Membuat Rubrik Penilaian : Pertanyaan-Pertanyaan

mengembangkan rubrik penilaian
mengembangkan sebuah rubrik penilaian itu sulit-sulit gampang  

Pertanyaan-Pertanyaan yang Penting untuk Dijawab Sebelum Membuat Sebuah Rubrik Penilaian

Sebelum membuat sebuah rubrik penilaian untuk menilai kinerja atau produk hasil belajar yang dihasilkan siswa, guru dapat mempersiapkan perencanaan dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut agar ia mempunyai gambaran yang memadai tentang rubrik penilaian yang akan dikembangkannya. Pertanyaan-pertanyaan itu adalah sebagai berikut:

  • Kriteria atau komponen (dimensi) esensial apa sajakah yang harus/penting untuk dimunculkan dalam rubrik penilaian nantinya?

Pertanyaan ini tentunya dapat dijawab dengan mempertimbangan kriteria-kriteria terpenting untuk membedakan apakah kinerja yang sudah dilakukan siswa dapat dikategorikan bagus atau tidak, atau kriteria-kriteria yang dapat membedakan apakah produk yang dihasilkan siswa bagus atau tidak. Hasilnya, ketika guru telah menemukan dan menentukan kriteria-kriteria tersebut, maka ini akan menjadi bagian “dimensi” pada rubrik penilaian nantinya. Pada rubrik penilaian, kriteria-kriteria esensial ini (dimensi) diletakkan pada baris-baris sebelah kiri rubrik. (Jika anda ingin lebih jelas tentang bagian “dimensi” ini atau istilah-istilah lainnya yang digunakan pada tulisan ini, silakan baca tulisan tentang komponen-komponen sebuah rubrik penilaian).
  • Pada tingkatan-tingkatan apa saja, kinerja atau produk siswa akan diberi nilai?

Tingkatan-tingkatan ini nantinya tentu saja akan bervariasi mulai dari tingkatan kinerja atau produk terbaik hingga yang paling rendah: tidak baik (kurang baik). Tingkatan-tingkatan itu misalnya: (4) sangat baik; (3) baik; (2) cukup; (1) kurang baik. Atau misalnya: (4) sangat terampil; (3) terampil; (2) cukup terampil; (1) belum terampil. Atau dapat juga: (3) sempurna; (2) bagus; (1) masih kurang, dan sebagainya. Tingkatan-tingkatan kualitas kinerja atau produk ini akan membentuk kolom-kolom ke arah kanan dari rubrik penilaian yang akan dikembangkan.
  • Apa deskripsi yang jelas untuk setiap tingkatan pada setiap dimensi (kriteria atau komponen esensial kinerja atau produk)?

Jawaban pertanyaan ini akan membantu guru untuk menuliskan “deskripsi dimensi” pada sel-sel (kotak-kotak yang dibentuk baris dan kolom) pada rubrik penilaian. Deskripsi dimensi ini sangat penting, karena inilah basis penilai (guru) untuk memberikan skor pada setiap komponen atau kriteria esensial yang akan dinilai. Hindari menggunakan deskripsi yang tidak jelas: seperti sangat baik; baik; cukup; kurang baik; sangat terampil; terampil; cukup terampil; belum terampil; sempurna; bagus; masih kurang. Perhatikan, bahwa jawaban pertanyaan ini bukan digunakan untuk membuat judul kolom (skala) seperti pertanyaan sebelumnya, tetapi untuk mengisi deskripsi di bawahnya.
  • Apakah diperlukan pembobotan untuk setiap komponen (kriteria esensial)?

Beberapa komponen yang dimasukkan ke dalam baris-baris pada kolom paling kiri bisa saja memiliki bobot esensialitas yang berbeda, walaupun bisa saja setara. Oleh karena itu, jika diperlukan setiap komponen atau kriteria esensial pada sebuah rubrik penilaian dapat diberi bobot. Misalnya, dalam sebuah rubrik untuk menilai poster, komponen penilaian seperti “desain poster” dapat diberi bobot lebih besar dibanding komponen “orisinalitas komponen poster”, misalnya. Jika memang akan diberikan pembobotan yang berbeda, besaran bobot tiap komponen penilaian dapat diletakkan langsung di bawah komponen atau ditulis tersendiri dengan menambahkan kolom di paling kanan tabel rubrik penilaian.

Baca juga:
Membuat Soal-Soal yang Mengukur Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
Contoh Rubrik untuk Menilai Poster
Contoh Rubrik untuk Menilai Kemampuan Berpidato

Pertanyaan Tambahan

Beberapa pertanyaan tambahan yang akan turut membantu perancangan sebuah rubrik penilaian:
  • Untuk menyelesaikan tugas ini, materi pelajaran (konsep) apa saja yang harus dikuasai oleh siswa  dengan baik?
  • Jika rubrik yang dibuat tentang rubrik penilaian produk (misal menilai poster buatan siswa), maka perlu pula dipertanyakan: Apakah proses pembuatannya juga penting untuk dinilai?

Demikian beberapa pertanyaan yang sekiranya bila dijawab akan dapat membantu guru mengembangkan sebuah rubrik penilaian  dengan lebih baik dan mudah. Jika anda menemukan atau menganggap ada pertanyaan-pertanyaan penting lainnya yang belum tercantum di sini, silakan menambahkannya melalui saran pada kolom komentar. Semoga bermanfaat, wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...