Cara Menggambar Pinguin dengan Sidik Jari

Cara Menggambar Pinguin dengan Sidik Jari

Sidik jari atau fingerprint memang khas pada setiap orang. Di dunia ini, hampir tidak ada orang yang mempunyai sidik jari yang sama. Karena itulah sidik jari dapat dijadikan salah satu karakter untuk identifikasi seseorang, selain retina, susunan gigi, dan DNA. Kita semua pasti sudah sering menggunakan sidik jari untuk keperluan kelengkapan identitas. Kita menempelkan sidik jari kita pada berkas pembuatan SIM (Surat Ijin Mengemudi), pada berkas KTP (Kartu Tanda Penduduk), Ijazah sekolah, dan sebagainya. Tetapi pernahkan anda mencoba menggunakan sidik jari sebagai bahan untuk menggambar suatu objek? Sidik jari bisa dijadikan basis (dasar) untuk menggambar. Kita bisa membuat aneka gambar sederhana dan mudah dengan basis sidik jari ini. Nah, kali ini kita akan mencoba membuat gambar seekor pinguin dengan menggunakan basis sebuah sidik jari.


Pada tutorial ini, saya menggunakan cat air. Anda tentu boleh menggunakan bahan apa saja untuk gambar pinguin anda, tetapi tentunya, pilihlah bahan yang aman (tidak beracun) dan mudah dibersihkan dari ujung jari anda. Berikutnya, karena saya menggunakan cat air, saya juga menggunakan kuas kecil dan sebuah pen dengan tinta anti air (waterproof) untuk membuat outline. Media yang saya gunakan adalah karton putih, agar cetakan sidik jari saya tidak membuat kertas menjadi melengkung, sehingga lebih memudahkan kita dalam menggambar.

Cara Menggambar Pinguin

  • Siapkan karton putih (saya mengambil dari kertas buku gambar yang agak tebal), siapkan cat air warna hitam.
  • Buat lingkaran yang agak memanjang (lonjong) di ujung telunjuk anda menggunakan cat air dan kuas. Bila terlalu banyak cat yang menempel, gunakan tisu untuk mempaskannya. Lihat gambar berikut.
gunakan jari telunjuk, buat lingkaran lonjong di ujungnya dengan cat air warna hitam
  • Tempelkan ujung jari telunjuk itu pada kertas. Ini adalah basis kita untuk menggambar. Kita akan menjadikannya bada pinguin. (gambar 1).
  • Buatlah outline sayap dengan menggunakan pulpen anti air. Buat sepasang di kanan dan kiri tubuh pinguin kita. Perhatikan gambar 2.
  • Beri warna hitam bagian sayap pinguin ini dengan menggunakan kuas dan cat hitam. Jika anda tidak terlalu mahir menggunakan kuas, pulpen dengan tinta hitam pun dapat digunakan untuk mewarnai sayap pinguin ini. Gambar 3.
langkah 1, 2, dan 3 cara menggambar pinguin
  • Berikutnya kita akan membuat kepala pinguin. Buatlah outline berbentuk bulat sedikit lonjong di bagian atas badan. Sesuaikan ukurannya. Perhatikan gambar 4.
  • Lalu aplikasikan cat hitam pada bagian kepala ini. Jika anda menggunakan pulpen untuk menghitamkan area ini, anda dapat meninggalkannya dalam keadaan putih untuk area mata pinguin. Lihat gambar 5.
  • Selanjutnya, buatlah paruh pinguin. Cukup mudah langkah ini, anda tinggal menambahkan sebuah segitiga yang agak runcing, lalu beri garis di tengahnya untuk memisahkan paruh bagian bawah dan paruh bagian atas. (Perhatikan gambar 6)
langkah 4, 5, dan 6 cara menggambar pinguin
  • Beri warna kuning atau oranye pada bagian paruh. Gunakan kuas dengan hati-hati. Sedikit meluber tidak apa-apa. Jangan khawatir. Lihat gambar 7.
  • Beri cat putih yang kental  untuk mata pinguin. Cukup setitik saja. Tambahkan pula dua buah bulatan kecil di bagian bawah tubuh pinguin dengan cat warna oranye atau kuning tadi. Dua buah bulatan ini akan kita bentuk menjadi kaki pinguin. (Ditunjukkan oleh gambar 8)
  • Berikan outline dengan pulpen waterproof anda untuk jari-jari kaki pinguin. Bentuknya sederhana, seperti mahkota bunga berjumlah 3. Nah.. pinguin kita sudah jadi. Unik juga kan pinguin yang digambar dengan basis atau dasar sebuah sidik jari ini? (Gambar 9).
langkah 7, 8, dan 9 cara menggambar pinguin

Tips Menggambar Pinguin dengan Sidik Jari

  • Cobalah memiringkan posisi sidik jari, anda akan mendapatkan pinguin yang sedang melenggok.
  • Cobalah mengubah posisi paruh, miring ke kanan bawah, miring ke kanan atas, miring ke kiri, atau bahkan menghadap kedepan dengan membuat dua buah segitiga kecil bertangkup.
  • Cobalah mengutak-atik letak sayap, apakah menutup, sedikit menutup, atau terbuka dan agak menjauh dari badan.
  • Dengan demikian, anda akan mendapatkan beragam ekspresi dari burung pinguin yang kita gambar.

aneka ekspresi pinguin didapatkan dengan beragam bentuk sidik jari dan tata letak bagian tubuhnya
Demikian tutorial dan sedikit tips untuk menggambar pinguin menggunakan sidik jari dan cat air. Semoga menginspirasi, dan bermanfaat. Selamat mencoba, wassalam.

Baca juga:
Cara Menggambar Pohon Cantik dengan Cotton Bud dan Pewarna Makanan
Cara Menggambar Tikus dengan Sidik Jari
Cara Menggambar Kucing dengan Sidik Jari
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...