Teknik Memberi Reward Pada Anak SD Kelas Rendah : Bintang Kelas

teknik memberi reward untuk siswa SD
Siapa Bintang Kelas kita hari ini?

Teknik Memberi Reward Pada Anak SD Kelas Rendah : Bintang Kelas


Reward (penghargaan) adalah hal yang wajib diberikan guru kepada anak (siswa) yang telah melakukan tugas pembelajaran atau bertingkah laku baik pada saat proses belajar mengajar. Ini penting dilakukan guru agar pada kesempatan lain (berikutnya) siswa akan kembali mengerjakan tugas atau bertingkah laku dengan baik. Memberikan reward (penghargaan) adalah salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh guru dalam mengelola dan memanajemen kelasnya. Ada beragam teknik memberikan reward yang dapat dilakukan oleh guru untuk keperluan ini. Salah satunya adalah : Bintang Kelas.

Apa yang Dibutuhkan Guru untuk Melakukan Teknik Bintang Kelas ini?

Teknik Bintang Kelas sangat mudah dilakukan oleh guru untuk memberikan reward kepada siswa. Guru dalam pelaksanaannya menyiapkan sebuah papan atau karton manila yang ditempel di salah satu bagian depan dinding kelas, atau tempat lain yang mudah diakses guru selama proses belajar mengajar berlangsung dan mudah terlihat oleh siswa. Pada papan itu ditempel sebuah daftar yang memuat nama-nama seluruh siswa di kelas tersebut dengan ukuran yang cukup besar, sehingga semua siswa dapat membacanya. Untuk membuat tulisan daftar nama yang cukup besar guru dapat menggunakan nama panggilan (nama kecil) anak-anak saja. Selanjutnya yang diperlukan adalah sebuah stempel berbentuk bintang. Atau beberapa lusin guntingan kertas berbentuk bintang yang sudah disiapkan di dalam sebuah box (wadah) kecil dan siap digunakan (ditempelkan) pada daftar nama tadi.

Bagaimana Tata Cara Memberikan Reward Kepada Siswa dengan Teknik Bintang Kelas?


  1. Gampang sekali. Pertama-tama guru memberitahu bahwa pada hari itu, guru akan memilih beberapa Bintang Kelas yang belajar dan berperilaku baik selama pembelajarannya kepada semua siswa.
  2. Guru menjelaskan aturan mainnya, bahwa guru akan memberikan bintang kepada siswa yang dianggapnya belajar dan berperilaku dengan baik.
  3. Selanjutnya, guru mengajar seperti biasa. Guru memfasilitasi anak-anak di kelasnya untuk membantu proses belajar.
  4. Kemudian, dalam rentang waktu tertentu (misalnya 10 menit atau 15 menit) guru yang telah mengajar sambil mengamati seluruh aktivitas siswa di kelasnya dapat memilih beberapa orang siswa terbaik (dalam mengerjakan aktivitas/tugas belajar atau dalam berperilaku saat belajar) untuk diberikan bintang.
  5. Guru kemudian tinggal memberikan cap stempel bintang pada kolom di sebelah kanan nama siswa yang bersangkutan yang ingin diberikan bintang. Atau, jika menggunakan stiker/potongan kertas berbentuk bintang yang telah disiapkan, guru tinggal menempelkannya.
  6. Siswa atau anak yang mendapatkan bintang terbanyak adalah Bintang Kelas pada hari itu.

Catatan:

  • Sesekali, guru dapat memberi kejutan dengan memberikan bintang kepada semua anak. Ini untuk menyenangkan seluruh anak, bahwa mereka selalu punya kesempatan untuk mendapatkan bintang dari guru apabila mau belajar dan berperilaku dengan baik.
  • Prinsip lainnya yang harus dipegang oleh guru selama penggunaan teknik Bintang Kelas ini adalah: jangan terlalu pelit atau terlalu royal dengan bintang.
  • Pemberian bintang juga dapat dilakukan ketika banyak siswa mulai kehilangan konsentrasi dan perhatian terhadap aktivitas pembelajaran dan mulai ribut. Cara ini efektif untuk membuat siswa kembali memposisikan diri untuk belajar dan berperilaku dengan baik.
  • Untuk mempercantik tampilan papan atau daftar bintang kelas, jika anda menggunakan potongan kertas, gunakan beragam warna.

Itulah salah satu teknik untuk memberikan reward (penghargaan) kepada siswa yang telah melakukan aktivitas belajar dan berperilaku baik selama proses belajar mengajar. Apakah anda sudah pernah menggunakannya? Jika belum, cara ini mungkin dapat anda coba untuk memotivasi belajar siswa anda dan membantu anda dalam pengelolaan kelas agar perhatian dan konsentrasi siswa terhadap pembelajaran dapat dijaga. Demikian, semoga bermanfaat. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...