Tips Menjadi Pelajar Sukses

Tips Menjadi Pelajar Sukses
Kamukah Pelajar Sukses itu?

Tips Menjadi Pelajar Sukses


Kamu pelajar? Ingin sukses di sekolah dan di kelasmu? Beberapa tips berikut ini dapat kamu pertimbangkan dan lakukan. Menjadi seorang pelajar yang sukses itu banyak sekali keuntungannya. Kamu bisa populer dengan cara yang positif, dan tentu saja bagus untuk masa depanmu sendiri. Pelajar yang belajar dengan baik dan sukses di sekolah atau kelasnya seringkali mendapat beragam prioritas dan fasilitas. Kamu bisa masuk ke sekolah yang bagus pada jenjang berikutnya. Kamu bisa pula mendapatkan sejumlah beasiswa yang tentu akan meringankan beban biaya pendidikan bagi orang tua kamu. Jadi... ingin berprestasi dan sukses sebagai pelajar? Silakan disimak tipsnya.


Bertanggungjawab

Semua aspek kehidupan menuntut tanggungjawab. Begitu juga status kamu sebagai pelajar. Pada status sebagai pelajar, ada konsekuensi-konsekuensi dalam bentuk tanggungjawab. Jalankan semua kewajiban yang seharusnya memang dipikul oleh oleh seorang pelajar. Kamu harus belajar. Kamu harus rajin ke sekolah, ke perpustakaan, membaca, dan sebagainya. Jika kamu telah memiliki rasa tanggungjawab baik kepada orang tua (sebagai orang yang membiayai dan sebagai tanda kamu berbakti kepada keduanya) maupun kepada dirimu sendiri (untuk kepentingan masa depanmu sendiri), maka tentunya kamu akan berpikir dan bertindak layaknya seorang pelajar yang baik. Yakinlah, kesuksesan akan segera menghampirimu.

Aktif

Setiap hari kamu menghabiskan banyak waktu di sekolah, di dalam kelas. Apa yang kamu lakukan? Sekedar bercanda dan semua materi pembelajaran yang disajikan gurumu hanya dilewatkan begitu saja tanpa makna? Jika demikian kamu akan merugi. Sangat rugi. Kamu akan menghabiskan waktumu. Pilihannya adalah belajar secara aktif (fisik dan mental/pikiran) atau  tanpa keseriusan sama sekali dalam belajar. Pilihan pertama seharusnya dipilih jika kamu ingin sukses dan tidak ingin rugi dan menyia-nyiakan waktu. Karena itu, terlibatlah secara aktif dalam pembelajaran di kelas. Dan, konsistenlah setiap saat untuk ini. Berikutnya: Kamulah Pelajar Sukses itu!

Tujuan

Pada setiap kegiatan pembelajaran di kelas, guru akan selalu menyampaikan tujuan pembelajaran. Nah, seharusnya tujuan kamu dalam belajar selaras dengan ini. Jika kamu memperhatikan dengan baik tujuan belajar yang hendak dibelajarkan oleh gurumu kepada seluruh siswa di kelasmu, maka kamu dapat berfokus pada tujuan itu dengan baik. Kamu dapat mengevaluasi diri kamu sendiri sejauh mana kamu telah belajar. Seberapa banyak tujuan belajar (pembelajaran) yang dapat kamu raih. Jika ada yang belum kamu capai, kamu dapat menajamkannya dengan segera. Saya beri tahu sebuah rahasia sukses: Tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru di awal pembelajaran ini selaras dengan soal-soal ujian yang akan diberikannya. Ingin nilai yang bagus? Capai semua tujuan belajar yang diharapkan dikuasai siswa oleh gurumu itu!

Bertanya

Malu bertanya sesat di jalan. Itu adalah sebuah pepatah yang sangat bagus. Jika kita aplikasikan di kelas, maka kamu seharusnya segera bertanya jika ada hal-hal yang belum kamu pahami dalam sebuah kegiatan pembelajaran yang diberikan guru. Jangan diam saja. Bertanyalah. Guru justru sangat suka dengan siswa yang suka bertanya. Mereka menganggap siswa yang bertanya adalah siswa yang berpikir dan memang berusaha untuk belajar mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Jangan biarkan ketidakpahaman bersarang di kepalamu. Pemahaman terhadap sesuatu hal yang amat penting dalam sebuah pembelajaran akan mempengaruhi secara nyata pemahamanmu akan hal lainnya. Materi pembelajaran selalu berurutan dan saling terkait. Tidak mengerti satu hal, akan memperbesar kemungkinan kamu semakin tidak mengerti pada materi atau hal-hal lainnya dalam pembelajaran guru tersebut.

Bekerjasama

Kesuksesan juga dipengaruhi oleh kemampuan bekerjasama dengan orang-orang di sekitar kamu yang terkait dengan pembelajaran. Orang-orang ini bisa sesama siswa, bisa pustakawan, dan tentu juga guru. Buatlah dirimu sebagai orang yang mampu dan bisa berkerjasama. Penyelesaian tugas-tugas kelompok, mengharuskan kamu bisa bekerjasama dengan beragam tipe pelajar. Bekerjasamalah dengan gurumu dengan cara mematuhi dan melaksanakan apa-apa yang diminta dan disarankan.

Duduk di Depan

Tempat duduk itu ternyata dapat ikut menentukan kesuksesan kamu sebagai seorang pelajar. Duduklah di depan jika memang memungkinkan. Posisi di deretan depan akan membuat kamu lebih mudah berkonsentrasi terhadap pembelajaran yang diberikan guru dibanding jika kamu duduk di belakang. Gangguan yang selalu hadir di kelas akan lebih minim jika kamu ada di deretan bangku depan. Kamu akan lebih dekat dengan guru yang cenderung akan berada di depan kelas. Pandangan dan pendengaranmu tidak terhalang siswa lain. Resiko lainnya jika kamu duduk di belakang adalah goadaan berbuat iseng. Ini terjadi karena kamu lebih jauh dari kontrol guru.  Selain itu, duduk di barisan belakang akan membuat kamu terpecah konsentrasi karena beragam aktivitas siswa yang ada di belakangmu yang mungkin justru melakukan hal-hal yang kontraproduktif dengan kegiatan pembelajaran. Jadi, sekali lagi, usahakan untuk selalu duduk di deretan depan.

Catat

Banyak informasi penting disampaikan guru secara lisan dan tidak tertulis di buku teks. Karena itu, sangat penting untuk merekamnya melalui sebuah buku catatan. Catat semampu kamu. Organisasikan catatanmu menjadi bacaan yang menarik dan tidak membosankan. Jangan sampai mencatat dengan cara asal-asalan. Kalau nanti tidak terbaca, tentu usaha kamu sia-sia. Buatlah catatan yang rapi. Tambahkan penguat dengan menuliskan simbol-simbol emosi dan penjelasan-penjelasan tambahan berdasarkan pemahamanmu sendiri. Gunakan warna jika diperlukan. Jangan biarkan informasi berharga dan penting yang keluar dari mulut guru lenyap bersama berlalunya jam pelajaran.

Diskusikan

Mengkomunikasikan apa-apa yang akan, sedang, atau telah dipelajari sangatlah penting. Pelajar sukses selalu membicarakan dan mendiskusikan bahan pelajaran mereka. Mereka mendiskusikannya saat di kantin, di media sosial online, dan tentu saja juga di kelas saat pembelajaran berlangsung. Terlibatlah untuk urun pendapat, menanggapi, memberi masukan, bertanya, menjawab, dan mengklarifikasi. Ini sangat baik untuk meningkatkan pemahaman dan daya retensi kamu. Mendiskusikan bahan pelajaran akan membuatnya terekam dengan baik di kepalamu. Guru atau siswa lain mungkin juga dapat meluruskan miskonsepsi yang mungkin ada di pemahamanmu.

Atur waktu dan manajemen Kegiatan

Salah satu hal di dunia ini yang tidak bisa dibeli dan tidak akan kembali adalah waktu. Jadi, waktu amatlah berharga. Karena itu, aturlah waktumu dengan baik. Bagi-bagi kegiatanmu sehari-hari sehingga kegiatan belajar dan bersekolah menjadi salah satu aktivitas yang mendapatkan porsi yang pas. Banyak pelajar jaman ini yang karena beragam aktivitasnya justru membuatnya tidak memiliki posri waktu yang cukup untuk belajar dan bersekolah. Semua kegiatanmu sehari-hari harus dimanajemen sedemikian rupa agar membantumu mewujudkan harapan menjadi pelajar yang sukses.



Cara Belajar

Setiap orang mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Kamu itu unik. Kamu tidak sama dengan siapapun di dunia ini, bahkan saudara kembarmu jika kamu memilikinya. Oleh karena itu, kenali dirimu. Kenali dan pahami bagaimana sebenarnya cara belajarmu. Ini dapat diketahui jika kamu rajin melakukan refleksi, berkontemplasi. Pikirkan dan ingat-ingat kesuksesan-kesuksesan yang telah kamu rain. Pikirkan dan ingat-ingat juga kegagalan-kegagalan atau kekurangberhasilan yang menimpamu. Mengapa itu terjadi? Bagaimana kamu belajar sebelumnya? Dengan cara ini pula kamu akan memperoleh cara-cara belajar paling efektif untuk dirimu sendiri.

Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan kepada kamu yang ingin menjadi seorang pelajar yang sukses. Semoga bermanfaat. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...