Tips Memberikan Kesempatan Siswa Berpikir Secara Mendalam

variasi pembelajaran membantu anak mengembangkan pemahaman
variasi pembelajaran membantu anak mengembangkan pemahaman

Tips Memberikan Kesempatan Siswa Berpikir Secara Mendalam


Terdapat 3 cara utama yang dapat guru lakukan untuk memberikan kesempatan-kesempatan kepada siswa agar mereka dapat berpikir secara mendalam (higher order thinking) dan memperoleh pengalaman-pengalaman bermakna, yaitu:
  1. Berpikir reflektif
  2. Bekerja sama
  3. Variasi pembelajaran
Berikut ini akan diulas satu per satu.



Berpikir reflektif

Setelah mempelajarai sesuatu, baik itu konsep atau prinsip, atau hukum, atau apapun, siswa perlu diajak berpikir reflektif. Hal ini dapat dilakukan guru dengan mengajak mereka membuat tulisan misalnya dalam bentuk jurnal, berdiskusi dengan siswa lain atau kelompok siswa, membuat ilustrasi, merancang dan membuat alat-alat bantu grafis, membuat peta pikiran, menulis peta konsep, menjelaskan kepada siswa lain, atau hal lainnya sehingga siswa dapat kesempatan untuk merefleksikan apa-apa yang telah mereka peroleh dan mengutarakannya baik secara lisan atau tulisan. Ini penting agar apa yang telah mereka pelajari dapat tersimpan dalam memori jangka panjang mereka, sehingga lekat diingatan dan memudahkan mereka untuk memanggilnya kembali ketika diperlukan.

Bekerja sama

Belajar dan berdiskusi dalam kelompok sejatinya adalah cara belajar manusia sebagai makhluk sosial. Tidak ada manusia yang dapat belajar dengan efektif tanpa bantuan orang lain. siswa perlu berdiskusi dan bertukar pikiran. Mereka akan mendengarkan pendapat-pendapat orang lain, lalu menyesuaikan pemahaman mereka dengan pemahaman orang lain, memperbaiki jika mereka mempunyai kekeliruan, atau mungkin membantu memperbaiki pemahaman orang lain. Siswa, dengan bekerja sama di dalam sebuah kelompok belajar akan mendapatkan kesempatan lebih dalam mengembangkan kemampuan berpikirnya dan memperoleh pengalaman belajar yang lebih bermakna.

Variasi pembelajaran

Siswa adalah individu-individu yang unik. Setiap mereka mempunyai perbedaan-perbedaan dan kesamaan-kesamaan. Oleh karena itu, dibutuhkan variasi-variasi pembelajaran untuk menunjang dan membantu mereka mengembangkan pemahaman yang lebih baik terhadap suatu materi pembelajaran. Variasi-variasi dapat dilakukan dengan penggunaan alat bantu mengajar, metode dan strategi mengajar, sumber informasi, setting pembelajaran, dan bahan belajar yang bervariasi. Jangan selalu menggunakan cara-cara yang sama dalam mengajar. Ini untuk mengakomodasi seluruh siswa di dalam kelas anda agar mendapat kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensinya dan belajar dengan sebaik-baiknya sesuai dengan karakteristiknya masing-masing.

Itulah tips tentang 3 cara utama yang dapat dilakukan oleh seorang guru di dalam kelasnya untuk dapat membantu siswa mendapatkan kesempatan-kesempatan untuk berpikir pada level yang lebih tinggi (higher order thinking) dan memperoleh pengalaman belajar yang bermakna. Jika anda mempunyai pendapat, silakan memberikannya pada kolom komentar. Semoga bermanfaat. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...