Tips Menangani Keterlambatan Mengumpulkan Tugas

tips menangani keterlambatan mengumpulkan tugas
siswa anda sering terlambat mengumpulkan tugas?

Tips Menangani Keterlambatan Siswa Dalam Mengumpulkan Tugas

Pada kegiatan pembelajaran di kelas, guru seringkali memberikan tugas untuk dikerjakan oleh siswa. Tugas ini dapat bervariasi baik dalam hal pengerjaannya, apakah berkelompok atau individual. Tugas bisa juga bervariasi berdasarkan jenisnya, seperti PR (pekerjaan rumah), proyek, ataupun kegiatan eksperimen mandiri yang perlu dibuat laporannya, dan sebagainya. Salah satu masalah yang sering timbul dari tugas-tugas yang dikerjakan di rumah ini adalah adanya beberapa siswa atau kelompok siswa yang terlambat mengumpulkannya dari batas waktu yang telah ditentukan oleh guru. Bahkan, keterlambatan itu dapat terjadi berulang kali. Baik pada mata pelajaran yang sama untuk tugas yang berbeda, maupun untuk mata pelajaran dan guru yang berbeda.

Oleh karena itu, perlu diperhatikan dalam memberikan tugas kepada siswa atau kelompok siswa beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab keterlambatan mereka dalam menyelesaikan dan mengumpulkannya kepada guru, seperti tingkat kesulitan tugas, perbedaan tingkat kemampuan setiap siswa, hingga waktu pengerjaan.

Berikut ini beberapa tips untuk menangani siswa atau kelompok siswa yang sering atau berkali-kali terlambat mengumpulkan tugas dari jadwal yang telah ditetapkan oleh guru sebagai batas akhir pengumpulannya. Mari kita simak.


Tips 1. Tingkat Kesulitan Tugas

Guru yang mengajar di sebuah kelas akan dapat mengetahui tugas macam apa yang cocok diberikan untuk siswanya, terlebih menetapkan tingkat kesulitan tugas. Tugas-tugas yang terlalu sulit untuk diselesaikan siswa atau kelompok siswa untuk dibawa pulang ke rumah akan sangat berpengaruh terhadapap ketepatan waktu mengumpulkannya. Guru sebaiknya memberikan tugas yang masih berada dalam jangkauan anak dalam mengerjakannya. Jangan memberikan tugas yang terlalu sulit untuk mereka. Alih-alih mengerjakan, mereka bahkan dapat tidak mengerjakan tugas itu sama sekali.

Tips 2. Kemampuan Siswa atau kelompok Siswa

Tips yang kedua ini tentu berkaitan erat dengan tips pertama di atas. Kenali setiap siswa atau kelompok siswa yang telah dibentuk. Berada pada level mana kemampuan mereka. Setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbeda-beda. Guru seharusnya tidak memberikan tugas yang terlalu mudah atau terlalu sulit. Logikanya, seorang guru yang baik akan memberikan kesempatan dan kemungkinan bagi semua siswa atau kelompok siswa di kelasnya untuk dapat mengerjakan tugas yang diberikan.

Tips 3. Waktu yang Cukup

Ketika guru merancang tugas yang akan dikerjakan di rumah oleh siswa, maka guru harus dapat memperhitungkan berapa kira-kira durasi waktu yang dibutuhkan oleh siswa atau kelompok siswa untuk menyelesaikannya dengan baik. Berilah tambahan waktu dengan asumsi bahwa siswa atau kelompok siswa juga mendapatkan tugas dari guru lain. Jika tugas itu dapat diselesaikan dalam 3 hari misalnya, maka guru dapat memanjangkan batas waktu pengumpulannya menjadi seminggu atau 10 hari. Dengan demikian, siswa masih punya waktu untuk mengerjakan tugas-tugas lainnya karena mereka tidak hanya belajar dengan anda. Mereka juga mungkin mendapatkan tugas dari guru-guru atau pada mata pelajaran lain.

Tips 4. Kuantitas Tugas

Perlu diperhatikan berapa banyak tugas yang akan diberikan kepada siswa. Jangan sampai guru memberikan tugas yang terlalu banyak sehingga menyita waktu siswa. Adalah suatu kekeliruan jika mereka harus menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan tugas dari anda. Bukankah mereka juga mempunyai tugas dari guru lain. Pemberian tugas dalam jumlah (kuantitas) yang terlalu banyak akan membuat mereka justru menanggapi negatif tugas yang diberikan. Mereka akan membenci pelajaran anda, atau bahkan mungkin anda sendiri.

Tips 5. Beri Bonus

Tips yang kelima ini mungkin jarang dilakukan. Cobalah, mungkin akan sangat bagus untuk memperbaiki perilaku siswa atau kelompok siswa yang suka melalaikan dan terlambat mengumpulkan tugas sesuai deadline yang telah ditetapkan guru. Caranya, berikan bonus skor 15% jika siswa dapat mengumpulkan tugas 3 hari sebelum deadline; 10% bonus skor jika mengumpulkan tugas 2 hari sebelum deadline; 5% skor bonus jika mengumpulkan sehari sebelum deadline.

Tips 6. Kurangi Skor

Sebaliknya dari bonus skor, guru juga dapat sekaligus mengaplikasikan minus skor. Misalnya, siswa atau kelompok siswa yang terlambat 1 hari mengumpulkan tugas dari jadwal yang telah disepakati skornya akan dikurangi 5%; jika terlambat 2 hari 10%; 3 hari terlambat 15%, dan seterusnya.

Demikian tips untuk menangani siswa atau kelompok siswa yang berkali-kali terlambat mengumpulkan tugas dari jadwal waktu yang telah ditetapkan. Apakah anda mempunyai ide yang lain untuk menangani perilaku negatif ini? Jika ada, silakan memasukkannya pada kolom komentar di bawah tulisan ini. Semoga bermanfaat, wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...