Cara Menulis Resensi Buku

cara menulis resensi buku
bagaimana cara menulis resensi buku?

Cara Menulis Resensi Buku


Sebuah resensi buku yang baik akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi orang yang mungkin akan membaca atau membeli buku yang bersangkutan. Untuk menulis sebuah resensi yang baik, tentunya tidaklah asal-asalan. Beberapa langkah berikut dapat anda lakukan saat menulis sebuah resensi buku. Mari kita simak.


Bacalah Buku Secara Keseluruhan

Resensi yang objektif dibuat pertama kali dengan terlebih dahulu membaca seluruh isi buku. Jangan sekali-kali menulis sebuah resensi ketika sedang membaca dan anda belum menyelesaikannya hingga halaman yang terakhir. Sebuah buku itu memuat banyak hal. Ibarat seekor gajah, anda harus mengenalinya mulai dari kepala, telinga, badan, kaki, hingga ekornya. Selesaikan membaca buku tersebut agar anda dapat membuat resensi yang adil dan komprehensif.

Buat Catatan

Pada saat membaca, anda dapat membuat catatan-catatan singkat tentang bagian-bagian tertentu yang menarik untuk diulas dalam resensi anda nantinya. Sertakan pula nomor halaman, di mana bagian menarik itu anda temukan. Catat bagaimana pemikiran anda terhadap bagian-bagian itu. Atau, jika anda menulis resensi buku fiksi seperti novel, anda dapat mencatat bagaimana perasaan anda tentang bagian itu.

Tentukan Genre

Setiap buku memiliki genrenya masing-masing. Tentukan genre buku tersebut dari kesimpulan anda setelah membacanya. Berikan tanggapan terhadap isi buku terkait genre ini. Kemudian catat pula perwajahan (sampul buku), jumlah halaman, jenis kertas, tahun terbit, nama penerbit, dan identitas lainnya.

Perhatikan Gaya Penulisan

Setiap penulis mempunyai gaya kepenulisan yang berbeda. Buku itu seperti sebuah lagu, kita bisa mencermati dan merasakan bahwa suara-suara penyanyi yang mendendangkan lagu itu memiliki ciri khas tersendiri, demikian juga dengan sebuah buku.

Temukan Bagian-Bagian Terbaik

Sebuah resensi seharusnya memuat nilai-nilai plus yang ada dalam sebuah buku (tentunya juga nilai minusnya). Karena itu, cermati bagian-bagian yang pembahasannya begitu mendalam dan mencerahkan pembaca. Berikan ulasan dan pujian mengapa menurut anda demikian. Lalu temukan pula bagian-bagian minusnya untuk memberikan kritikan atau saran kepada penulis. Ini sangat penting untuk menunjukkan bahwa anda menulis sebuah resensi yang fair.

Mulailah Menulis

Setelah semua bahan dan informasi mengenai buku yang anda akan tulis resensinya itu cukup lengkap, mulailah menuliskannya. Tulislah terlebih dahulu pokok-pokok pikiran anda. Untuk memudahkan langkah ini anda dapat memilah-milah informasi tentang buku yang telah terkumpul itu ke dalam beberapa kategori. Selanjutnya kembangkan pokok-pokok pikiran itu untuk menjadi sebuah resensi buku.

Judul yang Menarik

Buatlah judul yang dapat menjerat perhatian pembaca. Jika buku itu telah dibuat resensinya oleh orang lain (banyak orang), anda dapat mempertimbangkan judul yang berbeda dan benar-benar unik. Selain judul yang menarik, buatlah pula kalimat pertama yang bagus. Tidak bertele-tele dan langsung ke bagian yang menjadi sentral resensi anda. Sertakan identitas buku di bawah judul. Jika perlu tambahkan foto kecil sampul buku tersebut agar pembaca memudahkan mengenali buku yang anda tulis resensinya itu.

Baca Ulang Resensi

Setelah selesai menulis, tinggalkan tulisan resensi ini selama beberapa hari, lalu baca ulang. Ini penting untuk melihat bagaimana tulisan resensi yang telah anda buat dalam suasana yang berbeda. Biasanya, dengan mudah anda akan menemukan bagian-bagian yang mungkin perlu mendapat polesan atau perbaikan. Jika dirasa perlu, mintalah orang lain untuk membaca resensi itu, untuk mendapatkan masukan dan diskusi.

Demikian langkah-langkah atau cara menulis sebuah resensi buku. Semoga bermanfaat, wassalam.

Baca juga:
Bagaimana Caranya Agar Anak Gemar membaca?
Sumber-Sumber Inspirasi Menulis Artikel Blog
Tips Agar Tak kehabisan Ide Menulis
Tips Mencari Buku yang Diperlukan Di Perpustakaan

No comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar di http://novehasanah.blogspot.com
Komentar anda adalah apresiasi bagi kami, karena itu berkomentarlah dengan sopan.

Mohon untuk tidak meninggalkan link aktif pada kolom komentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...