Cara Memanfaatkan Statistik Dashboard Blogger untuk Ide Menulis

cara memanfaatkan statistik blog
jangan abaikan data pada statistik di dashboard blog anda

Memanfaatkan Statistik Dashboard Blogger untuk Ide Menulis


Saat masuk ke dalam dashboard blogger anda, menu apa yang sering anda buka? Kalau saya sih statistiknya. Mengapa, karena dengan membuka statistik blog, saya bisa melihat bagaimana kinerja konten-konten atau artikel blog saya untuk pembaca. Saya bisa memantau artikel mana yang paling banyak dibaca pengunjung target kita.  Awalnya saya Cuma peduli pada berapa banyak kunjungan pembaca atau pengguna internet ke blog saya, tetapi kini saya mulai berpikir: mengapa blogger di dashboardnya menyediakan menu statistik ini? A..ha! salah satu manfaat penting yang dapat kita ambil dari data yang tertera pada statistik blogger di bagian dashboard itu adalah untuk sumber inspirasi menulis artikel baru.


Pada bagian menu statistik blog ini, kita bisa menjumpai submenu overview, posts, traffic source, hingga audience. Saya paling suka mencermati submenu traffic source karena saya pikir bagian ini menggambarkan dari mana asal pengunjung antau pembaca blog kita. Lalu, lebih spesifik lagi, bagian pada submenu traffic source ini terdiri dari refrrering URLs, referring sites, dan search keywords.

Nah, yang terakhir itu: search keywords! Itulah bagian terpenting dari data statistik blog kita sebagai sumber ide atau inspirasi menulis artikel selanjutnya. Melalui kata-kata kunci (keywords) yang muncul pada statistik di dashboard blogger itu kita bisa mengembangkan artikel baru. Gunakan kata kunci yang sama dengan yang tertera pada statistik blog itu, karena itulah kata kunci yang telah digunakan user kita untuk sampai masuk ke halaman blog atau artikel kita.

Secara tidak langsung (walaupun memang belum tentu), itulah kata-kata kunci yang cukup kita kuasai dalam perebutan ranking di SERPs (Search Engine Result Pages). Bisa jadi jika kata-kata kunci atau keyword itu kita kembangkan lagi, maka kita akan menjadi nomor satu di SERPs. Itu kan yang kita cari dan inginkan ketika kita ingin menulis sebuah konten blog. Kita ingin duduk di peringkat pertama dan mendapat traffic yang banyak dengan konten yang bersangkutan.

Jadi apakah kita harus mengulang artikel yang sama dengan artikel di mana kata kunci (keyword) itu digunakan? Tidak. Kata-kata kunci itu adalah sumber inspirasi untuk menulis artikel baru. Sekarang saya beri sebuah analogi melalui gambar berikut.
cara memanfaatkan statistik blog
contoh pengembangan ide dari keyword unggulan di statistik dashboard blogger

Ketika kita mempunyai kata kunci yang bagus dan telah membawa pengunjung ke blog kita, misalnya kata kunci itu adalah disiplin siswa, dan kita telah menulis artikel tentang: Beberapa Masalah Disiplin Siswa di Sekolah, maka kita bisa mengembangkan artikel baru seputar masalah disiplin siswa. Misalnya saja, kita bisa membuat tulisan:
  • Hubungan Disiplin Siswa dengan Prestasi Belajarnya
  • Tips Mengatasi Masalah Disiplin Siswa
  • Pentingnya Memperbaiki Disiplin Siswa untuk Pembelajaran
  • 10 Disiplin Siswa yang Harus Ditegakkan
  • Cara Membuat Siswa Disiplin
  • Dan sebagainya.

Menguatkan posisi kita dengan menambahkan artikel-artikel atau konten baru tentang kata kunci yang banyak membawa traffic ke blog kita akan semakin memantapkan posisi kita di SERPs, apalagi jika kata kunci itu hanya ditopang oleh satu atau dua konten (artikel) saja. Dengan berjalannya waktu, blogger-blogger lain mungkin akan membuat artikel baru terkait kata-kata kunci atau keyword yang telah kita kuasai itu. Akhirnya, posisi kita di SERPs dengan keyword itu akan diambil alih oleh blogger-blogger tadi. Apalagi jika artikel itu semakin tertimbun oleh artikel-artikel baru kita yang tidak berhubungan. Perlu diketahui bahwa search engine semacam google dan yahoo, atau search engine lainnya lebih menyukai konten-konten yang fresh (baru), bahkan para pembaca juga. Apalagi untuk google yang menyediakan filter pencarian dengan menambahkan atribut waktu artikel tersebut dipublikasikan.

Menggunakan keyword yang banyak membawa traffic ke blog kita itu sangat penting. Selain tadi untuk memantapkan posisi kita di SERPs, juga bermanfaat untuk melatih kita melakukan eksplorasi dan elaborasi terhadap topik atau keyword tersebut. Nah, siapa tahu anda lagi kehabisan ide untuk menulis, bukalah statistik blog anda, lihatlah keyword apa yang membuat mereka datang kepada blog anda.

Selain menggunakan statistik dari keyword, kita juga dapat menemukan ide baru untuk tulisan kita dari statistik posts. Data statistik posts menunjukkan konten mana yang paling dibaca di blog kita, secara berurutan. Anda dapat memperhatikan urutan itu, atau dapat pula membuat kesimpulan dari posts yang muncul pada statistik tersebut yaitu: tema apa yang menjadi keunggulan blog anda dan telah menjadi sumber traffic atau kunjungan pembaca. Eksplorasi dan elaborasi lagi tema atau tersebut untuk menulis konten blog yang baru dan relevan.

Bagaimana menurut anda? Apakah anda juga memanfaatkan statistik blog untuk menemukan ide baru untuk membuat artikel atau konten? Semoga menginspirasi dan bermanfaat. Wassalam.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...