Pengetahuan Pedadogis Materi Ajar

guru hebat luar biasa dan mampu menginspirasi
apakah anda guru yang mampu menginspirasi siswa?

Pengetahuan Pedadogis Materi Ajar


Kali ini, saya ingin menulis sebuah tulisan yang sedikit teoritik. Semoga tidak bosan membacanya ya.. he..he.. Kita akan membahas tentang pentingnya seorang guru menguasai konten (materi ajar) sekaligus menguasai pedogogis (cara mengajar yang baik-dalam kaitan dengan ilmu psikologi pendidikan untuk anak). Jika bapak dan ibu guru ingin menjadi guru yang hebat, luar biasa, dan mampu menginspirasi, maka inilah rumus yang harus diterapkan: guru hebat = penguasaan konten + penguasaan pedagogi

Cara Mengajar Versus Pengetahuan

Beberapa dari kita mungkin pernah bertemu dengan guru hebat, luar biasa, dan mampu menginspirasi. Guru tersebut begitu memahami materi yang sedang diajarkan, sehingga sebagian dari kita mungkin akan berasumsi bahwa pengetahuan dan pemahaman beliau yang luar biasa tentang materi ajar itulah yang membuat beliau istimewa. Sebenarnya, ini bisa benar tetapi bisa juga salah. Karena sesungguhnya guru yang hebat, luar biasa, dan mampu menginspirasi itu adalah guru yang selain menguasai materi ajar dengan sangat baik, ia juga tahu dan mampu bagaimana mengajarkan materi ajar itu dengan baik. Ya, guru hebat, luar biasa, dan mampu menginspirasi punya kedua-duanya. Oleh karena itu, sebagian dari kita mungkin pernah pula berjumpa dengan seorang guru yang mempunyai pengetahuan yang luar biasa tentang suatu materi ajar, tetapi gagal membuat siswanya memahami materi ajar tersebut.


Apakah Pengetahuan Pedagogis tentang Konten (Materi Ajar)

Apakah pengetahuan pedagogis tentang konten itu? Pengetahuan pedagogis tentang konten (materi ajar) adalah pengetahuan yang dimiliki (seorang guru) yang berupa kombinasi antara pengetahuannya tentang suatu materi ajar (konten) sekaligus bagaimana cara mengajarkan materi ajar itu dengan efektif.

Tidak akan dapat disangkal bahwa inilah yang dibutuhkan untuk menjadi seorang guru hebat, luar biasa, dan mampu menginspirasi. Melalui penguasaannya akan pengetahuan pedagogis tentang materi ajar, maka ia dapat membuat kelas dan pembelajaran yang dilaksanakannya menjadi hidup. Semua siswa akan secara nyata terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Tidak banyak waktu terbuang dengan percuma, karena setiap menit begitu dinikmati siswa untuk belajar dan bukan untuk melakukan hal-hal lain yang tidak berhubungan.

Melalui pengetahuannya akan bagaimana cara mengajarkan suatu materi ajar plus penguasaan yang mempuni tentang materi ajar itu dengan mendalam akan membuat pembelajaran dengan mudah diarahkan oleh guru yang bersangkutan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukannya.

Memang, guru tidak selalu harus mengetahui hal apapun yang menjadi bagian dari materi pembelajarannya. Akan tetapi, penguasaan yang mendalam, akan mampu membantu guru mengarahkan siswa untuk belajar lebih mudah. Ini bermakna efektifivas dan efisiensi yang lebih baik ketimbang guru yang tidak memahami dengan baik materi ajar walaupun menguasai pedagogis dengan mempuni, begitu pula sebaliknya bagi guru yang sangat menguasai pedagogis tetapi tidak mempunyai pemahaman yang baik akan materi ajar. Itulah sebabnya, seorang guru profesional dituntut untuk menguasai keduanya: konten dan pedagogik.

Demikian tulisan tentang pengetahuan pedagogis dan materi ajar yang harus dikuasai oleh seorang guru hebat, luar biasa, dan menginspirasi. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca juga:
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...