Cara Membuat Kelinci Kertas

cara membuat kelinci kertas
kelinci kertas ini lucu juga ya?

Cara Membuat Kelinci Kertas

Setelah beberapa waktu lalu kita papercraft seperti membuat kupu-kupu kertas, dan burung kertas dengan teknik quilling, maka kali ini saya mengajak anak-anak kita untuk kembali berkreasi untuk membuat papercraft yang lain. Kita akan membuat prakarya dari kertas bekas: Membuat Seekor Kelinci yang Lucu dengan teknik quilling.

Seperti dua tutorial sederhana sebelumnya, teknik quilling atau menggulung kertas pada tutorial ini sangat sederhana. Ini memang dimaksudkan agar anak-anak mudah menirunya. Kelinci dari kertas ini dibuat dari siswa kertas HVS berwarna pink. Saya memberi latar berupa guntingan kertas bekas sampul berwarna hijau untuk padang rumputnya, dan kertas HVS putih sebagai langitnya. Oh ya, tentu saja anda dapat menggunakan kertas khusus untuk quilling yang dapat dibeli di toko-toko alat tulis yang memang jual quilling paper ini. Perhatikan, pada gambar di samping kita bahkan dapat mengatur beragam posisi tubuh kelinci kertas yang dibuat sesuai keinnginan kita. Tinggal sedikit daya kreativitas ditambahkan. Kelinci sedang duduk, sedang berlari, atau sedang melamun dapat dibuat dengan gulungan-gulungan kertas yang sederhana ini. Mau coba? Yuk disimak caranya.


Alat dan Bahan yang Diperlukan


  1. Kertas HVS bekas, tidak perlu kertas HVS kosong, yang bekas dipakai untuk ngeprintpun boleh. Malah nantinya akan memberikan warna bercak-bercak unik pada tubuh kelinci yang dibuat.
  2. Cutter untuk memotong kertas.
  3. Alas (sebaiknya dari kaca) untuk memotong kertas.
  4. Mistar untuk memotong kertas
  5. Pinset untuk mengatur letak bagian-bagian tubuh kelinci (gulungan-gulungan kertas) sesuai keinginan. Alat ini sebenarnya tidak harus ada, dengan menggunakan jari atau lidi kecilpun dapat dilakukan.
  6. Lem kertas
  7. Gunting (tidak harus ada)
  8. Sepotong lidi kecil untuk tempat menggulung kertas.

cara membuat kelinci kertas
bagian-bagian tubuh kelinci kertas

Cara Membuat Kelinci Kertas langkah Demi Langkah


  1. Iris kertas HVS bekas secara memanjang dengan lebar lebih kurang 3 mm. Makin rapi mengiris, maka kelinci yang dihasilkan akan makin baik dan rapi. Siapkan 6 irisan kertas.
  2. Gulung masing-masing kertas itu. Anda mungkin harus memotong 4 irisan kertas agar menjadi lebih pendek. Ini akan digunakan untuk membentuk dua buah telingan, satu buah kaki dan satu untuk bagian ekor kelinci.
  3. Untuk bagian kepala, gulunglah kertas agak rapat (bukan padat). Beri sedikit lem pada ujung terluar gulungan agar tidak terbuka. Tekan salah satu sisi gulungan dengan telunjuk dan ibu jari. Jangan terlalu kuat menekan, dan tekanan hanya dilakukan pada lingkaran terluar saja. Ini akan membentuk kepala yang sedikit lancip untuk bagian wajah kelinci.
  4. Untuk bagian badan, gulung kertas secara longgar, sehingga lingkaran yang terbentuk sekitar 2 kali lebih besar dibanding bagian kepala kelinci. Biarkan berbentuk bulat.
  5. Untuk bagian telinga, kita membutuhkan dua buah gulungan kertas. Tekan gulungan kertas pada dua sisi lingkaran sekaligus dengan dua tangan. Gunakan jari telunjuk dan jempol tangan kiri dan kanan. Maka akan terbentuk gulungan kertas yang memipih dan lancip di dua ujung yang berlawanan.
  6. Untuk bagian kaki, kita membuat gulungan dengan tekanan satu kali di salah satu sisi. Akan tetapi tekanan yang diberikan kali ini lebih banyak dibanding pada saat kita membentuk bagian kepala. Hasil akhirnya akan membentuk bagian kaki yang mirip seperti bentuk tanda baca “koma”.
  7. Untuk bagian ekor, sama seperti badan kelinci, gulungan kertas dibiarkan berbentuk lingkaran. Akan tetapi ukurannya dibuat lebih kecil karena kita menggunakan kertas yang lebih pendek irisannya.
  8. Sekarang seluruh bagian tubuh kelinci telah terbentuk. Tinggal menyatukan dan membuat latarnya.
  9. Ambil sehelai kertas putih. Tambahkan guntingan kertas sampul berwarna hijau berbentuk lengkungan untuk mengesankan sebuah padang rumput dengan kontour bergelombang. Beri lem secukupnya.
  10. Letakkan bagian-bagian tubuh kelinci pada latar yang telah dibuat itu, atur sedemikian rupa sehingga tampak kelinci sedang duduk atau hendak melompat.
  11. Berikan lem secukupnya, gunakan pinset untuk mempermudah anda memegang bagian-bagian tubuh kelinci kertas itu untuk kemudian merekatkannya pada tempat yang diinginkan.
  12. Kelinci kertas yang lucu telah selesai dibuat. Unik bukan?

Demikian cara membuat kelinci kertas, sebuah prakarya sederhana untuk anak yang mungkin sedang duduk di bangku SD (sekolah dasar). Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca Juga:
Cara Membuat Ular Kertas untuk Anak TK
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...