Contoh Rubrik Penilaian Poster

contoh rubrik penilaian poster
contoh rubrik untuk melakukan penilaian poster yang dibuat siswa

Contoh Rubrik Penilaian Poster


Pada beberapa mata pelajaran, guru seringkali memberikan tugas kelompok, tugas rumah (PR), tugas proyek, dan sebagainya dalam bentuk poster. Produk belajar siswa berupa poster tentunya harus dinilai secara obyektif. Untuk menghindarkan guru dari kemungkinan memberikan penilaian yang kurang adil, maka penilaian hasil belajar siswa dalam membuat poster dapat dilakukan dengan rubrik. Sebuah rubrik penilaian produk belajar seperti poster ini memerlukan penekanan pada aspek-aspek atau kriteria-kriteria yang harus diperhatikan dalam pembuatan poster. Aspek-aspek itu misalnya meliputi isi atau teks, desain, gambar, ketersampaian pesan.


Isi atau teks

Dalam sebuah poster, teks atau isi poster harus singkat tetapi padat dan kaya akan informasi, kemudian teks juga harus jelas keterbacaannya. Perhatikan bahwa poster hanya memuat tulisan-tulisan pendek. Walaupun demikian informasi yang terdapat di dalamnya harus padat. Jadi penting sekali untuk menyusun informasi dengan pemilihan kalimat yang tepat. Sifatnya pun bisa persuasif, kritik, hingga deskriptif. Ini tentu tergantung tujuan dari dibuatnya poster itu sendiri. Jenis huruf yang digunakan juga harus mudah dibaca dan menunjang  desain.

Desain

Penggunaan warna harus menjadi perhatian dalam pembuatan poster. Ini tentu tujuannya agar poster itu menjadi lebih menarik. Ukuran elemen-elemen penyusun harus proporsional. Sementara itu, pesan yang ingin disampaikan harus dapat menjadi pusat perhatian

Gambar

Gambar merupakan elemen utama dalam sebuah poster selain teks. Oleh karena itu, gambar harus menarik. Tidak sekedar menarik tentu saja, tetapi juga harus bermakna sebagai penyampai pesan, dan orisinil.

Ketersampaian pesan   

Tujuan dibuatnya sebuah poster adalah untuk menyampaikan sebuah pesan tertentu. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan apakah pesan yang ingin disampaikan oleh pembuat poster dapat ditangkap dengan mudah oleh pembaca.

Ini adalah sebuah contoh rubrik penilaian produk berupa poster buatan siswa berdasarkan kriteria-kriteria poster yang baik yang telah diuraikan di atas.


Aspek / Kategori / Kriteria 4 3 2 1
Isi / teks Isi teks singkat, padat akan informasi, jelas keterbacaannya Dua dari kriteria isi / teks yang baik dipenuhi, sementara salah satu kriteria tidak dipenuhi Hanya salah satu dari kriteria isi / teks yang baik dipenuhi, sementara dua kriteria tidak dipenuhi Isi teks terlalu panjang, miskin informasi, tidak jelas keterbacaannya (seluruh kriteria tidak terpenuhi)
Desain Warna menarik, ukuran elemen penyusun proporsional, pesan yang ingin disampaikan menjadi pusat perhatian (ketiga kriteria terpenuhi) Dua dari kriteria desain yang baik dipenuhi, sementara salah satu kriteria tidak dipenuhi Hanya salah satu dari kriteria desain yang baik dipenuhi, sementara dua kriteria tidak dipenuhi Warna, ukuran elemen penyusun, pusat perhatian tidak menunjukkan desain yang baik (seluruh kriteria tidak terpenuhi)
Gambar Gambar menarik, bermakna sebagai penyampai pesan, dan orisinil (ketiga kriteria terpenuhi) Dua dari kriteria gambar yang baik dipenuhi, sementara salah satu kriteria tidak dipenuhi Hanya salah satu dari kriteria gambar yang baik dipenuhi, sementara dua kriteria tidak dipenuhi Gambar tidak menarik, tidak bermakna sebagai penyampai pesan, dan tidak orisinil (seluruh kriteria desain yang baik tidak terpenuhi)
Ketersampaian Pesan Pesan sangat mudah ditangkap pembaca Pesan cukup mudah ditangkap pembaca Pesan sulit ditangkap pembaca Pesan tidak dapat ditangkap pembaca

Demikian contoh rubrik penilaian poster yang dapat saya berikan untuk anda. Semoga dapat bermanfaat untuk kegiatan penilaian hasil belajar (produk) di kelas anda yang berkaitan dengan tugas membuat poster. Jika anda mempunyai ide atau saran, silakan menuliskannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat. Wassalam.

Baca juga
Contoh Penilaian Keterampilan Berpidato pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...