Tips Menciptakan Lingkungan Sosial dalam Pembelajaran

tips menciptakan lingkungan sosial dalam pembelajaran yang baik
seberapa mendukung lingkungan sosial di kelas anda untuk pembelajaran?

Tips Menciptakan Lingkungan Sosial yang Berkualitas untuk Pembelajaran


Apakah lingkungan sosial itu? Lingkungan sosial dalam pembelajaran adalah keadaan fisik dan sosial di mana seseorang tumbuh dan belajar. Lingkungan sosial juga mencakup budaya di kelas, di mana siswa berinteraksi dengan orang lain, dalam hal ini teman-teman, guru, dan orang-orang lainnya di dalam sekolah. Lingkungan sosial tercipta karena adanya interaksi antara individu-individu di dalam kelas atau lingkungan sekolah. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa lingkungan sosial ini sangat penting untuk keberhasilan pembelajaran siswa. Karena itu diperlukan upaya-upaya untuk mendorong terbentuknya lingkungan sosial yang mendukung proses pembelajaran yang berkualitas.


Tips Menciptakan Lingkungan Sosial yang Berkualitas untuk Proses Pembelajaran

Berikut ini ada beberapa tips yang dapat digunakan oleh bapak/ibu guru untuk menciptakan kondisi lingkungan sosial yang baik dan bermutu  di kelas:

Menghargai Perbedaan

Setiap siswa di dalam sebuah kelas adalah unik. Tidak ada siswa yang atau individu yang sama. Perhatikanlah, di kelas bapak dan ibu mungkin ada siswa muslim dan non muslim, ada laki-laki dan perempuan, ada etnis dan suku yang berbeda, berasal dari lingkungan sosial ekonomi berbeda, dsb. Perbedaan-perbedaan  ini patut dihargai. Guru jangan selalu menyamaratakan semua siswa. Karena itu, jika ingin memutuskan sebuah kebijakan menyangkut semua siswa di kelas, sebaiknya dimusyawarahkan terlebih dahulu untuk mengambil keputusan terbaik yang bisa mengakomodasi semua orang.

Menghargai Privasi

Di dalam sebuah kelas yang baik, mereka perlu memiliki wilayah-wilayah pribadi yang tak semua orang boleh memasukinya. Karena itu, buatlah aturan agar siswa tidak sembarangan mengambil barang-barang yang bukan miliknya tanpa seizin siswa yang memiliki barang tersebut. Seringkali, di kelas-kelas, pinjam-meminjam bahkan tanpa izin dari si pemilik alat tulis seperti mistar, tip eks, krayon, dsb dianggap lumrah. Ini sebaiknya perlu dihindari dan siswa diajari untuk memiliki sendiri alat-alat tulis tersebut dan menggunakan barang miliknya. Boleh saja pinjam-meminjam, tapi tentu setelah diizinkan oleh siswa pemilik barang tersebut. Tas sekolah adalah benda yang tentu tidak sembarangan orang boleh membukanya, kecuali siswa yang bersangkutan. Ajari mereka agar tidak sekehendaknya membuka atau membongkar isi tas siswa lain, walaupun mereka bersahabat akrab. Seringkali, siswa memiliki barang-barang pribadi dan bersifat privasi di dalam tas mereka.

Membangun Komunitas

Jika anda guru kelas, maka peran anda dalam membangun komunitas sangatlah penting. Bapak dan ibu guru wali kelas adalah orang yang paling mungkin untuk membangun komunitas kelas yang baik. menciptakan keakraban dan rasa persatuan sebagai sebuah komunitas dapat dilakukan dengan banyak cara. Guru dapat membuat kegiatan bersama di hari libur, misalnya dengan mengajak anak-anak berkunjung ke rumahnya untuk kemudian mengadakan pesta kecil-kecilan. Bisa juga dengan merayakan ulang tahun anggota kelas dengan sederhana tetapi penuh keakraban. Pokoknya, ada banyak cara yang dapat ditempuh dan momen yang dapat digunakan untuk membangun komunitas di kelas.

Efektifkan Komunikasi

Komunikasi membuat semua anggota kelas saling berinteraksi. Akan tetapi, sopan santun dalam berkomunikasi perlu dijaga. Tidak jarang antara satu siswa dengan siswa lain terjadi semacam friksi yang dapat menimbulkan permusuhan di antara mereka. Karena itu ajarkan dan teladankan bagaimana berkomunikasi yang baik. Bantu dan fasilitasi mereka untuk mengklarifikasi jika terjadi suatu masalah.

Demikian beberapa tips untuk menciptakan lingkungan sosial yang mendukung proses pembelajaran di kelas anda. Apakah anda mempunyai ide atau tips lainnya. Silakan berbagi di kotak komentar. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca juga:
Tips Menciptakan Lingkungan Fisik yang Baik untuk Pembelajaran
Mengapa Siswa Harus Peduli dengan Tujuan Pembelajaran yang Disampaikan Guru?
Tips Memberikan PR untuk Siswa
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...