Tips Mengisi Tinta Spidol Bebas Belepotan dan Tahan Lama

Tips Mengisi Tinta Spidol Bebas Belepotan dan Tahan Lama
cara mengisi tinta spidol tanpa belepotan di tangan dan awet

Tips Mengisi Tinta Spidol Bebas Belepotan dan Tahan Lama


Anda sering menggunakan spidol dalam pekerjaan anda? Jika anda seorang guru seperti saya, maka spidol adalah salah satu peralatan yang harus selalu tersedia dalam kondisi bagus setiap saat. Saat mengajar di kelas, keberadaan spidol menjadi mutlak sebagai pasangan whiteboard untuk menulis.

Walaupun biasanya pada kemasan tinta refill spidol disediakan pipet tetes plastik, saya pribadi cenderung tidak menggunakannya karena seringkali saya tidak bisa memperkirakan berapa banyak tetesan tinta yang diperlukan (tidak terlalu sedikit sehingga cepat habis kembali, atau terlalu banyak sehingga menetes-netes keluar daru ujung mata spidol dan akhirnya mengotori tangan dan baju saya). Saya lebih suka menggunakan kantong kresek. Ya.. kantong kresek, bisa digunakan dengan sangat efektif untuk mengisi ulang tinta spidol anda.



Tips Cara Mengisi Tinta Spidol dengan Kantong Kresek (Bebas Belepotan dan Awet)

Untuk apa kantong kresek? Gunakan kantong kresek sebagai sarung tangan agar tidak belepotan tinta dan sebagai alas bekerja saat mengisi ulang spidol-spidol anda. Untuk ini anda membutuhkan 2 buah kantong kresek (boleh baru, boleh bekas, yang penting bersih dan tidak bolong). Berikut cara selengkapnya:
  1. Bukalah tutup belakang spidol-spidol anda yang ingin diisi ulang. Perhatikan bahwa spidol-spidol yang akan diisi ulang masih mempunyai mata spidol (bagian untuk menulis) yang masih bagus, tidak keras kering, dan tidak pecah. Bukalah penutup belakang ini dengan memakai kantong kresek pada tangan kanan anda. Pekerjaan membuka penutup belakang ini mungkin pekerjaan yang paling mengesalkan karena bisa membuat kuku anda rusak dan berwarna kehitaman karena noda tinta terselip di bawah kuku, karena itu anda dapat dibantu dengan menggunakan ujung gunting atau benda tipis lainnya yang cukup kuat sehingga tidak perlu menggunakan kuku.
  2. Setelah penutup belakang spidol-spidol terbuka, ambil spons tinta yang terdapat di dalam batang spidol dengan mengetuk-ngetukkannya ke atas kantong kresek yang lain yang telah dihamparkan di atas meja (agar sisa tinta pada spons tidak menodai meja kerja anda.
  3. Ambil spons dengan memegang dan menariknya dengan menggunakan tangan kanan yang telah dilapisi kantong kresek.
  4. Celupkan salah satu ujung spons hingga ke dasar botol tinta, balikkan spons, lalu celupkan lagi ujung spons lainnya ke dalam botol tinta isi ulang. Dengan cara ini kita bisa membuat spons lebih basah dan bekerja lebih cepat bila dibandingkan dengan menggunakan pipet yang disediakan di dalam kemasan botol tinta isi ulang. Selain itu dijamin, anda tidak akan kelebihan menetesi tinta ke dalam spons di atas ambang daya serapnya. Jika anda meneteskan tinta dan terlalu banyak, maka kelebihan tinta yang tidak terserap lagi oleh spons akan menetes pada bagian mata spidol. Bahkan, yang lebih membahayakan, jika ini terjadi setelah beberapa saat spidol didiamkan, jadi ketika anda membuka tutup spidol, tetesan tinta yang tidak terserap dapat tumpah ke baju anda karena anda tidak mengetahui ada sisa tinta di tutup spidol.
  5. Masukkan kembali spons ke dalam tabung spidol anda, perhatikan ujung depan mempunyai sedikit lubang pada ujung spons, sebaiknya anda memperhatikan ini agar pemasangan spons tidak terbalik.
  6. Tutup kembali bagian belakang spidol dengan rapat.
  7. Tempatkan dalam wadah di mana mata spidol mengarah ke bawah.Ini penting agar tinta selalu ada di bawah dekat dengan mata spidol, jadi selalu siap sewaktu-waktu anda perlukan. Ingat jangan meletakkan spidol dengan posisi sebaliknya (tutup mata spidol menghadap ke atas). Gaya gravitasi bumi akan membantu tinta turun ke arah mata spidol.

Tips tambahan penggunaan spidol

Pisahkah spidol yang telah mulai habis tintanya dalam wadah tersendiri, sehingga anda cepat mengetahui jika anda mulai kehabisan persediaan spidol siap pakai, sehingga anda dapat segera melakukan pengisian ulang di saat tidak sedang mengajar.
Tutuplah mata spidol anda dengan rapat agar tutup tidak mudah terlepas untuk mencegah penguapan tinta spidol, yang bukan saja membuat tinta menjadi kering, tetapi juga membuat mata spidol dan spons tinta anda rusak karena kehilangan daya kapilaritasnya (daya serapnya).
Letakkan tutup mata spidol pada saat menulis pada bagian belakang spidol, sehingga tutup spidol tidak mudah hilang dan dengan segera anda dapat menutup mata spidol bila tidak sedang menggunakannya.

Itulah tips cara mengisi spidol dengan tinta isi ulang tanpa harus belepotan dan awet. Anda punya cara lain yang lebih baik atau lebih mudah? Silakan berbagi di kolom komentar. Wassalam.

Baca Juga:
Tips Membersihkan Whiteboard yang Terkena Tinta Spidol Permanen
Spidol Warna-Warni
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...