Membuat Pelangi Di Atas Kertas Tisu Melalui Teknik Kromatografi

Cara membuat pelangi di kertas tisu
Yuk membuat warna-warna pelangi di kertas tisu!

Membuat Pelangi Di Atas Kertas Tisu Melalui Teknik Kromatografi


Kali ini saya ingin berbagi ide untuk anda yang punya anak usia TK, atau mungkin memang anda adalah seorang guru TK? Kita akan mengajak anak-anak bergembira membuat pelangi di atas selembar kertas tisu. Hah... bisa? Bisa. Tentu saja pelangi yang akan kita buat bukan berasal dari penguraian cahaya matahari menjadi cahaya-cahaya penyusunnya. Kita akan membuat pelangi (lebih cocoknya mungkin lukisan warna-warni pelangi) dari tinta spidol.

Pada anak kelas tinggi, sebenarnya ide ini dapat digunakan untuk mengajarkan proses pemisahan campuran yang dikenal dengan istilah kromatografi dan sekaligus mengajarkan kapilaritas.

Bagaimana caranya? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Alat dan Bahan

Alat dan bahan yang digunakan untuk kegiatan ini adalah:
  1. Gelas bening
  2. Air
  3. Tisu
  4. Spidol warna-warni
  5. Ballpoint (untuk penyangga tisu)
  6. Mistar (jika diperlukan)

Cara Membuat

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat lukisan pelangi di atas kertas tisu:
  1. Siapkan sebuah gelas bening (gunakan yang berukuran cukup besar dan tinggi untuk memudahkan anak bekerja).
  2. Minta anak mengisi dengan air, tingginya kira-kira seperempat tinggi gelas.
  3. Lipat kertas tisu secara memanjang, sehingga lebarnya lebih-kuran dua per tiga diameter gelas.
  4. cara membuat pelangi dengan kromatografi
    Buat deretan warna sejajar (segaris) dengan bantuan mistar
    cara membuat pelangi di atas kertas tisu
    Nah, ini lukisan pelanginya...
  5. Dengan bantuan mistar, minta anak memberi titik-titik warna dari spidol yang segaris, kira-kira 4 cm dari ujung salah satu kertas tisu.
  6. Sebelum membri tanda titik-titik warna, kita dapat meminta mereka menghafal urutan warna pelangi (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu). Titik-titik warna dibuat berurutan sesuai urutan warna pelangi.
  7. Setelah tanda titik-titik warna dibuat, bantu anak melilitkan ujung lainnya (yang jauh dari titik-titik warna ke penyangga, gunakan ballpoint menyangga dan tutupnya untuk menjepit agar gulungan tisu tidak terbuka).
  8. Minta mereka mencelupkan ujung tisu yang dekat dengan titik-titik warna ke dalam gelas berisi air. Perhatikan agar titik-titik warna tidak sampai tercelup ke dalam air, tetapi masih cukup dekat dengan permukaan.
  9. Biarkan beberapa saat, hingga air meresap ke dalam tisu dan menyebarkan titik-titik warna tinta spidol menjadi pelangi menuju ke arah atas. Biarkan anak-anak menikmati momen ini dan jika mereka bertanya, jawab pertanyaan itu sesuai pengetahuan anda untuk memuaskan rasa ingin tahu mereka.
  10. Nah... kita sudah membuat lukisan pelangi di atas kertas tisu. Indah bukan?

Pelajaran Terkait:

  • Proses yang dilakukan dalam pembuatan pelangi ini digunakan pula dalam teknik pemisahan campuran pigmen warna yang dikenal dengan nama kromatografi. Prinsip kerjanya memanfaatkan daya kapilaritas kertas tisu (kemampuan benda berpori seperti tisu untuk menaikkan cairan melalui celah-celah kecilnya melawan gravitasi karena adanya gaya kohesi-adhesi).
  • spidol warna-warni
    spidol warna
  • Dengan cara yang sama kita dapat mengajak anak menyelidiki tinta hitam. Tinta hitam sebenarnya dibuat dari campuran beberapa pigmen warna. Dengan membuat garis (misal dari spidol hitam) pada selembar tisu, dan mencelupkan tisu tersebut ke air seperti cara kita membuat lukisan pelangi tadi, maka warna-warna penyusun tinta hitam akan terlihat. Ini terjadi karena terjadi pemisahan campuran tinta yang disebabkan perbedaan massa jenis dan gaya adhesi-kohesi warna-warna tersebut terhadap air dan tisu. Misalnya, pada tinta hitam dari spidol yang saya pakai, ternyata warna yang digunakan untuk membuatnya adalah ungu, biru, coklat dan merah. Menarik bukan?
Demikian cara membuat pelangi (melukis pelangi) di atas selembar kertas tisu untuk percobaan sederhana anak-anak anda (siswa TK atau SD kelas rendah anda). Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca juga:
Prakarya dari Daun Kering : Membuat Ikan Gurame
Prakarya Membuat Boneka dari Kertas Bekas
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...