Tips Agar Materi Pembelajaran Menarik Bagi Siswa

tips menyusun materi ajar menjadi menarik bagi siswa
apakah materi pembelajaran anda menarik?

Tips Agar Materi Pembelajaran Menarik Bagi Siswa

Bagaimana caranya agar menjadi guru yang selalu dinantikan siswa? Jika siswa bapak/ibu merasa kehilangan karena bapak/ibu tidak dapat masuk kelas karena suatu aral, itu adalah pertanda bapak dan ibu guru selalu dinantikan oleh mereka. Bisa jadi anda adalah guru idola mereka. Ingin jadi guru yang seperti ini? Salah satu cara untuk menjadi guru yang selalu dinantikan siswa kehadirannya di kelas adalah dengan mengemas materi pembelajaran (materi ajar) atau konten pelajaran menjadi sesuatu yang menarik bagi mereka. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin dapat ibu gunakan untuk mengemas materi pembelajaran agar menarik bagi siswa-siswa anda, dan dijamin, siswa tidak akan bosan dengan pelajaran anda.



Manfaat Materi Bagi Siswa

Suatu materi ajar tidak akan diberikan di sekolah dan termuat di dalam kurikulum standar jika tidak ada manfaatnya untuk siswa. Oleh karena itu, adalah hal yang wajib bagi guru untuk mencermati apa-apa saja manfaat suatu materi pelajaran bagi anak didiknya apabila mereka mempelajarinya. Manfaat belajar suatu materi pembelajaran perlu disampaikan kepada siswa agar mereka merasa perlu untuk mempelajarinya dengan sungguh. Siapa yang mau mempelajari sesuatu yang tidak ada manfaatnya? Nah tentu siswa juga demikian. Jadi, identifikasi manfaat-manfaat yang dapat diperoleh siswa dan sampaikan kepada mereka betapa pentingnya materi ajar itu.

Relevansi dalam kehidupan Sehari-Hari

Kebanyakan materi ajar terkait dengan kehidupan sehari-hari. Dalam belajar, apa-apa yang dipelajari siswa seringkali adalah apa-apa yang akan mereka butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Atau, paling tidak terjadi di sekitar mereka yang sebelumnya mungkin mereka belum menyadarinya. Kemukakan betapa relevan materi pembelajaran itu dalam kehidupan mereka. Materi ajar anda harus terkait dengan keseharian siswa, atau bersifat kontekstual. Ini dapat dilakukan dengan mengambil contoh-contoh yang ada di sekitar kehidupan mereka sehari-hari.

Lebih Baik Mendalam daripada Luas Tapi Terlalu Umum

Karena keterbatasan waktu dan banyaknya topik pembelajaran yang harus dipelajari siswa berdasarkan kurikulum, maka ada dua pilihan logis untuk ini: (1) mengajar siswa secara mendalam, atau; (2) mengajar siswa secara luas tapi hanya konsep-konsep umum. Sebaiknya, anda memilih yang pertama. Ajarkanlah materi yang bersifat lebih sempit tetapi lebih mendalam. Ini akan membuat pembelajaran anda menarik. Suatu materi pembelajaran, misal fenomena mengapa dan bagaimana daun yang tua itu selalu menguning lalu kemudian jatuh dengan putus pada bagian tangkainya tentu sangat menarik daripada hanya sekedar mengetahui bahwa itu adalah proses yang disebut absisi. Begitu juga materi-materi lainnya, kupaslah secara lebih mendetail untuk suatu sub tema yang anda pilih lebih dahulu sehingga anak dapat memuaskan rasa ingin tahunya secara mendalam.

Browsing Di Internet untuk Mendapatkan Ide-Ide

Buku-buku ajar seringkali terasa kering dan hanya tampak sebagai teks berisi konsep-konsep yang tak terlalu menarik bagi siswa. Karena itu, biasakan untuk memperoleh informasi-informasi terkait materi ajar itu dengan browsing beragam sumber dari internet. Guru dapat mencari artikel-artikel populer untuk diberikan kepada siswa. Kadangkala bapak dan ibu akan mendapatkan ide-ide yang luar biasa yang tidak ada di buku ajar atau buku teks tentang materi yang akan anda belajarkan kepada siswa.

Urutan Materi Pembelajaran

Buatlah siswa menjadi mudah untuk memahami dan mempelajari materi pelajaran. Urutan sangat penting. Buat materi ajar dengan susunan dari mudah ke sulit, dari simpel ke kompleks, dari tanpa prasyarat ke dengan prasyarat, dari sangat penting ke yang kurang penting, dari konkret ke abstrak, dst. Urutkanlah materi ajar sedemikian rupa untuk memfasilitasi belajar mereka. Materi ajar yang urutannya tidak pas akan membuat kebingungan dan stres.

Selipkan Informasi Terkait Teknologi

Jaman sekarang adalah jamannya teknologi. Beragam konsep dalam pembelajaran sangat terkait dengan teknologi. Jangan pernah lepaskan materi ajar anda dengan teknologi yang berkaitan. Teknologi-teknologi dari yang paling sederhana yang digunakan oleh masyarakat sekitar sampai ke teknologi canggih akan sangat menarik jika berkaitan dengan materi ajar.

Tetap Beracuan Pada Kurikulum

Materi ajar memang harus dikembangkan lagi oleh bapak dan ibu guru. Akan tetapi dalam pengembangannya harus tetap beracuan pada standar kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Walaupun demikian, ini tidak berarti bahwa guru harus terpaku pada materi ajar yang ada di buku teks yang dikembangkan oleh pemerintah.

Gunakan Beragam Sumber

Materi pembelajaran dapat dikemas dengan menarik apabila dikembangkan bersama sumber belajar yang beragam. Materi ajar dapat disiapkan dalam berbagai bentuk, sehingga mengakomodasi siswa-siswa dengan beragam karakteristik untuk mempelajarinya dengan baik dan dengan cara yang menyenangkan.

Nah, itu tadi beberapa tips untuk mengembangkan materi ajar sehingga dapat menarik bagi siswa. Anda punya tips lain untuk ini? Silakan berbagi di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...