Cara Mengetahui Jumlah Backlink ke Blog Anda

tampilan backlink checker dari smallSEOtools

Cara Mengetahui Jumlah Backlink ke Blog Anda


Setelah beberapa lama blogging, barangkali anda penasaran sudah berapa banyak backlink yang berhasil anda kumpulkan. Sebagaimana kita ketahui backlink itu sangat penting untuk eksistensi blog kita. Backlink adalah link balik yang ditujukan kepada blog kita oleh website atau blog lain. jumlah backlink menunjukkan seberapa penting blog kita di internet. Backlink adalah salah satu bukti bahwa blog kita dirujuk oleh website atau blog lain, walaupun tentu tidak sepenuhnya begitu. Ya, bisa saja backlink itu diperoleh dari pembelian oleh website yang memang menjual backlink, atau backlink yang disediakan secara gratis.


Backlink adalah salah satu faktor penting bagi search engine seperti google dan yahoo untuk menampilkan alamat URL blog atau konten blog anda dalam halaman hasil pencarian (SERPs). Itulah sebabnya banyak blogger berburu backlink. Tentu saja, jika anda ingin melakukan ini, anda harus memperhatikan beberapa faktor, di antaranya adalah kualitas backlink yang anda incar itu. Kualitas backlink jauh lebih penting daripada kuantitas backlink. Bisa saja 10 backlink berkualitas jauh lebih bermanfaat dibanding 1000 backlink tak berkualitas. Apalagi itu adalah backlink yang diperoleh dari website yang telah diberi tanda hitam (blacklist) oleh mesin pencari macam google. Jadi, nanti bukannya keuntungan yang anda dapatkan dari backlink itu, malah kerugian yang diperoleh.

Beberapa waktu lalu saya mencoba mencek backlink yang mengarah ke blog saya. Untuk keperluan ini saya mencoba salah satu tool gratis yang disediakan oleh smallSEOtools.com. Gambar screenshoot di atas adalah tampilan dari halaman di mana saya mencek berapa banyak backlink yang mengarah ke blog saya. Wah, ternyata masih sedikit. Tapi gak papa, yang penting kita terus berusaha agar kita semakin banyak memperoleh backlink.

Jika anda tertarik untuk mencoba berapa banyak backlink yang sudah anda peroleh dan blog anda tertaut pada halaman mana saja, silakan menjajalnya di sini

Caranya cukup mudah, anda tinggal mengetikkan http://alamat-blog-anda pada kolom yang disediakan, kemudian klik tombol CHECK yang berwarna biru. Setelah beberapa detik, anda akan dapat melihat seluruh backlink yang mengarah ke blog anda.

Hasil pencarian backlink oleh smallseotools-backlink ini berbentuk tabel. Pada tabel ini anda akan mendapatkan informasi total backlinks (jumlah seluruh backlink yang anda peroleh), pages URL contain your backlinks (URL halaman yang mengandung backlink ke blog anda), site PR (pagerank situs yang menaut balik blog anda), page PR (pagerank halaman yang menaut balik blog anda), anchor text (teks yang disisipi tautan ke blog anda), dan flag (bendera, yang menyatakan apakah backlink yang anda peroleh itu berasal dari situs dofollow atau nofollow).

Pada tabel hasil penelusuran backlink itu juga terdapat warna merah dan hijau. Apa arti warna merah pada tabel itu saya juga belum mengerti. Nah, jika anda tertarik untuk mencoba berhitung sudah berapa banyak backlink yang anda dapatkan, silakan mengunjungi website tersebut di atas dan menggunakan tool gratis yang mereka sediakan.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...