Tips untuk Orang Tua: Siaran TV Tak Bermutu

Tips untuk Orang Tua: Siaran TV Tak Bermutu
dampingi anak anda saat nonton tv

Tips untuk Orang Tua: Siaran TV Tak Bermutu dan Perilaku Anak


Jaman sekarang memang jaman kejayaannya televisi. Lihatlah, hampir setiap anak tidak bisa lepas dari siaran tv. Nonton televisi menjadi kebutuhan buat mereka. Akan tetapi, awaskah kita akan program-program tv yang tidak mendidik, tetapi justru mempengaruhi secara negatif (baca: merusak) kepribadian mereka.

Paling parah, acara-acara berbentuk kekerasan, sinetron tak mendidik, hingga lawakan yang lebih mengedepankan pelecehan terhadap perempuan (menjual bagian-bagian tubuh pemainnya), hingga lawakan yang “tidak cerdas” lainnya justru digemari anak-anak kita. Ini sungguh memprihatinkan.

Salah seorang guru yang saya kenal pernah mengeluh bagaimana anak-anak didiknya bersikap di sekolah. Mereka terkesan meniru karakter-karakter di televisi macam di sinetron, mulai dari bertengkar mulut bahkan adu jotos hanya karena rebutan pacar. Ini mungkin bisa dikatakan peniruan yang amat parah. Akan tetapi sadarkah kita bahwa anak-anak juga meniru-niru bagaimana para bintang tv itu berbusana dan berbicara. Seringkali mereka asal meniru dan tidak pas dalam menempatkan diri.


Beberapa protes terhadap siaran-siaran dan program televisi yang demikian seringkali tidak berhasil membendungnya. Dilarang tayang satu program, program lainnya mungkin akan segera muncul. Larisnya program siaran yang tidak mendidik dan berpotensi merusak mental generasi bangsa ini juga membuat stasiun tv berlomba menayangkannya. Juga rumah-rumah produksi, berlomba membuatnya. Tentu ini berkaitan dengan bisnis dan uang. Materi adalah hal yang bisa mengalahkan segalanya, bahkan mental generasi bangsa.

Adalah hal yang sangat penting bagi orang tua di rumah (karena anak menonton tv di rumah) untuk selalu mengawasi acara-acara tv apa saja yang ditonton anak-anak. Orang tua yang bijak akan mencermati setiap program yang ditonton mereka, dan memperkirakan apa eksesnya bagi anak-anak tersebut. Selalulah mendampingi anak saat menonton tv, atau anda dapat membuat daftar acara-acara yang tidak boleh mereka tonton. Tentu saja anda tidak sekedar melarang mereka untuk menonton suatu program tv, tetapi tentu juga memberikan alasan-alasan mengapa mereka tidak boleh menonton acara tersebut secara logis, demi kebaikan mereka sendiri.

Orang tua dapat membatasi jam-jam untuk menonton televisi. Anak tentu sebaiknya tidak bebas menonton televisi setiap saat. Ada waktu di mana mereka harus mematikan televisi dan pergi belajar di kamar. Mereka juga harus berhenti menonton televisi ketika waktu tidur sudah sampai. Siaran-siaran tv dengan program-programnya yang bervariasi tentu dapat membuat anak-anak kita dapat betah duduk berlama-lama di depan tv, bahkan jika diperbolehkan bergadang sampai pagi, akan ada saja acara-acara yang mengasyikkan (walaupun tentu banyak yang tidak bermutu) untuk ditonton.

Menonton televisi itu tidaklah jelek, malah bagus. Asal saja kegiatan ini dilakukan di waktu-waktu yang sesuai, dengan acara-acara yang bermutu, mendidik, sekaligus menghibur. Dampingilah mereka saat menonton tv, karena selain membina hubungan yang lebih intens sebagai sebuah keluarga dalam hubungan anak-orang tua, anda juga dapat mengawasi dan segera mengantisipasi jika mereka menonton acara atau program yang tidak atau kurang baik.

Demikian tips untuk orang tua tentang siaran tv yang tidak bermutu bagi anak dan cara mengantisipasinya. Bila anda mempunyai saran lainnya terkait ini, silakan berkomentar pada kolom yang tersedia di bawah tulisan ini. Semoga bermanfaat. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...