Tips Menghadapi Kenakalan Siswa

tips menghadapi kenakalan siswa
bagaimana caranya menghadapi siswa nakal?

Tips Menghadapi Siswa Nakal Di Kelas


Pernahkah anda mengeluhkan perilaku salah satu siswa di kelas anda karena kenakalan yang sering dilakukannya. Kenakalan dapat dilakukan oleh seorang siswa baik pada saat pembelajaran di kelas ataupun pada saat di luar kelas pada jam-jam sekolah, atau bahkan pada jam-jam di luar jam sekolah. Hal ini tentu merepotkan dan kadang agak “mengesalkan” bagi seorang guru. Ini hal yang wajar. Hanya saja, seorang guru yang baik akan berusaha sebaik-baiknya mengatasi kenakalan anak didiknya dengan efektif. Kenakalan yang terjadi di dalam kelas, di luar kelas, bahkan di luar jam-jam sekolah biasanya sangat mempengaruhi performa belajar mereka. Ini tentu buruk jika tidak segera ditangani. Beberapa tips berikut mungkin dapat dicoba untuk mengatasi perilaku menyimpang ini. Mari kita simak.

Tips 1. Kondisikan Dari Awal

Jika guru telah mempunyai informasi tentang seorang siswa yang akan masuk dalam kelas anda pada awal semester, misalnya setelah kenaikan kelas atau siswa pindahan dari sekolah lain, maka sebaiknya anda segera mengkondisikan mereka dari awal. Cara ini harus dilakukan secara hati-hati. Jika guru melakukan kesalahan, maka justru siswa akan merasa telah “dicap” sebagai siswa pembuat masalah, siswa nakal, siswa yang bakal jadi pengganggu, dan sebagainya. Oleh karena itu, lakukan pertemuan secara pribadi dengan siswa tersebut. Bicaralah secara ramah dan hangat kepadanya. Sampaikan bahwa anda mempunyai harapan bahwa ia akan menjadi siswa yang baik dan berprestasi. Ingatlah, bahwa kehangatan anda dalam berbicara dengan siswa ini akan menjadi momentum penting dalam memperbaiki perilaku buruk atau kenakalannya selama ini. Tunjukkanlah sikap bahwa anda adalah guru yang peduli dengannya, guru yang respek dan menghargainya, apapun stigma yang telah melekat kepadanya selama ini.

Tips 2. Berperan Sebagai Mentor

Anak-anak yang berperilaku menyimpang dengan melakukan berbagai kenakalan biasanya memiliki masalah rumit yang tidak dapat diselesaikannya dengan tuntas. Seringkali mereka datang dari keluarga broken home, orang tua yang tidak peduli dengan pendidikan anak, kemiskinan, atau buruknya hubungan orang tua – anak di rumah. Jika guru berhasil mendekati anak-anak yang mempunyai perilaku buruk dengan beragam kenakalan ini, maka dengan leluasa anak akan bercerita tentang masalah yang dihadapinya. Keterbukaan adalah bagian penting dari penyelesaian masalah. Ajaklah anak berbicara dari hati ke hati, lalu jadilah mentor untuk memberikan alternatif-alternatif solusi yang mungkin dapat mereka coba. Bahkan, tidak ada salahnya jika guru menjadi penghubung antara anak dengan orang tua, jika masalahnya memang ada di sini. Seringkali anak-anak nakal tidak mempunyai tempat berbagi dan mentor untuk mereka mengatasi masalah-masalah pelik yang dihadapi. Frustasi karena adanya masalah-masalah itulah yang membuat mereka melakukan kenakalan-kenakalan.

Tips 3. Pererat Hubungan Guru – Siswa

Hubungan yang baik, terbuka, dan saling menghormati satu sama lain antara guru dan siswa yang dianggap bermasalah ini merupakan kunci penting. Lakukan hal-hal sederhana dan santai untuk ini. Usahakan untuk menyapa dan mengetahui bagaimana keadaan anak-anak ini setiap harinya. Jika tidak bertemu, usahakan bahwa ia tahu bahwa anda mencarinya dan menanyakan kabarnya lewat teman-temannya atau teman sekelasnya. Menunjukkan bahwa anda adalah guru yang peduli dan menghargai mereka sebagai individu akan membuat hubungan guru – siswa menjadi lebih erat. Ikatan yang terbentuk akan mempermudah penyelesaian masalah dan mungkin dapat membantu mereka untuk berubah menjadi siswa yang lebih baik.

Tips 4. Kuatkan Diri

Ketika berhadapan dengan anak-anak bermasalah dengan segala jenis kenakalannya tidaklah mudah. Pada tahap-tahap awal mereka mungkin akan menjauh dan membenci anda. Bukan mustahil, justru andalah yang akan jadi korban kenakalan mereka. Berusahalah untuk sabar dan tetap komitmen untuk menunjukkan kepedulian anda. Tunjukkan bahwa anda tidak mendendam dan akhirnya mempunyai sikap memusuhinya. Ini penting untuk menunjukkan keseriusan dan kesungguhan anda. Sekali anda lemah, maka gagallah semua upaya. Harapan untuk mengubah mereka menjadi anak yang lebih baik otomatis tidak berhasil dan terhenti.

Demikian beberapa tips yang mungkin dapat dicobakan secara simultan untuk menghadapi dan mengatasi siswa nakal. Apakah anda mempunyai tips lainnya? Silakan berbagi di kolom komentar. Semoga bermanfaat, wassalam.

Baca juga:
Cara Mengatasi Masalah Disiplin Siswa
Cara Mengatasi Masalah Disiplin Siswa (Bagian 2)
Tips Berkomunikasi dengan Siswa Bermasalah
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...