8 Jenis Kecerdasan Menurut Howard Gardner

8 jenis kecerdasan majemuk Howard Gardner
setiap orang mempunyai jenis kecerdasan tertentu di mana ia dominan

8 Jenis Kecerdasan Menurut Howard Gardner


Howard Gardner adalah seorang peneliti terkemuka di Harvard University. Ia banyak menulis dan merupakan orang yang pertama kali mengemukakan tentang kecerdasan majemuk (multiple intellegences). Kecerdasan atau intelegensi adalah kemampuan seseorang dalam memecahkan permasalahan-permasalahan atau menciptakan produk-produk yang berarti dalam suatu pengaturan tertentu.

8 Jenis Kecerdasan Howard Gardner

Menurut Howard Gardner, ada 8 jenis kecerdasan yang dimiliki seseorang. Seseorang dapat dominan pada satu jenis kecerdasan, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa ia dapat dominan dalam beberapa jenis kecerdasan ini. Kedelapan jenis kecerdasan yang dimaksud Howard Gardner adalah sebagai berikut:
  1. Verbal-linguistik
  2. Logikal-matematikal
  3. Visual-spasial
  4. Kinestetik-fisik
  5. Musikal-ritmis
  6. Naturalis
  7. Interpersonal
  8. Intrapersonal
Berikut ini beberapa karakteristik seseorang dengan kecerdasan-kecerdasan tersebut di atas

Verbal-linguistik

Seseorang dengan kecerdasan dominan pada verbal-linguistik adalah seseorang yang cinta akan bahasa dan kata-kata. Mereka tampak suka dan menikmati kegiatan membaca, tentu juga kegiatan menulis. Mereka lihai dalam permainan kata-kata dan teka-teki. Dalam mengungkapkan sesuatu, mereka sangat senang menggunakan kiasan-kiasan dan bahasa yang beraneka variasi.

Logikal-matematikal

Orang dengan kecerdasan logikal-matematikal pandai sekali membuat pola-pola yang logis. Mereka suka bermain strategi, misalnya permainan catur. Jika ada hitungan-hitungan dan angka-angka, mereka akan dengan senang hati melahapnya sebagai kegiatan yang mengasyikkan. Dalam bekerja, mereka selalu menggunakan daftar-daftar dan pendekatan langkah demi langkah yang telah diatur atau disusun dengan baik.

Visual-spasial

Apabila seseorang dominan dalam kecerdasan visual-spasial, maka dengan mudah ia akan memberikan penjelasan-penjelasan dalam bentuk gambar-gambar, patung, atau bangunan. Kemampuan berimajinasi mereka sangat hidup. Di pikiran mereka, orang dengan kecerdasan visual spasial dapat menciptakan gambar-gambar hidup yang seakan nyata. Mereka sangat tertarik dengan warna, pengaturan tekstur, keseimbangan dan desain. Favorit mereka adalah video, gambar-gambar, TV, dsb.

Kinestetik-fisik

Seseorang dengan kecerdasan kinestetik-fisik lebih suka belajar dengan cara mengerjakan sesuatu secara langsung, melalui aktivitas fisik. Seluruh tubuhnya akan digunakan untuk proses belajar. Mereka dapat menjadi atlit yang baik, penari, aktor, atau bintang pentas lainnya. Jika ada suatu barang, kegemaran mereka adalah membongkarnya hingga lepas bagian-bagiannya lalu menyatukannya kembali.

Musikal-ritmis

Orang yang mempunyai kemampuan dengan mudah mengenali nada-nada dan irama adalah seseorang yang memiliki kecerdasan musikal-ritmis. Mereka hobinya menyanyi lalu tangannya mengetuk-ngetuk sesuatu sehingga menimbulkan irama, bahkan pada saat mengerjakan sesuatu. Kepekaan mereka terhadap beragam suara di sekitarnya patut diacungi jempol. Mereka tahu banyak lirik lagu, dan biasanya dapat memainkan alat musik dan menyanyi.

Naturalis

Jika anda memiliki kepekaan dan merasa mudah sekali terhubung dengan alam, maka anda bisa jadi adalah seseorang dengan kecerdasan naturalis. Orang-orang seperti ini suka memperhatikan alam. Mereka dengan jelas bisa melihat perubahan musim dan lingkungan alam di sekitarnya. Orang dengan kecerdasan naturalis suka sekali membaca dan memahami pola-pola alam. Suka bekerja di luar rumah atau paling tidak di dekat jendela. Hobi mereka berkebun, menanam bunga, atau memelihara hewan piaraan.

Interpersonal

Orang dengan kecerdasan interpersonal adalah orang yang cerdas dalam komunikasi sosial. Mereka dapat dengan sangat baik berkomunikasi dengan orang lain. mereka suka menolong dan pandai bekerjasama. Orang-orang dengan kecerdasan interpersonal seringkali mempunyai banyak teman di sekelilingnya. Mereka dapat membaca maksud, suasana hati, dan perasaan orang lain. mereka peka dengan orang-orang di sekitarnya.

Intrapersonal

Sebutan lain untuk kecerdasan intrapersonal adalah cerdas diri pribadi. Orang dengan kecerdasan jenis ini dapat memproses informasi dan memecahkan masalah-masalah dengan baik pada saat duduk sendirian. Mereka suka menyendiri, merenung dan berkontemplasi. Mereka adalah orang yang independen. Mereka sangat tidak suka tergantung pada orang lain, dan umumnya mereka tidak terlalu suka bersosialisasi. Kelebihan orang-orang dengan kecerdasan intrapersonal adalah memiliki intuisi yang sangat kuat.

Itulah 8 jenis kecerdasan menurut Howard Gardner yang banyak digunakan oleh para pendidik untuk mengenali karakteristik siswanya, kemudian menyesuaikan pembelajaran mereka dengan kedelapan jenis kecerdasan tersebut, untuk mengakomodasi beragam kecerdasan yang dimiliki oleh siswa-siswa di suatu kelas. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca juga:
4 Kelompok Umur Anak dalam Kaitannya Dengan Belajar
Tips Menciptakan Lingkungan Sosial yang Mendukung Pembelajaran
Pengetahuan Pedagogis Materi Ajar
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...