Sumber Inspirasi Menulis Blog

Sumber Inspirasi Menulis Blog
sudah dapat inspirasi menulis untuk hari ini?

Sumber Inspirasi Menulis Blog

Beberapa waktu yang lalu di blog ini pernah diuraikan Tips Agar Tidak Kehabisan Ide Menulis Artikel Blog. Sepertinya, tulisan ini belum memuat banyak. Karena itu kita akan tambahkan lagi dalam bentuk beberapa sumber inspirasi untuk menulis artikel blog. Menurut saya, tulisan ini lumayan penting untuk diulas, karena beberapa rekan blogger pemula sering berhenti menulis karena merasa kehabisan ide tulisan untuk artikelnya. Sebenarnya, ini tidak perlu terjadi karena ada banyak sumber inspirasi untuk menulis di sekitar kita. Nah, mari kita ulas satu per satu.

Sumber-Sumber Inspirasi Menulis Artikel Blog

Profil Orang Di Sekitar Anda

Ada bayak orang dengan profil yang menarik di sekitar kita. Setiap orang adalah unik. Tidak ada orang dengan kepribadian yang sama. Anda tak perlu menuliskan namanya untuk dijadikan artikel blog anda. Anda mungkin cukup menyentil salah satu sifat buruknya, atau sifat baiknya. Ketika kita bersentuhan dengannya saat berinteraksi dalam kegiatan sehari-hari pasti ada hal-hal yang tercetus tentang orang tersebut. Beragam emosi muncul. Ulas ini untuk menjadi bahan dan sumber inspirasi anda menulis. Jadikan sebagai sebuah artikel yang bersifat umum dan tidak lagi merujuk kepada orang yang bersangkutan.

Percakapan Yang Anda Dengar

Setiap hari indra pendengaran kita mendengar banyak informasi. Dalam sehari saja, ada banyak hal menarik yang masuk melalui indra pendengaran ini. Banyak informasi tersebut terekam dengan baik dan menyita perhatian kita. Seringkali, terhadap informasi itu, kita mempunyai opini dan cara pandang tersendiri, kita membentuk sikap kita sendiri terhadap informasi tersebut. Tuliskan ini di dalam artikel blog anda. Pasti akan sangat menarik hasilnya.

Status Facebook

Jika anda suka facebookan, setiap hari banyak orang-orang atau sahabat-sahabat anda memperbaharui status mereka. Banyak hal-hal unik, lucu, menyenangkan, tragis, yang mereka sampaikan. Meskipun biasanya sangat singkat, status facebook sahabat anda yang hanya terdiri dari beberapa kata itu mampu dibentuk dan dikembangkan menjadi artikel yang bagus. Angkat apa yang diutarakan sahabat anda sebagai topik dalam menulis artikel blog.

Majalah

Saya sebenarnya bukan orang yang suka membaca majalah. Tetapi kadang-kadang saya mebolak-balik halaman majalah yang ada di tempat kerja saya. Saya yakin, kita dapat membuat artikel baru dengan inspirasi dari majalah. Di majalah ada beragam tulisan dan gambar-gambar yang menarik. Pilih salah satu yang anda sukai dan mungkin dikembangkan lagi jadi artikel di blog anda.

Buku

Jika anda seorang yang suka membaca buku, tentu anda tahu bahwa dalam sebuah buku terdapat banyak sekali ide-ide yang bagus. Kadang-kadang, ide itu sekedar tercetus begitu saja tanpa tercover dalam buku itu. Ide-ide ini, jika menurut anda dapat dikembangkan dapat ditulis menjadi artikel baru. Kecendrungan beberapa blogger, juga dapat dilakukan oleh anda, misalnya mengulas kembali beberapa bagian menarik dalam buku itu dalam bahasa anda sendiri. Ini bagus, selain melatih anda menulis, juga dapat membantu anda mengingat hal-hal dalam buku tersebut.

Blog

Blog adalah sumber inspirasi tanpa batas. Ada beragam jenis blog dan beragam artikel ditulis di dalamnya, baik oleh blogger pemula maupun blogger profesional. Semua artikel itu dapat dibaca saat kita melakukan kegiatan blogwalking. Kita akan menemukan banyak inspirasi untuk tulisan baru di sana. Eit, tapi ingat, jangan sesekali melakukan tindakan tak terpuji seperti copy paste artikel blogger lain.

Kegiatan Anda

Sehari itu 24 jam. Dan mungkin 8 jam anda gunakan untuk tidur. Sisanya, anda beraktivitas dalam beragam kegiatan. Mulai urusan domestik hingga urusan pekerjaan atau sekolah (kuliah). Dari semua aktivitas itu, kegiatan-kegiatan menarik dapat dituliskan ke dalam artikel blog anda.

Barang-barang Di Sekitar Anda

Lihatlah di sekeliling anda. Ada beragam benda bukan? Pilih salah satu. Itu dapat menjadi sumber inspirasi. Benda-benda itu mempunyai manfaat, tujuan, bahan, sifat, dan karakteristiknya masing-masing. Anda bahkan dapat bercerita dalam artikel blog anda, bagaimana barang itu bisa sampai berada di dekat anda, cara pembuatannya, di mana mendapatkannya, dan sebagainya. Itu baru barang-barang biasa. Bayangkan jika ada barang-barang yang padanya terdapat makna emosi (berkaitan dengan perasaan atau hubungan anda dengan seseorang)? Hm... pasti seru untuk dituliskan bukan?

Forum

Di dunia maya, ada banyak forum yang bisa anda ikuti. Ini tentu terkait minat anda sendiri. Biasanya, kita memperoleh beragam informasi di sana saat beninteraksi dengan sesama anggota forum lain. Kita dapat bertukar informasi, berdebat, dan sebagainya. Nah, bagaimana kalau informasi yanga anda dapatkan di forum tersebut dituliskan dengan merangkumnya dalam sebuah artikel blog?

Karya Seni

Karya seni adalah bentuk ekspresi yang dibuat oleh seorang seniman atau kelompok seniman. Karya seni selalu diciptakan berdasarkan kehalusan rasa dan keindahan. Sebuah karya seni yang menarik perhatian anda atau perhatian publik  dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi baru untuk tulisan anda. Bahkan, seringkali pula banyak hal-hal misterius yang ada dibalik penciptaan sebuah karya seni. Wah..terdengar agak gimana gitu ya?

Film

Kadangkala kita saat menonton sebuah film menemukan hal-hal unik, mengetahui hal-hal baru, merasakan sebuah keanehan, dan sebagainya. Emosi kita juga kadang diaduk-aduk oleh sebuah adegan tertentu. Ketika kita begitu merasakan sesuatu yang lebih pada sebuah film, kita dapat menuliskannya menjadi sebuah artikel blog. Tontonlah sebuah film, lalu temukan sumber inspirasi di sana.

Novel

Saya suka baca novel. Genrenya bisa horror, suspense, hingga romantic dan komedi. Pada novel, saya sering menemukan inspirasi yang tercetus ketika membaca kata-kata bijak yang terselip di sana. Beberapa kejadian mungkin juga mirip-mirip dengan kehidupan kita atau sahabat, atau orang yang kita kenal. Mengulas novel yang bagus macam ini bisa membantu kita mengembangkan artikel baru. Bahkan, sekedar menulis resensinya pun sudah membuat kita menulis sebuah artikel yang akan dibutuhkan banyak orang yang mungkin ingin membeli novel tersebut tetapi terlebih dahulu ingin membaca resensinya.

Gambar

Sebuah gambar itu bisa mendeskripsikan dan mewakili ribuah kata. Carilah sebuah gambar di situs-situs tertentu sesuai minat anda. Gambar apapun yang anda temukan dapat menjadi sumber inspirasi untuk tulisan anda. Anda dapat mulai dari gambar apa itu, lalu memaknakan apa, dan seterusnya.

Kejadian Aktual

Setiap hari selalu ada kejadian-kejadian baru di sekitar kita. Kejadian-kejadian ini datang kepada kita melalui tontonan berita di tv, koran, hingga cerita orang-orang di sekitar kita. Tulislah ini menjadi sebuah artikel untuk blog anda.

Monumen

Di kota anda pasti ada sebuah monumen. Bahkan, seringkali terdapat lebih dari satu monumen. Nah, pergilah ke sana, lalu dapatkan informasi tentang monumen itu. Atau, anda nikmati suasana di sana, lalu ceritakan apa-apa saja yang anda lihat, rasa, dan alami di sana. Monumen dapat menjadi sebuah inspirasi baru untuk menulis artikel di blog anda.

Musik dan Lagu

Siapa sih yang dapat hidup terpisah dari musik dan lagu. Yakin deh, pasti gak banyak. Jika anda suka musik dan lagu, ceritakan musik dan lagu kesukaan anda tersebut. Ceritakan mengapa anda menyukainya, ceritakan tentang penyanyinya, penciptanya, bagaimana aransemennya, hingga video klipnya. So mudah untuk mendapatkan inspirasi dari sebuah alunan musik atau lagu.

Sahabat

Orang yang terdekat dengan anda seringkali ikut mempengaruhi kehidupan dan emosi anda. Ceritakan ini dalam tulisan anda (tentu tanpa harus menyebutkan nama dan tempat). Sahabat bisa jadi sumber inspirasi yang bagus untuk menulis artikel blog.

Tempat Kerja

Wah, kalau bicara tempat kerja pasti menarik sekali. Anda mungkin punya profesi tertentu yang di dalamnya sering melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu yang amat spesifik. Ceritakan itu dalam artikel anda. Berikan tutorial atau tips, jika anda benar-benar menguasai suatu jenis pekerjaan tertentu.

Kejadian yang Anda Alami

Sepanjang kehidupan anda, ada banyak kejadian yang dialami. Mulai dari kelucuan-kelucuan, kesedihan-kesedihan, kegembiraan-kegembiraan, hingga sesuatu yang mendadak dan mengejutkan. Tulislah itu ke dalam artikel anda.

Anak dan Keluarga

Jika anda telah berkeluarga, banyak hal yang bisa dijadikan sumber inspirasi tulisan. Seorang ibu yang blogger seringkali kita lihat menuliskan hal-hal menarik yang dilakukan anak-anaknya. Atau, menuliskan bagaimana rutinitas dan kejadian-kejadian di seputar keluarga anda.

Makanan

Banyak blogger profesional yang sukses dengan hanya mengolah sumber inspirasi dari makanan. Mereka membuat blog atau website khusus tentang kuliner. Mulailah menulis resep, jika anda memang pintar memasak. Sertakan gambar-gambar menarik dari makanan yang anda buat. Atau, anda juga bisa bercerita tentang makanan khas dari daerah anda, hingga makanan kesukaan anda.

Tanaman

Kita tinggal di negeri yang mempunyai keanekaragaman tanaman terbesar di dunia setelah Brazil. Ada banyak tanaman unik dan menarik untuk diulas. Lihatlah para blogger di sekitar kita, mereka menulis manfaat tanaman sebagai bahan herbal. Banyak juga juga yang mengulas beragam jenis tanaman hias. Nah, anda bisa mencontoh mereka untuk mengembangkan artikel-artikel dari tanaman sebagai sumber inspirasi.

Alam

Pergilah ke tempat-tempat indah. Rasakan bagaimana angin berhenbus di sana. Nikmati keindahan panorama yang tersaji oleh alam. Lalu, ceritakan ini dalam tulisan anda di blog.

Agama dan Kepercayaan

Jika anda mempunyai pengetahuan tentang agam, anda dapat mengulas beragam hal ditinjau dari sudut agama atau kepercayaan anda. Ini akan membuat blog anda kaya akan artikel yang bermanfaat. Banyak pembaca blog yang mencari informasi tentang ini. Artikel anda pasti disukai banyak orang.

Perasaan dan Emosi Anda

Jika anda punya personal blog yang kosong karena lama tak ditulisi artikel baru, saatnya kini untuk meluapkan perasaan anda. Buatlah artikel menarik tentang ini. Memang, jika anda bersifat ekstrovert, ini akan lebih mudah. Tetapi seorang introvert pun dapat mengungkapkan perasaannya dalam artikel blog yang menarik. Hilangkan atau samarkan identitas anda dalam artikel dengan memodifikasinya menjadi sebuah cerita yang bersifat umum.

Koran

Ada berapa lembar halaman koran? Ada berapa banyak judul di setiap halaman? Banyak sekali bukan? Dari beragam topik itu, anda dapat memilih salah satu atau beberapa untuk dikembangkan ulang menjadi bahan tulisan dan sumber inspirasi.

Pepatah dan Kata-Kata Bijak

Saya orang yang suka membaca kata-kata bijak, kata-kata mutiara, dan sejenisnya. Bagi saya, ini merupakan sumber inspirasi yang terbatas. Anda juga dapat menjadikannya demikian. Buatlah artikel blog dari sebuah pepatah atau kata-kata bijak yang hari ini mencuri perhatian anda.

Cerita

Cerita yang ada di sekitar kita, baik cerita legenda, nyata, atau fiksi dapat dikembangkan menjadi bahan baru untuk tulisan kita. Olah ulang dengan sudut pandang anda.

Puisi

Meskipun biasanya puisi hanya terdiri dari beberapa larik kata, ia mengandung makna yang kaya. Kembangkanlah puisi semacam ini untuk menjadi sumber inspirasi menulis anda.

Cerita Sukses

Seorang yang sedang sukses menarik perhatian anda? Anda ingin sesukses dia? Pelajari bagaimana ia bisa menjadi demikian, lalu tuliskan apa yang anda dapatkan dari pembelajaran anda itu sebagai bahan artikel baru di blog anda.

Biografi

Orang-orang sukses luar biasa seringkali mempunyai jalan hidup yang menarik dan berbeda dari orang kebanyakan. Membaca sebuah biografi tentu menarik. Tulis ulang biografinya dengan cara anda sendiri.

Hal Lainnya

Ada tak terhitung sumber inspirasi yang bersentuhan dengan kita. Intinya, tinggal kita yang harus banyak berlatih untuk menajamkan rasa. Inspirasi menulis tidak usah dicari ke mana-mana. Ia akan datang dengan sendirinya bersama meningkatnya kepekaan anda akan suatu hal yang menarik yang ada di sekitar anda. Ia akan membuat jari-jari anda gatal untuk menuliskannya menjadi sebuah bahkan banyak artikel menarik untuk dituliskan ke dalam blog anda.

Latihan Akan Memperlancar Proses Menulis Artikel Blog

Bagi beberapa blogger senior, yang sudah malang-melintang di dunia blogging, tentu urusan menulis artikel blog tidak pernah menemui kendala yang berarti. Biasanya hambatan mereka hanyalah keterbatasan waktu dan tenaga. Itu bisa dimaklumi karena mereka kadang bukan fulltime blogger, tetapi mereka adalah orang-orang yang menggunakan sisa waktu luangnya untuk menulis di blog.

Nah, bagi kawan-kawan yang masih newbie seperti saya, proses menulis artikel akan lebih lancar, jika kita tidak mengeluh kehabisan ide. Carilah ide-ide itu. Jangan ragu untuk memulai mengetikkan kata pertama, kalimat pertama, dan paragraf pertama anda. Jika sudah menjadi, maka lanjutkanlah, sesulit apapun hambatan yang dialami ketika meneruskannya untuk membentuk sebuah artikel blog yang bagus. Lakukan ini secara terus-menerus, berlatih adalah kuncinya. Jika hambatan-hambatan seperti ini terus dilalui, maka lama-kelamaan proses menulis anda ankan menjadi jauh lebih mudah. Sehari 2 atau 3 artikel bagus, tidak ada masalah. Go blogger!

Demikian tulisan tentang sumber inspirasi menulis di blog, semoga bermanfaat terutama untuk blogger pemula. Apakah anda mempunyai sumber inspirasi lain selain yang disebutkan di atas? Silakan berkomentar pada kolom yang disediakan di bawah tulisan ini. Wassalam.

Baca juga:
Tips Terbaru untuk Meningkatkan Traffic Blog Anda
Tips dan Cara Mencari Gambar untuk Blog
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...