Cara Menggambar Kucing dengan Sidik Jari

cara menggambar kucing dengan sidik jari 1
kucing digambar yang dengan sidik jari

Cara Menggambar Kucing dengan Sidik Jari   


Kali ini kita akan kembali belajar menggambar. Sulit dan tidak punya bakat? Jangan khawatir, semua anak pasti bisa kok menggambar kucing dengan cara yang satu ini. Kita akan menggambar seekor kucing dengan dasar (basis) dua buah sidik jari. Sebelumnya di blog ini juga telah pernah diberikan tutorial cara menggambar tikus dengan sidik jari. Jadi, kalau penasaran untuk itu silakan klik link di bawah tulisan ini tentang bagaimana caranya.

Alat dan bahan

Baiklah, kita akan mulai dengan menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut alat-alat dan bahan yang diperlukan untuk menggambar kucing dengan bantuan sidik jari:
  • Kertas gambar, cari yang agak tebal dan berwarna putih (boleh juga warna lain, tetapi usahakan yang berwarna terang sehingga kontras hasilnya.
  • Cat air yang tidak berbahaya bagi anak dan mudah dicuci, dapat juga membuat cat sendiri dengan adonan tepung kanji, gula pasir, garam dan sedikit pewarna makanan.
  • Kuas gambar ukuran kecil.
  • Tisu untuk melap ujung jari yang terlalu basah saat dicelupkan ke cat air.
  • Pelubang kertas, untuk membuat bulatan-bulatan kecil dari kertas putih untuk bahan tempelan mata kucing.
  • Lem kertas, untuk menempelkan kertas bulat untuk mata kucing.
  • Pulpen anti air (waterproof) sehingga tidak meluber tintanya saat terkena adonan cat.

cara menggambar kucing dengan sidik jari 2
gambar 1 - 5 (cara menggambar kucing)

Cara menggambar kucing dengan sidik jari


  1. Buatlah sebuah sidik jari dengan menggunakan jempol. (gambar 1)
  2. Tambahkan lagi sebuah sidik jari dengan ukuran sedikit lebih kecil, gunakan ujung jari telunjuk untuk ini. Sidik jari ukuran besar adalah calon badan kucing, sedang sidik jari ukuran kecil di sebelah atas adalah bagian kepala. Tunggu beberapa saat hingga cat air atau adonan cat mengering. (gambar 2)
  3. Tempelkan dua buah bulatan kertas kecil yang telah dibuat dengan pelubang kertas. Letakkan pada sidik jari bagian atas, beri outline dengan pulpen, lalu tambahkan bola mata dengan membuat titik berukuran agak besar pada kedua kertas yang telah ditempel. (gambar 4)
  4. Tambahkan hidung dan garis pipi dan bibir. Untuk hidung, caranya buat segitiga kecil dengan ujung runcing tepat dibawah tengah-tengah kedua mata yang baru dibuat. Lalu untuk garis pipi dan bibir, buatlah dua garis melengkung dari arah segitiga kecil menunju ke kanan dan ke kiri. (gambar 5)
  5. cara menggambar kucing dengan sidik jari 3
    gambar 6 - 10 (cara menggambar kucing)
  6. Berikutnya kita akan membuat telinga. Ini sangat gampang sekali. Pada sisi kiri dan kanan atas sidik jari bagian kepala kucing, buatlah bentuk meruncing sebagaimana telinga kucing. Buat sepasang, satu besar dan satu kecil di bagian dalam. Lalu tambahkan pula dua bulatan lonjong di bagian tengah bawah sidik jari bagian badan, tarik garis ke atas. Seperti sebuah kecambah kecil tapi terbalik ya? (gambar 6)
  7. Tambahkan lagi dua garis yang sama panjang untuk menyempurnakan sepasang kaki depan kucing kita (gambar 7).
  8. Kemudian, tambahkan ekor. Ini juga sangat gampang. Kamu tinggal membuat sepasang garis melengkung, mirip separoh huruf U. Bentuk gambar kucing kita sudah mulai terlihat jelas (gambar 8).
  9. Berikutnya, buatlah garis loreng-loreng dari arah tepi badan kucing, tambahkan juga pada kaki depan dan ekor. Jika kamu agak kesulitan boleh melewatkan langkah ini. (gambar 9).
  10. Terakhir, berilah sedikit sapuan cat air atau adonan cat buatanmu sendiri pada bagian ekor dan telinga kucing. Mungkin juga pada bagian telapak kaki kucing jika dibutuhkan. (gambar 10).
  11. Nah itulah langkah-langkah menggambar kucing dengan bantuan dua buah sidik jari. Lucu juga kucing-kucing yang kita buat ya... jika kamu sudah agak mahir, kamu boleh variasikan letak kepala kucing atau arah ekor, bahkan panjang pendeknya ekor.

cara menggambar kucing dengan sidik jari
lucu-lucu nih kucing... ada yang mau pelihara?

Tips:

  • Jangan takut berlepotan cat, bagus itu untuk mengasah jiwa kreativitas dan citarasa seni kamu.
  • Gunakan warna apa saja, jangan takut mengeksplorasi warna-warna baru.
  • Ketika membuat sidik jari untuk badan atau kepala kucing, dan bentuknya kurang sesuai yang kamu harapkan, jangan khawatir, lanjutkan saja menggambarnya. Bentuk-bentuk kucing yang unik justru akan terbentuk dengan sendirinya, begitu pula saat menempel atau menggambar mata, posisi telinga, atau kaki kucing. Pokoknya jangan takut. Bermainlah dengan menggeser-geser posisi bagian tubuh kucing yang kamu gambar. Dijamin hasilnya akan tetap oke.

Demikian tutorial cara menggambar kucing dengan menggunakan sidik jari sebagai basis atau dasar gambaran. Jangan lupa berkomentar setelah membaca tutorial ini pada kolom yang disediakan di bawah tulisan ini. Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi. Wassalam.

Baca juga:
Cara menggambar Tikus dengan Sidik Jari
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...