Cara Membuat Bunga dari Kertas Bekas

cara membuat bunga dari kertas bekas
kreasi bunga mungil dari kertas bekas

Cara Membuat Bunga dari Kertas Bekas


Punya sisa potongan-potongan kertas berwarna? Mungkin bekas apa gitu... Tunggu, jangan dibuang dulu. Mungkin masih dapat kita manfaatkan untuk membuat papercraft alias kerajinan tangan atau prakarya sederhana namun cantik: bunga kertas nan mungil seperti gambar di samping. Lihatlah, kedua bunga itu berukuran kecil, dibuat dari potongan-potongan kertas. Walaupun demikian, mereka tampak unik dan menarik.

Baca juga 
Cara Membuat Bunga dari Kertas dan Cotton Bud
Cara Membuat Bunga dari Kertas dan Kancing


Sebenarnya, kedua jenis bunga kertas tersebut dibuat dengan teknik paper quilling (menggulung kertas) seperti yang pernah kita lakukan saat membuat tiga macam papercraft atau prakarya dari kertas sederhana sebelumnya, yaitu:

Cara Membuat Aneka Burung dari Kertas,
Cara Membuat Kelinci Kertas
Cara Membuat Kupu-Kupu Kertas.



Hanya saja, jika ketiga prakarya yang telah kita buat di atas merupakan bentuk dua dimensi (2D), kali ini pembuatan bunga kertas dari sisa potongan-potongan kertas yang digulung adalah dalam format 3 dimensi (3D). Jadinya, hasil kerajinan tangan atau prakarya ini dapat dengan mudah kita letakkan di atas meja atau rak kecil sebagai elemen dekoratif hasil karya sendiri. Nah, jika anda tertarik untuk membuatnya, berikut ini akan disajikan langkah-langkah pembuatannya dengan diserta gambar-gambar. Mari disimak.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

  1. Potongan-potongan kertas bekas berwarna hijau, merah, kuning, pink, dan sebagainya (apa saja yang anda punya)
    Penggaris (mistar)
    Cutter
  2. pinset (bila dibutuhkan)
  3. Gunting
  4. Tusuk gigi (tooth pick) atau lidi kecil
  5. Lem kertas yang kuat (saya menggunakan lem putih)

Langkah-Langkah atau Cara Membuat Bunga dari Kertas Bekas


  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.
  2. Potong kertas secara memanjang dengan lebar 1,5 cm. Sediakan beberapa helai. Di sini saya menggunakan warna biru. Kita akan membentuknya menjadi pot bunga kecil. Caranya, gulung kertas tersebut pada sebatang tusuk gigi. Beri lem pada permulaan gulungan (pada sesama kertas, bukan pada tusuk gigi), demikian juga pada akhir gulungan agar tidak terbuka. Buatlah gulungan yang cukup tebal, sehingga berbentuk silinder dengan tinggi 2 cm dan diameter 1,75 cm. Perhatikan gambar 1 berikut.
    cara membuat bunga dari kertas bekas
    Gambar 1
  3. Lepaskan tusuk gigi dari silinder yang dibuat dengan menariknya, lalu gunting kertas dengan warna yang sama (boleh berbeda) dengan lebar 2,75 cm dan panjang sekitar 5 cm. Lipat salah satu sisi panjangnya sekitar 0,5 cm dari pinggir. Kertas ini akan kita gulungkan ke silinder yang baru dibuat. Aplikasikan lem saat menggulung kertas ini dengan rapi. Peran kertas ini adalah sebagai dinding pot kecil, dan gulungan kertas pertama (silinder) adalah sebagai tanah (media tanaman). Lipatan dengan lebar 0,5 cm tadi akan memberi kesan pinggiran atas pot yang lebih tebal. Sedangkan sisi lainnya nanti akan dibentuk menjadi kaki pot dengan cukup menekuknya ke arah dalam (pusat silinder). Perhatikan gambar 2, 3, 4, dan 5.
    cara membuat bunga dari kertas bekas
    Gambar 2
    cara membuat bunga dari kertas bekas
    Gambar 3
    cara membuat bunga dari kertas bekas
    Gambar 4
    cara membuat bunga dari kertas bekas
    Gambar 5
  4. Berikutnya, kita akan menyiapkan batang bunga. Ambil sebuah tusuk gigi dan sehelai kertas berwarna hijau (lebar 0,3 cm), lalu lilitkan secara spiral ke batang tusuk gigi sehingga batang tusuk gigi tertutupi. Gunakan lem secukupnya agar lilitan tidak mudah terlepas dan tampak rapi. Perhatikan gambar 6 dan 7.
    cara membuat bunga dari kertas bekas
    Gambar 6
    cara membuat bunga dari kertas bekas
    Gambar 7
  5. Selanjutnya kita akan membentuk daun dan mahkota bunga. Bentuk dasarnya adalah gulungan kertas dengan teknik paper quilling. Cara membuatnya, potonglah kertas berwarna hijau (atau warna apa saja yang anda miliki) dengan  lebar 0,3 cm dan panjang sekitar 30 cm. Gulung kertas dengan bantuan lidi (jika anda ingin serius, anda dapat membeli jarum quilling di toko bahan kerajinan) sehingga di dapatkan bentuk seperti obat nyamuk bakar (lihat gambar 8).
    cara membuat bunga dari kertas bekas
    Gambar 8
  6. Tutup ujung gulungan dengan menggunakan lem sehingga gulungan tidak membuka (terbuka).
  7. Berikan tekanan dengan jari-jari telunjuk dan ibu jari dari tangan kiri dan kanan anda pada dua sisi lingkaran untuk membentuk 2 buah ujung melancip. Nah, bentuk daun kita sudah dibuat. Buatlah 2 buah bentuk daun daun ini, yang nantinya akan siap kita tempelkan pada batang bunga. Lihat gambar 9 dan 10. Jika ingin lebih jelas bagaimana cara menekan gulungan kertas untuk membuat bentuk-bentuk khusus, baca caranya di sini.
    cara membuat bunga dari kertas bekas
    Gambar 9
    cara membuat bunga dari kertas bekas
    Gambar 10
  8. Untuk helaian-helaian mahkota bunga, cara yang digunakan sama seperti membuat daun. Iris tipis kertas dengan lebar 0,3 cm, lalu gulung. Buatlah 5 buah gulungan sama besar dan tutup setiap gulungan dengan lem agar tidak terbuka. Kepada setiap gulungan tersebut, selanjutnya diberi tekanan dengan jari telunjuk dan ibu jari tangan kanan anda untuk membentuk satu sisi lancip. Akhirnya akan terbentuk 5 helai mahkota yang masing-masing mirip seperti bentuk tetesan air.
  9. Kemudian buat sebuah gulungan kertas yang padat (juga dengan lebar 0,3 cm). Caranya mirip dengan cara kita membuat gulungan pertama untuk media tanam dalam pot mini bunga kita. Berikan lem pada awal dan akhir gulungan. Gulungan padat ini akan menjadi lingkaran pusat bunga tempat kita menempelkan kelima helai mahkota bunga.
  10. Satukan lingkaran pusat dengan batang bunga, lalu rekatkan satu per satu helaian mahkota bunga ke lingkaran pusat. Saat menyatukan bagian-bagian bunga kertas yang berukuran mini ini, kita harus sedikit bersabar untuk menunggu lem kering, agar bagian-bagian yang disatukan tidak jatuh tercerai-berai. Jika kesulitan memegang benda-benda kecil ini, anda dapat dibantu dengan pinset. Perhatikan gambar 11.
    cara membuat bunga dari kertas bekas
    Gambar 11
  11. Nah, setelah semua bagian-bagian bunga kertas yang mungil itu disatukan, tusukkan batangnya ke pot yang telah dibuat tadi. Ta.... raaa.... bunga kertas yang mungil dan cantik kita sudah jadi.
    cara membuat bunga dari kertas bekas
    hasil akhirnya, prakarya bunga mungil dari potongan kertas bekas

Variasi Bunga Mungil dari Potongan Kertas Bekas

Anda dapat mencoba bentuk-bentuk lain saat membuat gulungan kertas untuk mahkota bunga atau daun dan batang bunga. Lihatlah, saya menggunakan teknik tekanan jari yang berbeda saat membuat bunga untuk tulip di bawah ini. Saya tidak menggunakan tusuk gigi sebagai batang, tetapi hanyalah berupa lipatan kertas yang pada ujungnya di tempelkan bentuk mahkota bunga tulip. Daunnya pun cukup dibuat dengan guntingan kertas selebar 0,4 cm – 0,5 cm secara meruncing dan ditekuk melengkung. Cantik juga ya hasilnya.
cara membuat bunga dari kertas bekas
bunga tulip dari potongan kertas bekas


Itulah cara membuat prakarya unik bunga dari sisa potongan-potongan kertas bekas (paper craft). Bunga mini yang dihasilkan dapat dipajang di atas rak kecil atau di atas meja sebagai elemen dekoratif nan unik. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. Wassalam.
Baca juga:
Cara Membuat Boneka dari Kertas
Cara Membuat Kertas Seni untuk Media Puisi
Cara Membuat Kincir Angin Kertas dengan Teknik Melipat
Bermain Bentuk dengan Lipatan dan Guntingan Kertas Warna-Warni
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...