Tips Merawat Buku

tips merawat buku
rawatlah buku-buku dengan baik

Tips Merawat Buku

Anda pecinta buku dan secara khusus mengoleksinya? Sepertinya tips berikut ini akan cocok untuk anda. Kali ini saya akan membahas tips merawat buku. Meskipun kedengarannya sederhana, buku perlu dirawat dengan baik. buku yang tidak dirawat dengan baik akan lebih cepat rusak. Sayang sekali, soalnya buku itu kadang harganya mahal. Atau, bisa juga buku yang kita miliki itu merupakan koleksi langka, hadiah dari seseorang yang mempunyai arti penting bagi anda, atau sangat bermanfaat untuk anda atau orang lain di sekitar anda. Nah, sekarang marilah kita simak bagaimana tips merawat buku.


Tangan Harus Bersih

Ketika anda memegang buku, pastikan bahwa tangan anda dalam kondisi bersih dan kering. Jangan memegang buku sambil memegang makanan. Sisa makanan yang menempel pada kertas buku akan membuat buku anda berjamur dan cepat lapuk. Selain itu, sisa makanan juga akan mengundang serangga seperti semut untuk bersarang pada buku. Sebaiknya, cuci tangan sebelum memegang buku bila anda baru saja mengambil makanan, lalu keringkan dengan lap bersih atau tisu.

Bersihkan

Tidak bisa dihindari, buku-buku yang diletakkan di atas meja, di dalam rak buku, atau lemari bisa saja menjadi kotor karena debu atau kotoran lainnya. Karena itu bersihkanlah koleksi buku anda secara berkala. Siapkan kemoceng atau sapu bulu ayam atau kuas besar untuk membersihkan debu. Jangan sesekali melap buku atau sampul buku dengan kain lembap karena dapat merusak buku. Buku yang lembap sangat disukai kutu buku atau rayap. Sapu debu yang menempel pada permukaan buku hingga bersih.

Berikan kamper atau kapur barus

Ketika anda meletakkan koleksi buku terbaik anda di dalam lemari buku atau rak buku, taruh beberapa butir kapur barus atau gantung kamper di dekatnya. Ini akan membantu mengusir kutu buku, kecoak, semut, atau serangga lain yang menyukai selulosa (serat) bahan buku. Bagi mereka halaman-halaman kertas buku anda adalah makanan yang lezat. Meletakkan kamper atau kapur barus juga membantu mengurangi kelembapan di dalam lemari buku atau udara di sela-sela buku pada rak.

Kering Anginkan

Buku-buku yang lama berada di dalam lemari atau rak perlu sesekali dikeluarkan, meskipun anda tidak berniat membacanya. Ini akan membuatnya mendapatkan udara segar. Jangan biarkan buku terlalu lama berderet di atas rak atau lemari buku, karena dapat menyebabkan tumbuhnya jamur mikroskopis. Jamur akan cepat tumbuh dalam sekejap bila buku lembap. Bau apek adalah salah satu pertanda buku anda mulai diserang jamur. Keluarkan buku dan tebarkan di atas meja untuk mengering-anginkan.

Berikan Sampul

Ketika anda memperoleh buku baru, segera berikan sampul untuknya. Terutama jika buku tersebut hanya memiliki softcover atau paperback cover. Gunakan sampul dari plastik mika yang tebal. Beberapa toko buku langganan anda mungkin menawarkan jasa untuk memberi sampul buku, jadi anda dapat memanfaatkan servis tambahan ini tanpa harus repot-repot melakukannya sendiri. Jikapun anda harus memberi sampul sendiri, gunakan selotip untuk merekatkan sampul. Jangan sesekali menggunakan stapler karena paku stapler akan segera berkarat dalam waktu beberapa bulan saja. Ini akan membuat buruk dan merusak penampilan buku baru anda.

Buka Buku Baru Dengan Hati-Hati

Ketika akan mulai membaca buku baru, jangan dipaksakan. Lemaskan dan lenturkan terlebih dahulu halaman-halaman buku dengan membuka-buka pada bagian depan tengah dan belakang di atas meja. Biasanya, lem penjilidnya belum luwes dan keras sehingga ketika buku terlalu dipaksa untuk dibuka akan menyebabkan lem jilidnya menjadi pecah atau patah. Jika sudah demikian, maka buku anda akan mudah tercerai –berai halamannya karena copot.

Jangan Melipat Halaman Buku

Ketika membaca buku, lalu anda berhenti sesaat karena ada pekerjaan lain, dan berniat untuk melanjutkan membacanya di lain waktu, jangan biasakan melipat halaman buku untuk memberi tanda. Gunakan penanda halaman buku. Biasanya, jika kita membeli novel baru, sehelai kertas dengan ketebalan sedang akan disertakan di dalamnya sebagai penanda halaman (bookmark). Gunakan ini sehingga anda tidak melipat halaman buku. Jika anda tidak mempunyai penanda halaman, anda dapat membuatnya sendiri. Secara sederhana dan mudah, gunakan potongan kertas sampul bekas untuk menandai halaman terakhir yang anda baca.

Susun Buku dengan Rapi

Ketika anda selesai membaca sebuah buku, letakkan buku tersebut di tempat yang aman dari gangguan serangga dan kelembapan. Letakkan di rak khusus atau lemari khusus. Atur dengan rapi, berdasarkan jenis dan ketebalan atau ketinggian buku. Usahakan untuk menyusun buku secara tegak. Ini lebih baik dibanding meletakkan buku secara bertumpuk karena masih memungkinkan pertukaran udara di antara buku yang satu dengan buku yang lain, bahkan antar halaman buku. Gunakan sandaran buku dari kayu atau besi bercat yang tidak berkarat. Pastikan sandaran buku cukup kuat menopang buku-buku koleksi anda.

Nah, demikian tips merawat buku. Anda punya tips lain untuk merawat buku-buku koleksi anda? Silakan berbagi di kolom komentar. Semoga bermanfaat, wassalam.
Baca juga:
Cara Menulis Resensi Buku
Cara Menjadikan Anak Gemar Membaca
Tips Mencari Buku yang Anda Butuhkan Di Perpustakaan
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...