui kelas lainnya, anda sebaiknya segera memberikan umpan balik. Kalau perlu, anda dan siswa-siswa dapat merayakan keberhasilan dan kesuksesan mereka dengan cara yang sederhana. Berfoto bersama untuk beberapa kali jepret, lalu mengupload foto-foto kebersamaan anda saat merayakan keberhasilan mereka pada akun facebook atau twitter anda akan sangat membuat mereka senang. Ini adalah cara untuk menunjukkan bahwa anda sangat mengapresiasi dan menghargai upaya dan usaha mereka. Mudah saja memberikan umpan balik positif. Tidak pakai mahal, tapi yang penting mengena dan merangsang mereka untuk semakin berbuat dan berperilaku lebih baik lagi di masa-masa mendatang.

Tempelkan Pesan Positif Di Dinding Kelas

Masih punya ruang kosong di dinding kelas? Manfaatkan dengan baik. selain dapat memperindah kelas, gambar-gambar atau pesan-pesan positif seperti kata-kata mutiara dapat membuat mereka terinspirasi. Jika anda mempunyai banyak stok kata-kata mutiara yang bagus untuk mereka, maka anda dapat menggantinya yang telah lama terpajang dengan yang baru. Atau, mungkin anda ingin menggantinya setengah bulan sekali. Cukup sediakan bingkai foto ukuran folio, lalu ketik kata-kata mutiara atau pesan anda di komputer, kemudian print dengan warna-warni menarik.

Kotak Surat atau Pesan

Berikan sebuah kotak tempat siswa mengirim pesan atau surat kepada anda. Di kotak ini, siswa boleh mengirimkan pesan bahkan surat kaleng. Ini penting untuk memberikan kesempatan kepada siswa anda untuk menyampaikan hal-hal yang mungkin sifatnya agak rahasia tetapi cukup mengganjal (menjadi persoalan) bagi mereka.

Luangkan waktu bersama mereka

Meluangkan waktu di sini tentu tidak berarti anda harus datang ke rumah mereka. Anda mungkin dapat melakukannya di sela-sela kesibukan anda mengajar saat mereka juga masih di sekolah. Jika anda wali kelas mereka, dan mereka sedang dalam jam istirahat atau tidak belajar (karena guru yang mengajar tidak ada dan tidak ada meninggalkan tugas bagi mereka untuk dikerjakan), maka anda dapat sekedar mengobrol atau melakukan kegiatan tertentu di kelas anda. Ini akan membuat mereka senang dan betah di dalam kelas, tidak membuat keributan dan menghindarkan mereka dari berperilaku yang tidak pas. Keakraban antara anda sebagai wali kelas dengan siswa-siswa anda akan terbentuk. Ikatan emosi ini sangat perlu bagi mereka dan sangat mendukung pembelajaran mereka walaupun tidak secara langsung.

Aturlah Perabot Kelas

Buatlah semua siswa merasa nyaman dengan tempat duduknya masing-masing. Jika kelas anda adalah kelas dengan tempat duduk tetap (setiap siswa duduk di tempatnya masing-masing), maka anda harus membantu mengatur agar semua anak duduk pada posisi yang nyaman. Ini bisa dilakukan dengan menempatkan anak yang lebih besar di barisan belakang, agar siswa-siswa dapat melihat papan tulis dengan jelas. Kemudian, pada periode tertentu, tempat duduk dapat dipindahkan atau diputar untuk menghindari kebosanan. Atur perabot kelas seperti lemari, rak sepatu, meja guru, dan barang-barang lainnya agar menciptakan suasana senyaman mungkin untuk belajar.

Kebersihan Kelas

Sediakan beberapa sapu, pel, kemoceng, dan wiper untuk alat kebersihan kelas. Untuk membantu mereka mempunyai rasa memiliki terhadap kelas, giliran membersihkan kelas perlu dibuat. Bahkan jika perlu semua peralatan dan bahan-bahan untuk keperluan kelas dapat dibeli dengan uang urunan yang besarannya diputuskan melalui rapat kelas.

Susunlah Tata Tertib Kelas Bersama Siswa

Sebuah berkas tata tertib untuk kelas perlu disusun. Tentu saja yang menyusunnya adalah siswa dengan bantuan anda. Ini dapat dimulai dengan menanyakan kepada mereka, tentang bagaimana kelas yang mereka inginkan. Dari situ, anda dapat mulai membantu membuat tata tertib agar “kelas yang mereka inginkan” itu dapat terwujud. Dengan demikian, segala aturan dibuat untuk kenyamanan mereka sendiri. Katakanlah, ini dari siswa untuk siswa.

Begitu kiranya beberapa tips mudah untuk membuat lingkungan belajar (lingkungan fisik) untuk kegiatan belajar di kelas anda menjadi nyaman. Silakan mencoba mengaplikasikan tips-tips yang mungkin belum pernah anda coba. Jika anda mempunyai ide lain atau tips lainnya, silakan berbagi di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca Juga:
Tips Melaksanakan Diskusi Kelompok Di Kelas Anda
Mengapa Siswa Harus Peduli Dengan Tujuan Pembelajaran Yang Disampaikan Guru?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...