Prakarya Dari Daun Kering untuk Siswa SD

prakarya kolase ikan gurame dari daun kering
prakarya kolase ikan gurame ini dibuat dari daun kering

Prakarya Dari Daun Kering untuk Siswa SD


Kali ini saya akan berbagi mengenai cara membuat prakarya dari daun kering. Prakarya yang akan kita buat ini cocok sekali untuk anak SD dan bagus untuk mengembangkan imajinasi mereka. Bahan utama pembuatan prakarya ini sangat mudah diperoleh, hanya daun kering. Selain itu anak-anak akan membutuhkan lem (yang kuat, misal lem pvc putih/lem fox putih), kertas bekas sampul makalah, dan gunting. Sisanya, kreativtitas dan daya imajinasi. Kita akan membuat kolase berbentuk ikan. Kolase dari daun kering berbentuk ikan sangat mudah dibuat karena bentuk tubuh ikan dan daun-daunan itu mirip: oval. Baiklah, sekarang mari kita ikuti langkahnya satu per satu.


Langkah-langkah membuat prakarya kolase ikan dari daun kering

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat kolase ikan seperti gambar di atas, dari bahan daun-daun dan ranting kering yang ada di sekitar kita.
  1. Dalam kolase ikan ini, saya menggunakan daun rambutan, daun sirsak, daun asoka (kembang jarum), dan beberapa ranting kering belimbing wuluh. Pada prinsipnya, daun apapun boleh digunakan. Sama sekali tidak ada batasan.
  2. Kumpulkan daun-daun yang masih hijau, atau daun kering, atau yang baru menguning. Perhatikan dalam memilih daun, agar selalu memilih yang tidak robek atau berlubang-lubang karena dimakan ulat.
  3. Setelah daun dikumpulkan, daun mungkin perlu diratakan dengan menggunakan setrika, agar mudah ditempel pada kertas dasar kolase. Gunakan beberapa helai kertas sebagai alas dan pelapis daun agar tidak bersentuhan langsung dengan setrika.
  4. Aturlah letak daun-daun tersebut.
  5. Pertama-tama letakkan daun rambutan yang berukuran cukup besar di tengah kertas dasar kolase. Ini akan berfungsi sebagai badan ikan.
  6. Letakkan sekitar 5 atau 6 helai daun asoka (bunga soka) pada sisi atas dan sisi bawah badan ikan untuk membuat sirip.
  7. Gunting sehelai daun sirsak untuk membentuk kepala dan bagian ekor. Sesuaikan ukurannya dengan ukuran daun rambutan.
  8. Buat mata ikan dengan menggunting daun lain, dengan warna yang berbeda untuk mata. Kita juga dapat menggunakan kertas atau kapas untuk ini.
  9. Tambahkan sungut ikan yang dibentuk dari tangkai daun kering belimbing wuluh sebanyak dua buah pada sisi perut ikan.
  10. Nah, prakarya kolase ikan dari daun kering kita sudah selesai. Ikan apa itu ya? Seperti ikan gurame kan? He..he...
  11. Untuk mempercantik, kita dapat menyusun beberapa helai atau beberapa robekan daun kering lainnya untuk membuat bentuk tanaman air.
  12. Jadilah sudah prakarya dari daun kering berbentuk kolase ikan gurame, lengkap dengan tumbuhan airnya. Bagus bukan?

Demikian cara membuat prakarya dari daun kering berupa kolase ikan yang cocok sekali untuk siswa SD. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca juga:
Prakarya Membuat Boneka dari Kertas Bekas
Prakarya Membuat Burung dari Kertas Bekas
Ayo, Membuat Ular dari Kertas Bekas. Cocok untuk Anak TK dan SD
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...